Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil
sumber gambar: www.mind-and-body-yoga.com

infomanfaat.com -Dalam beberapa tahun terakhir, yoga menjadi sangat populer dikalangan para pecinta olahraga. Olahraga yang satu ini, jika dilakukan dengan benar dapat meningkatkan aspek internal dan eksternal tubuh, diantaranya menurunkan tekanan darah, melepaskan racun dari dalam tubuh dan dapat meningkatkan kekuatan serta fleksibilitas tubuh karena yoga dapat digunakan dengan tujuan untuk terhindar dari ketegangan otot. Mereka yang berlatih Yoga juga merasakan adanya manfaat bagi kondisi mental mereka, yaitu menjalani hidup yang lebih damai serta jarang mengalami stress.

Yoga Aman untuk Ibu Hamil

Yoga ternyata juga mendatangkan manfaat bagi ibu hamil. Beberapa manfaat yoga bagi ibu hamil ini diantaranya adalah meningkatkan energi ibu hamil dan menghilangkan rasa sakit dan mual yang berhubungan dengan kehamilan. Tidak seperti latihan lainnya, yoga tidak membahayakan tubuh atau menyebabkan rasa sakit, karena tidak memerlukan gerakan melompat atau berlari.

Mengutamakan Pernapasan dan Meditasi

Dalam kehamilan, Yoga lebih mengutamakan teknik pernapasan dan meditasi. Selama kehamilan, seorang wanita mengalami perubahan tubuh secara dramatis. Yoga dapat membantu perempuan untuk menyambut perubahan ini, dan membuat mereka nyaman selama kehamilan. Meditasi akan menenangkan pikiran dan mengurangi pikiran negatif tentang diri sendiri, dan lain-lain di sekitar mereka, sehingga meningkatkan kesehatan mental.

Teknik pernapasan yang diajarkan dalam kegiatan yoga bermanfaat sebagai relaksasi sekaligus dapat mengalirkan peredaran darah yang mengandung oksigen yang baik bagi kesehatan janin dan memberikan kesan positif bagi kesehatan otak ibu. Teknik pernapasan dalam yoga juga dapat membuat tidur ibu jadi lebih berkualitas karena ibu lebih merasa rileks. Yang juga perlu diperhatikan untuk mendukung relaksasi ibu hamil adalah adanya keterlibatan emosi dari pihak suami. Mintalah suami untuk lebih peduli, lebih perhatian, dan lebih empati ketika istri sedang menjalani kehamilan. Dan bagi ibu yang berniat melahirkan secara normal, disarankan untuk lebih mempelajari teknik pernapasan karena saat melahirkan secara normal, Anda “diharuskan” mengatur nafas dengan baik untuk mempermudah proses persalinan.

Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

sumber gambar: www.mind-and-body-yoga.com

Perhatikan Juga Makanan

Agar janin tetap sehat, maka saat melakukan yoga, Ibu perlu memerhatikan beberapa anjuran, diantaranya adalah menghindari gula dan garam berlebihan, banyak mengonsumsi asam folat, mineral dan vitamin yang dibutuhkan ibu hamil, jangan lupa juga perbanyak konsumsi buah, sayuran segar, terutama yang organik dan minum air putih 8 gelas sehari.

Berlatih Yoga adalah cara yang sehat untuk tetap fit selama sembilan bulan kehamilan, disarankan bagi ibu yang ingin berlatih yoga untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda, dan jika saat melakukan latihan yoga pada saat hamil dianjurkan harus berada di bawah pengawasan pelatih profesional.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat….


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>