INFOMANFAAT.COM

Manfaat Jus Tomat untuk Kecantikan Kulit

infomanfaat.comJus tomat banyak mengandung vitamin A, vitamin C, protein dan yang paling penting adalah mengandung likopen. Likopen merupakan karotenoid yang memiliki aktivitas antioksidan yang mampu menahan serangan radikal bebas di tubuh Kamu. Pada kulit, kandungan antioksidan yang tinggi dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Tidak hanya itu, tomat juga memiliki khasiat dalam menghilangkan jerawat serta mampu mengecilkan pori kulit (astringent), terutama di wajah Kamu. Tentunya Kamu bisa memanfaatkan khasiat jus tomat ini di rumah, tanpa perlu mengeluarkan biaya perawatan ke salon. Berikut beberapa manfaat jus tomat bagi kulit:

  • Mencerahkan kulit
    Keutungan menggunakan jus tomat dalam hal ini adalah tidak ada sentuhan zat kimia di kulit Kamu, yang berarti adalah peluang untuk terjadi iritasi karena ketidakcocokannya dengan kulit Kamu akan semakin kecil. Jus tomat mengubah warna kulit Kamu yang kusam menjadi cerah setelah rutin menggunakannya. Selain digunakan dengan cara mengoleskannya langsung di wajah atau bagian kulit Kamu yang lain, Kamu juga sebaiknya mengonsumsi jus tomat secara rutin. So, tidak hanya perawatan langsung di luar, tetapi tubuh Kamu juga mendapatkan perawatan dari dalam.
  • Mengurangi jumlah minyak berlebih
    Siapa sih yang ingin wajahnya selalu terlihat berminyak? Sebisa mungkin Kita selalu berusaha untuk mengurangi jumlah minyak yang berlebih, bukan hanya untuk alas an penampilan, namun minyak berlebih erat kaitannya dengan masalah jerawat, terutama untuk kulit wajah. Dengan menggunakan jus tomat Kamu bisa mengurangi jumlah minyak yang berlebih di kulit Kamu. Caranya, oleskan jus tomat serta bubur tomat pada bagian kulit Kamu yang berminyak, diamkan selama 15 menit agar zat berkhasiatnya terpenetrasi dengan baik melalui pori kulit Kamu, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan hal tersebut sebanyak 2 kali sehari agar perbaikannya lebih ceppat terlihat.
  • Manfaat Jus Tomat untuk kecantikan Kulit

    sumber gambar: sodahead.com

  • Mengobati kulit dari kemerahan, iritasi, dan gatal
    Karakter jus tomat yang memiliki sifat sedikit asam dapat membantu pengaturan pH (derajat keasaman) kulit dan menyembuhkan kulit dari iritasi. Kombinasi jus tomat dengan yogurt akan membuat hasilnya lebih maksimal lagi. Caranya, jus tomat (ukuran setengah buah) dicampur rata dengan dua sendok makan yogurt (tidak manis dan plain). Gunakan campuran tersebut di wajah, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Mengecilkan pori kulit
    Jus tomat memiliki khasiat astringent, yaitu dapat memperkecil pori-pori kulit. Dengan pori-pori kulit yang kecil, maka kemungkinan munculnya jerawat juga kecil, karena disini penyumbatan oleh minyak kecil kemungkinannya untuk terjadi. Cara yang bisa Kamu lakukan, oleskan jus tomat di wajah Kamu sebelum pergi tidur, lalu bilas keesokan harinya.
  • Membersihkan wajah
    Dengan jus tomat Kamu juga bisa membersihkan wajah Kamu. Caranya cukup dengan mengoleskannya di wajah, diamkan agar bekerja, lalu bilas. Jika Kamu malas untuk membuat dalam bentuk jus, Kamu juga bisa menggunakan buahnya langsung, yaitu dengan cara memotongnya secara melintang, lalu oleskan di wajah Kamu. Dengan tomat, sel-sel kulit Kamu yang mati dapat terangkat, begitu juga dengan kotoran ataupun debu yang menempel di wajah.
  • Menghilangkan bekas terbakar sinar matahari
    Jus tomat yang kaya akan antioksidan, yaitu likopen, dapat menyembuhkan kulit yang terbakar karena sengatan sinar matahari. Sel-sel kulit yang telah mati digantikan dengan yang baru dan jus tomat mempercepat fase pemulihan kulit setelah terbakar matahari. Caranya, campur jus tomat dengan buttermilk (dadih) dengan baik, lalu oleskan di area kulit Kamu yang terbakar, diamkan setengah jam, lalu bilas dengan air.
  • Menghilangkan komedo
    Caranya, pijat-pijat bagian kulit Kamu yang terdapat komedo dengan menggunakan jus tomat. Kamu juga bisa menggunakan facial masker tomat dan mengkombinasikannya dengan daging buah alpukat matang. Cara ini tidak hanya dapat menghilangkan komedo, namun juga dapat mengurangi minyak, memperkecil pori-pori kulit dan melembabkan kulit.
  • Menjaga kulit tetap elastis
    Tomat memiliki fungsi dalam merangsang pembentukan kolagen pada jaringan kulit, kolagen berperan dalam menjaga keelastisan kulit, kulit keriput pun menjauh.

Wah ternyata banyak sekali ya manfaat jus tomat untuk kulit. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya…

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>