Kegunaan Vitamin E untuk Rambut

Manfaat Vitamin E untuk Rambut
sumber gambar: www.iamrochelle.com

infomanfaat.com – Dari sekian banyak vitamin yang berperan dalam tubuh manusia, vitamin E adalah salah satu vitamin yang disebut-sebut paling banyak berperan untuk kecantikan. Vitamin E merupakan sekelompok senyawa larut lemak yang memiliki sifat antioksidan. Ada delapan bentuk vitamin E yang berbeda, yaitu empat tocopherol dan empat tocotrienol yang masing-masing memiliki tingkat potensi yang unik di dalam tubuh. Di luar semua bentuk vitamin E tersebut, alpha-tokoferol adalah bentuk yang paling aktif berperan di dalam tubuh, hal itu dikarenakan alpha-tokoferol merupakan salah satu senyawa antioksidan aktif yang paling kuat.

Begitu banyak produk-produk kecantikan yang menyertakan vitamin E sebagai komponen utamanya. Tidak itu saja, vitamin E merupakan bentuk suplemen paling banyak diminati konsumen untuk menunjang penampilan kecantikan mereka. Bila selama ini kita hanya mengetahui bahwa vitamin E baik untuk kecantikan kulit, ternyata vitamin E juga bermanfaat untuk kecantikan rambut. Mau tahu mengapa vitamin E bermanfaat untuk rambut? Yuk simak alasannya berikut ini:

Manfaat Vitamin E Pada Rambut

Vitamin E merupakan sumber vitamin yang penting untuk rambut dari deretan jenis vitamin lainnya, karena vitamin E memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan pembentukan rambut yang lebih cepat dari biasanya. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa vitamin E mampu mempercepat pertumbuhan dan perkembangan rambut dengan cara meningkatkan pasokan oksigen pada rambut, merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat, melancarkan sirkulasi darah, menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Manfaat Vitamin E untuk Rambut

sumber gambar: www.iamrochelle.com

Pertumbuhan dan tekstur rambut sangat tergantung pada kesehatan kulit kepala. Kulit kepala membutuhkan pasokan darah yang cukup untuk menjaga folikel rambut tetap hidup dan sehat. Minyak vitamin E dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga dapat meningkatkan kesehatan rambut Anda.

Asupan vitamin E dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi kita terhadap efek berbahaya dari radikal bebas dan membantu mencegah tanda-tanda penuaan, seperti rambut beruban, botak atau rambut rontok. Anda bisa menggunakan suplemen vitamin E langsung pada rambut. Ini membantu mempercepat proses penyembuhan dan memperkuat akar rambut Anda.

Rambut yang kekurangan vitamin E akan terlihat tidak sehat, bukan rusak. Ingat ya, tidak sehat berbeda dengan rusak. Rambut yang tidak sehat biasanya terjadi karena ada sesuatu di dalam tubuh. Sedangkan rambut rusak terjadi akibat faktor kimiawi yang terjadi di luar tubuh (pengeritingan, pewarnaa, pelurusan, dll).

Banyak orang yang buru-buru memvonis bahwa rambutnya rusak. Padahal, kenyataannya bukan selalu begitu. Rambut yang tidak sehat biasanya terjadi karena kekurangan asupan vitamin E di dalam tubuh. Akibatnya rambut berwarna kusam, terasa kering karena kadar minyaknya kurang, tipis dan lama panjang dan tidak lentur (mudah patah).

Mengetahui bahwa vitamin E memiliki kegunaan yang sangat baik untuk rambut, maka berlomba-lombalah produsen produk kecantikan dan perawatan rambut memproduksi aneka shampoo, conditioner, dan minyak rambut yang memiliki kandungan vitamin E di dalamnya.

Sumber vitamin E

Cara yang paling baik mengonsumsi vitamin E adalah dengan memenuhi asaupan vitamin E melalui makanan. Vitamin E yang dikonsumsi lewat makanan jauh lebih baik ketimbang penggunaan produk vitamin E yang ada. Nutrisinya kemudian disalurkan ke seluruh tubuh, termasuk rambut.

Adapun sumber vitamin E banyak tersedia dalam minyak yang dihasilkan dari biji-bijian, seperti minyak kacang, minyak kulit gandum, minyak biji bunga matahari dan minyak jagung. Selain itu, vitamin E juga terdapat pada sayuran hijau (brokoli, bayam hijau, sawi, dll) kuning telur, hati, sereal, lemak susu, kacang-kacangan dan juga mentega. Hal yang penting diingat tentang vitamin E adalah vitamin E mudah rusak oleh panas yang tinggi (proses memasak) dan oksidasi (terpapar oksigen). Itu sebabnya, sumber vitamin E terbaik adalah makanan segar, mentah, atau makanan yang belum melalui proses kimiawi.

Demikian informasi mengenai kegunaan vitamin E untuk rambut. Jangan lupa untuk rutin memenuhi asupan vitamin E sehari-hari Anda. Tubuh sehat dan rambut indah, siapa yang tidak mau?


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>