Khasiat Alpukat untuk Pertumbuhan Rambut

Manfaat Buah Alpukat untuk Rambut
sumber gambar: natural-nashville.com

infomanfaat.com – Buah alpukat kaya akan kandungan zat-zat yang penting bagi tubuh. Dalam setiap 100 gram buah alpukat saja sudah mengandung gizi lengkap seperti kalori 85 kal, protein 0.9 gram, lemak 6.5 gram, karbohidrat 7.7 gram, kalsium 10 miligram, fosfor 2 miligram, vitamin A 180 S.I, Vitamin B1 0.05 miligram, Vitamin C 13 miligram, air 84.3 miligram, serat 1.4 gram, vitamin E 3.3 miligram, betakaroten, dan klorofil yang berlimpah. Alpukat hampir tidak mengandung pati, sedikit gula tetapi banyak mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan.

Banyak orang yang takut mengonsumsi buah ini karena anggapan alpukat memiliki kadar lemak yang tinggi. Faktanya, Alpukat memang memiliki kadar lemak tak jenuh yang tinggi, namun jangan khawatir karena lemak tidak jenuh pada alpukat mirip dengan lemak pada minyak zaitun yang justru sangat sehat. Lemak tak jenuh pada lapukat inilah yang mengandung asam lemak tunggal yang bersifat antioksidan kuat.

Menurut penelitian ahli perawatan rambut di New York University, kandungan asam lemak tunggal dan protein yang tinggi pada alpukat ternyata berkhasiat untuk pertumbuhan rambut. Bahkan untuk kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak alpukat ternyata lebih tinggi dari extra virgin olive oil untuk perawatan rambut. Kandungan itu bisa dimanfaatkan sebagai antioksidan untuk melindungi rambut dari ancaman produk perawatan rambut berbahan kimia, polusi, dan perlakuan buruk terhadap rambut, serta rambut yang rusak karena gizi buruk.

Penggunaan daging alpukat untuk rambut akan mengurangi resiko penuaan pada batang rambut yang bisa membuat rambut terlihat kusam, bercabang, dan kemerahan. Alpukat merangsang pertumbuhan rambut baru, sehingga rambut tumbuh subur dengan kilau rambut yang tetap terjaga.

Cara Menggunakan Daging Alpukat Untuk Rambut

Secara umum, daging alpukat berkhasiat untuk melembabkan rambut secara alami sehingga rambut terasa lembut, mengurangi kerontokan, memperbaiki tekstur rambut yang rusak, menghilangkan ketombe, dan membuat rambut lebih berkilau. Lalu bagaimana cara menggunakan daging alpukat untuk rambut? Silahkan, baca cara menggunakannya di bawah ini:

  • Manfaat alpukat untuk merawat rambut yang rusak
    Tekstur rambut yang rusak bisa diperbaiki hingga 70% dengan daging alpukat yang dijadikan masker rambut. Caranya cukup dengan melumatkan/menghaluskan daging alpukat lalu beri beberapa tetes minyak zaitun pada daging buah alpukat yang sudah dilumatkan tersebut. Campuran daging alpukat dan minyak zaitun tersebut bisa Anda gunakan sebagai masker rambut dengan cara mengoleskan masker pada batang rambut Anda dan biarkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan shampo dan air bersih.
  • Manfaat alpukat untuk menjaga kelembaban rambut normal-hingga rambut kering
    Untuk menjaga kelembaban rambut normal dan rambut kering, alpukat bisa dimanfaatkan dengan cara hampir sama seperti masker rambut. Hanya saja, campuran dan cara penggunaannya yang berbeda. Untuk melembabkan rambut, daging alpukat yang sudah dihaluskan bisa dicampur dengan 1sdm madu. Cara penggunaanya, oleskan campuran alpukat dan madu tersebut pada rambut, pijat kulit kepala dengan gerakan memutar, dan tutup rambut sengan handuk hangat. Tunggu selama 20 menit, lalu bilas dengan shampoo dan air bersih.
  • Manfaat alpukat untuk rambut berketombe
    Nah rambut yang berketombe tentu sangat menjengkelkan. Rambut terasa gatal dan bisa berakibat pada kerontokan. Alpukat bisa menjadi solusinya. Caranya, haluskan daging alpukat dan campurkan dengan perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis dengan perbandingan 1:1. Oleskan pada kulit kepala dan pijat hingga menyerap ke dalam akar rambut. Lalu biarkan sekitar 20 menit. Setelah itu, bilas dengan shampoo dan air bersih.

Yang perlu diingat adalah, bahwa pijatan alpukat pada kulit kepala juga berpengaruh terhadap khasiat alpukat. Pemijatan pada kulit harus dilakukan saat menggunakan daging alpukat yang sudah dihaluskan, kecuali untuk perawatan rambut rusak (karena rambut rusak rentan dengan pijatan atau tekanan tangan). Tujuan pemijatan daging alpukat pada kulit kepala adalah untuk merangsang pertumbuhan folikel rambut baru pada kulit kepala. Sementara untuk rambut rusak, daging alpukat akan diserap melalui batang rambut tanpa perlu pemijatan.

Cara penggunaan yang tepat akan memaksimalkan khasiat buah alpukat untuk pertumbuhan rambut Anda. Selamat mencoba!


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>