Fungsi Kolesterol Bagi Tubuh Manusia

Fungsi Kolesterol
sumber gambar: imdocuk.com

infomanfaat.com – Kalau Kita mendengar kata kolesterol, maka yang terbayang di pikiran Kita kemungkinan besar adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan penyakit, seperti stroke, penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain. Tetapi, kolesterol tidak selalu merugikan, bahkan tubuh Kita akan tak ada artinya tanpa kolesterol. Ya benar, kolesterol dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjalankan beberapa fungsi. Apa saja fungsi-fungsi tersebut? Berikut Kita akan coba kenal lebih jauh mengenai berbagai fungsi kolesterol bagi tubuh manusia.

Kolesterol Membantu Perkembangan Janin Selama Masa Kehamilan

Kolesterol bahkan telah menunjukkan perannya sebelum kita hadir di dunia, yaitu saat Kita masih berada dalam kandungan. Menurut jurnal ilmiah yang diterbitkan pada tahun 1996 dinyatakan bahwa kolesterol meningkatkan perkembangan kesehatan embrio dengan cara merangsang aktivitas dari gen spesifik sehingga sel-sel embrionik terspesialisasi menjadi bagian-bagian tubuh, seperti lengan, kaki, tulang belakang dan sebagainya. Oleh karena itu, kejadian bayi yang lahir cacat terkait dengan kebutuhan kolesterol yang tidak terpenuhi saat ibu tengah hamil.

Pada tahun 2003, para peneliti dari US National Human Genome Research Institute menemukan kaitan antara defisiensi kolesterol pada wanita hamil dengan cacat pada otak janin dimana otak janin gagal untuk terbagi secara normal menjadi dua bagian (otak kanan dan otak kiri). Untuk mencegah hal tersebut, para ibu hamil sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi obat penurun kolesterol, seperti simvastatin ataupun obat non-kolesterol lainnya.

Kolesterol Mengoptimalkan Perkembangan Otak Bayi

Selain penting bagi janin, kolesterol juga sangat berguna untuk menunjang perkembangan otak bayi. Kolesterol mungkin saja berbahaya untuk orang dewasa, namun tidak untuk bayi. Kolesterol justru diperlukan untuk mengoptimalkan perkembangan otak bayi & berperan dalam pembentukan jaringan saraf otak bayi yang sedang berkembang.

Salah satu sumber nutrisi bayi yang kaya kolesterol adalah ASI (Air Susu Ibu). Beruntunglah bayi-bayi yang mendapatkan ASI, karena ternyata kolesterol sangat banyak terkandung dalam ASI, sementara susu formula hanya sedikit (hampir tidak) mengandung kolesterol.

Kolesterol sebagai Bahan Baku Hormon

Kolesterol digunakan oleh tubuh Kita untuk mensintesis senyawa sterol lainnya, seperti hormon kortisol, hormon testosteron, serta mensintesis vitamin D yang larut dalam lemak. Kolesterol sendiri termasuk senyawa sterol.

Kolesterol sebagai Komponen Utama Membran Sel Manusia

Setiap sel yang menyusun tubuh manusia membutuhkan kolesterol, karena kolesterol berfungsi dalam menjaga integritas sel. Sebagian besar kolesterol yang ada dalam tubuh Kita 90%-nya ada di membran sel. Apa jadinya membrane sel tanpa kolesterol? Tanpa kolesterol, membrane sel akan kering dan seluruh isi sel akan keluar, sel pun akan mati, bagaimana dengan Kita? Jangan ditanya lagi, hidup Kita tergantung dari sel-sel di tubuh Kita, dan sel-sel di tuuh Kita sangat tergantung dari kolesterol untuk menjaga keberlangsungannya.

Kolesterol Merangsang Pembentukan Sinaps di Otak

Sekitar 90 persen sel-sel di otak manusia merupakan sel-sel non-saraf yang disebut sel glial. Sel-sel glial mengandung kolesterol dan kolesterol itulah yang membuat sel-sel glial dapat mensekresi molekul (yang disebut apolipoprotein E atau apoE) yang menstimulasi pembentukan sinaps. Sinaps yang ada di otak memungkinkan terjadinya pertukaran informasi di antara sel-sel saraf. Hal tersebut dikemukakan oleh para peneliti di Max-Delbruck Center for Molecular Medicine di Berlin pada tahun 2001.

Jika memang begitu apakah Kita perlu memperbanyak konsumsi kolesterol lewat makanan yang Kita makan? Jawabannya, tentu tidak, karena sel-sel glial mensintesis kolesterolnya sendiri sebanyak yang mereka butuhkan. Setidaknya, dari hal itu Kita jadi tahu bahwa peran kolesterol sangat penting bagi kelangsungan fungsi otak.

Kolesterol Membuat Manusia bisa Berpikir

Apa maksudnya ya? Maksudnya adalah kolesterol merupakan salah satu zat penting yang menyusun otak manusia. Komposisi otak manusia adalah 78% terdiri dari air, 8% protein, 1% Karbohidrat, 3% komponen organik dan anorganik, dan sisanya adalah lemak, termasuk di dalamnya adalah kolesterol. Tanpa kolesterol, maka otak tidak bisa mengirimkan pesan yang menggerakkan seluruh organ di tubuh Kita dan juga akan membuat Kita jadi tidak bisa berpikir. Sepenting itu ternyata peran kolesterol.

Kolesterol Membantu Proses Pencernaan

Tahukah Kamu kalau proses pencernaan lemak dibantu oleh suatu senyawa yang disebut empedu atau asam empedu? Empedu atau asam empedu adalah suatu emulsifier atau emulgator atau pengemulsi, dimana empedu dapat membuat lemak di saluran pencernaan teremulsifikasi hingga akhirnya bisa dicerna dan diserap oleh saluran pencernaan. Empedu atau asam empedu sendiri dibuat dari kolesterol sebagai bahan dasarnya.

Jadi bisa dikatakan, tanpa kolesterol maka tidak aka nada empedu atau asam empedu. Tanpa empedu atau asam empedu,saluran pencernaan Kita tidak akan bisa menyerap lemak ataupun nutrisi yang larut lemak (seperti vitamin A,D,E, K). Tanpa lemak, maka tubuh Kita tidak akan bisa membangun jaringan lemak yang berfungsi sebagai tempat berbagai reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh, serta berfungsi dalam menghangatkan tubuh.

Semoga bermanfaat


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>