Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan
sumber gambar: www.pokka.com.sg

infomanfaat.com – Sirsak atau Annona muricata adalah salah satu jenis buah yang dikenal hampir di seluruh belahan dunia. Sirsak dikenal sebagai buah yang memiliki manfaat dalam bidang kesehatan. Pada awal penyebarannya, sirsak hanya ditemukan di daerah tropis seperti Asia, namun belakangan sudah diperluas hingga daerah barat.

Daging buah yang sedikit asam dan lembek seperti bubur namun terasa lezat serta lembut adalah ciri buah sirsak. Di dalam sebuah sirsak, terkandung 50-100 buah biji yang berwarna hitam.

Anda tidak perlu khawatir akan kolesterol karena buah ini bebas kolesterol dan berkalori rendah sehingga sirsak dapaat dijadikan makanan ringan atau tambahan makanan yang lain.

Bagian sirsak dan manfaatnya

Hampir setiap bagian buah salak memiliki kegunaan bagi kesehatan, diantaranya biji sirsak kandungan emesis yang dapat digunakan untuk mengobati muntah, sedangkan daun sirsak segar yang dihancurkan dapat digunakan untuk menyembuhkan luka pada kulit. Untuk mempercepat proses penyembuhan, daging buah sirsak sebagai tapal tidak diganti selama 3 hari.

Kandungan buah sirsak dan manfaatnya bagi kesehatan

Buah sirsak mengandung berbagai jenis zat yang juga diperlukan tubuh, seperti kalium, vitamin C, vitamin B1, vitamin B12, zat besi, lemak yang baik untuk kesehatan, dan protein.

Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan

sumber gambar: www.pokka.com.sg

  • Sirsak membantu kinerja otot

    Kandungan kalium pada sirsak adalah separuh kalium pada pisang. Jika kekurangan kalium, yang biasanya juga diikuti dengan kekurangan magnesium, kalsium, dan sodium, otot tubuh akan mengalami kram atau kejang dan terasa lemah.

    Anda dapat mengolah buah ini menjadi berbagai jenis minuman atau campuran pada makanan. Hasil olahan berupa jus sirsak yang diminum mampu menyembuhkan penyakit saluran kencing, hematuria (kencing berdarah), dan liver ringan. Jika Anda mengonsumsinya saat berpuasa, jus sirsak dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kusta.

  • Sirsak mengobati sembelit

    Buah sirsak mencegah konstipasi karena mengandung cukup serat sehingga pas dikonsumsi bagi penderita sembelit.

  • Sirsak meringankan gejala pramenstruasi

    Bagi wanita yang terkadang mengalami gangguan pramenstruasi, buah sirsak dapat menjadi pilihan karena dapat membantu meringankan gejala pramenstruasi.

  • Sirsak menjaga tulang agar tetap kuat

    Anak-anak atau Anda yang masih mengalami pertumbuhan pesat membutuhkan asupan gizi terutama bagi tulang. Selain mengonsumsi susu agar tulang tetap kuat, ternyata sirsak juga dapat menjaga tulang agar tetap sehat karena mengandung mineral cuprum. Namun Anda tetap harus mengonsumsi kalsium karen kalsium memegang 25% proses pencegahan hilangnya magnesium, mangan, seng, dan cuprum dari dalam tulang.

  • Sirsak membantu produksi energi

    Bagi Anda yang sering merasa kelelahan, memakan sirsak dapat menjadi solusi karena kandungan thiamin dalam sirsak mampu membantu tubuh memproduksi energi lebih baik. Thiamin adalah jenis vitamin B yang diperlukan untuk produksi energi, yaitu ketika oksigen digunakan untuk mengubah gula menjadi energi yang langsung digunakan.

  • Sirsak mencegah dan mengobati anemia

    Tidak menutup kemungkinan jika anak-anak maupun orang tua juga dapat terkena anemia. Jika Anda tidak ingin memberikan obat-obatan, Anda dapat menggantinya dengan buah sirsak. Kandungan zat besi dalam buah ini dapat mencegah kerusakan sel darah yang dapat menyebabkan anemia, kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah.

Dengan beragam manfaat yang dapat Anda lihat dari sebuah sirsak, tentu tidak ada salahnya jika mulai saat ini Anda memberikan sirsak dengan berbagai macam olahan untuk Anda maupun keluarga demi kesehatan.

Semoga bermanfaat!


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>