INFOMANFAAT.COM

Manfaat Buah Alpukat untuk Anak-anak

Posted on by in with 2 Comments

infomanfaat.com – Masa anak-anak membutuhkan perhatian lebih, karena pada masa itu mereka mengalami pertumbuhan dan perkembangan sel-sel yang begitu pesat, sehingga dibutuhkan asupan makanan bergizi untuk menunjang pertumbuhannya. Tambahan makanan, seperti buah-buahan, terutama alpukat ternyata memiliki kandungan yang baik untuk mendukung pertumbuhan anak.

Buah alpukat berwarna hijau tua, terkadang kecoklatan dan bentuknya bergelombang. Bagian dalamnya berwarna hijau muda, rasanya sangat lezat. Kandungan nutrisi di dalamnya sangat beragam, seperti vitamin, mineral dan zat lainnya yang sangat penting untuk mendukung fungsi tubuh.

Beberapa manfaat alpukat bagi anak-anak diantaranya:

  1. Kandungan lemak alpukat baik bagi kesehatan anak

    Buah alpukat memiliki lemak tak jenuh yang mengurangi LDL (kolesterol jelek) dalam darah dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) sehingga baik untuk jantung. Alpukat juga menurunkan trigliserida dalam darah dan baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

  2. Beragam vitamin dalam alpukat membantu tumbuh kembang anak

    Alpukat mengandung vitamin B kompleks yang meningkatkan kesehatan sel dan perkembangan jaringan. Kandungan sebuah alpukat dapat berupa lutein, magnesium, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), vitamin B5, vitamin K, vitamin C, vitamin E, kalium, dan zat besi.

    Manfaat Alpukat

    sumber gambar: krassimirgadjokov.com

    • Kalium

      Alpukat memiliki 30% kalium jauh lebih banyak dibandingkan pisang. Kandungan kalium yang tinggi akan membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah. Zat ini juga akan menyeimbangkan cairan dalam tubuh anak.

    • Lutein

      Lutein dapat mencegah penyakit mata, seperti katarak dan penurunan fungsi penglihatan.

    • Vitamin E

      Vitamin ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, serta melindungi otak anak Anda dari kerusakan. Tentunya Anda ingin anak-anak tidak mengalami gangguan pada pertumbuhan otaknya, bukan? Selain itu, vitamin E akan melindungi kulit anak Anda dari radikal bebas.

    • Vitamin B6

      Anak-anak yang aktif memerlukan sistem imun yang lebih dibandingkan dengan anak-anak yang kurang aktif. Vitamin B6 yang didapat dari alpuka akan membantu proses ini. Di samping itu, vitamin B6 juga dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah serta menjaga gula darah agar tidak berlebihan dalam tubuh.

      Anak-anak yang menderita asma selain mengonsumsi theophylline juga membutuhkan vitamin B6 sebagai tambahan.

  3. Alpukat membantu perkembangan otak anak

    Otak adalah organ yang paling aktif bekerja. Bahkan ketika tidur pun otak masih melakukan aktivitas penting. Untuk itu, diperlukan nutrisi bagi otak agar proses kerjanya tetap maksimal. Jika Anda menginginkan anak untuk selalu siap belajar dan waspada, alpukat dapat menjadi pilihan. Alpukat mengandung zat lemak omega 3 yang dikenal sangat baik untuk nutrisi otak.

Namun, hasil penelitian Dr. Wendy Doyle dari British Dietetic Association mengemukakan bahwa makanan jenis alpukat saat ini digambarkan sebagai makanan yang tidak disukai anak-anak karena tampilannya yang kurang menarik. Untuk itu, diperlukan trik dari orang tua untuk membuat tampilan alpukat lebih menarik sehingga anak-anak mau mengonsumsinya. Anda dapat mengolah alpukat sedemikian rupa agar anak-anak tertarik dan mau mengonsumsinya, seperti mengolahnya menjadi camilan atau membuatnya menjadi jus.

Related Posts

2 thoughts on “Manfaat Buah Alpukat untuk Anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>