INFOMANFAAT.COM

Manfaat Buah Apel bagi Ibu Hamil: Kurangi Resiko Asma

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.com – Mengonsumsi buah yang cukup untuk ibu hamil memang sangat disarankan sebagai asupan vitamin dan mineral tambahan bagi janin yang dikandungnya. Salah satu buah yang layak dipertimbangkan sebagai konsumsi tambahan yang sangat cocok bagi ibu hamil adalah buah apel. “An Apple a day, keeps the doctor away” adalah pemeo yang menunjukkan kehebatan khasiat buah apel untuk menjaga kesehatan, khususnya kesehatan ibu hamil dan calon bayi yang akan dilahirkan.

Vitamin dalam Apel

Dibandingkan dengan jeruk, apel mengandung 50% lebih banyak vitamin A. Vitamin ini berfungsi untuk menyembuhkan influenza dan infeksi lainnya. Khasiat lainnya adalah menjaga mata dalam kondisi baik, mencegah kebutaan dan mencegah terjadinya kelainan bawaan pada bayi yang akan dilahirkan.

Apel juga memiliki kandungan vitamin C dan B yang penting untuk mempertahankan kesehatan saraf. Vitamin C penting untuk pembentukan tulang dan gigi janin serta menghindarkan janin agar tidak rawan penyakit setelah lahir.

Kandungan Mineral dalam Apel

Mineral besi (Fe) pada buah apel, meskipun kandungannya tidak tinggi tetapi mempunyai kemampuan untuk membantu penyerapan Fe dari asupan lain seperti telur dan hati. Demikian pula kalsium dalam apel, dapat membantu sistem pencernaan untuk menyerap kalsium dari makanan lain.

Kandungan Pektin dalam Apel

Apel juga memiliki kandungan pektin (sejenis serat) dan polifenol (antioksidan kuat). Pektin diketahui dapat menyehatkan saluran pencernaan serta menghilangkan racun dalam isi usus. Antioksidannya sendiri memiliki manfaat sebagai antikanker pada beberapa jenis kanker seperti kanker paru, kanker usus, kanker payudara dan kanker hati.

Apel untuk Ibu Hamil

sumber gambar: telegraph.co.uk

Manfaat Apel untuk Asma

Menurut laporan oleh tim peneliti pada jurnal kesehatan Thorax yang diterbitkan secara online pada 5 April 2007, dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil, buah apel merupakan buah yang menunjukkan hubungan protektif yang konsisten dengan terjadinya mengi dan asma pada anak. Willer dan koleganya mencatat hasil penelitian ini sebagai penemuan baru. Dari sebuah penelitian baru yang dipublikasikan tersebut, menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi buah apel selama masa kehamilan dapat melindungi janin dalam rahim dari penyakit asma dan mengi.

Dalam penelitian tersebut, peneliti dari Belanda dan Skotlandia yang dipimpin oleh S. M Willers dari Universitas Utrecht telah mencoba memantau kebiasaan makan dari 2.000 wanita hamil dan memeriksa kesehatan paru-paru anak-anak mereka yang dilahirkan setelah usia 5 tahun. Pada usia 5 tahun, hasilnya hanya sekitar 162 anak mengalami mengi dan sebanyak 145 anak didiagnosis memiliki penyakit asma.

Mereka menemukan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi lebih dari 4 apel per minggu mempunyai seorang bayi yang memiliki risiko 37% lebih rendah dari riwayat mengi dan 53% lebih rendah terhadap asma, dibandingkan anak yang ibunya makan satu apel per minggu atau tidak sama sekali. Hubungan spesifik hanya ditemukan dalam apel, tetapi tidak berlaku bagi buah jeruk, jus buah, dan sayuran. Hal ini menunjukkan efek spesifik dari apel yang mungkin disebabkan oleh kandungan flavonoid fitokimiawi seperti yang telah menunjukkan manfaat positif bagi fungsi paru-paru orang dewasa, menurunkan resiko asma, kanker paru-paru, dan penyakit lainnya.

Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>