INFOMANFAAT.COM

Khasiat Kuning Telur untuk Perawatan Rambut

infomanfaat.com – Siapapun pasti setuju jika dalam sebutir telur mengandung banyak gizi yang baik. Telur terdiri atas dua bagian yaitu putih dan kuning. Masing-masing bagian mempunyai khasiat masing-masing untuk tubuh. Pada kuning telur, terdapat sejumlah nilai gizi dan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki, seperti kandungan air 49,4 gr, protein 10,8 gr, karbohidrat 0,7 gr, vitamin B20, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B10, zat besi, asam nikotenat, fosfor, kalsium, potasium, asam pantotenat, seng, dan sulfat.

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya kuning telur bisa dimanfaatkan sebagai bahan perawatan rambut. Kuning telur cocok untuk semua jenis rambut, karena kuning telur kaya akan lemak dan protein yang secara alamiah mampu melembabkan dan mengembalikan tekstur rambut yang rusak akibat paparan sinar matahari, bahan kimia, dan klorin dalam kolam renang.

Kandungan alami pada kuning telur jauh lebih unggul dibandingkan dengan produk perawatan rambut yang sebagian besar telah melewati rangkaian proses kimia. Proses kimia sering merusak nutrisi dalam bahan-bahan yang digunakan pada produk perawatan rambut. Tapi tidak untuk kuning rambut yang digunakan secara alami dan sederhana. Yuk, simak beberapa khasiat kuning telur dan cara penggunaannya yang bisa dilakukan di rumah:

Kuning Telur Untuk Kondisioner Rambut

Kegunaan Kuning Telur untuk Rambut

sumber gambar: beautyandthefeastblog.com

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat kondisioner rambut berbahan kuning telur:

Cara pertama: Anda hanya perlu satu alpukat matang dan satu kuning telur. Pertama,,lumatkan alpukat pada mangkuk, kemudian tuangkan kuning telur di atasnya dan aduk sampai merata. Keramas rambut Anda dengan sampo biasa yang cocok untuk jenis rambut Anda.Lalu oleskan pasta tadi ke seluruh rambut. Biarkan selama 15 menit.Kemudian cuci dengan air dingin. Ini adalah kondisioner rambut alami yang cocok untuk semua jenis rambut.

Cara kedua: Bisa pula menggunakan campuran yoghurt 1 sdm, madu 1sdm, minyak almond ½ sdm, dan satu kuning telur. Pertama-tama, kocok telur hingga setengah mengembang, kemudian tambahkan semua bahan-bahan lainnya dan aduk hingga merata. Pijatkan campuran bahan-bahan yang sudah jadi itu ke seluruh kulit kepala Anda, kemudian oleskan ke rambut hingga merata. Tutupi kepala Anda dengan shower cap selama sekitar satu jam. Kemudian cuci dengan air dingin. Ini dapat mengurangi kekeringan pada rambut Anda dan juga memperbaiki kerusakan rambut.

Kuning Telur Untuk Mengontrol Rambut Rontok

Perawatan menggunakan kuning telur ini membantu deep conditioning rambut dan menghentikan rambut rontok. Bahan yang Anda perlukan adalah dua kuning telur (Jumlah kuning telur yang digunakan disesuaikan dengan panjang pendeknya rambut, minimal dua kuning telur), dua sendok makan minyak zaitun dan secangkir air. Masukan semua bahan ke dalam mangkuk kecil, kemudian aduk sampai merata.

Lumuri bahan pada kulit kepala dan pijat kulit kepala Anda menggunakan ujung jari dengan gerakan memutar selama 5 menit agar semua bahan bisa diserap ke dalam akar rambut. Kemudian biarkan selama 15 menit. Cuci rambut dengan air hangat.

Jika rambut Anda dalam keadaan sangat rusak, mungkin Anda tidak akan melihat adanya perbaikan dalam minggu pertama menggunakan kuning telur. Bersabarlah dan tetap menggunakan perawatan ini minimal sekali dalam seminggu selama satu bulan sebelum Anda dapat melihat perbedaannya. Setelah kondisi rambut Anda membaik, jangan berhenti menggunakan kuning telur sebagai conditioner rambut. Anda masih membutuhkannya untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerusakan rambut lebih lanjut.

Nah setelah mengetahui informasi tentang manfaat dan khasiat kuning telur untuk perawatan rambut, tentu Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan banyak uang guna mewujudkan keinginan memiliki rambut sehat dan indah, bukan? Silahkan dicoba dan rasakan hasilnya.

Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>