Manfaat Tertawa Bagi Manusia

Manfaat tertawa

infomanfaat.com – Tak perlu pusing-pusing memikirkan cara menghilangkan rasa sedih dan stress yang sedang melanda. Anda hanya perlu tertawa dan tertawa. Meskipun Anda mungkin bukan orang yang humoris, namun pastinya Anda tak bisa memungkiri nikmatnya tertawa. Tertawa itu memang sangat menyenangkan karena tertawa merupakan ekspresi kegembiraan seseorang.

Tertawa adalah salah satu obat untuk menjaga kesehatan tubuh dan jiwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan bahkan meningkatkan imunitas tubuh. Tak hanya itu, tertawa ternyata juga efektif menurunkan ketegangan emosi sehingga membuat perasaan menjadi lebih lega dan bahagia.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat tertawa bagi manusia? Simak infonya berikut ini:

  • Tertawa membuat awet muda

    Sejuta problema dalam hidup tak jarang membuat raut wajah Anda menjadi kusut dan tidak cerah. Ujung-ujungnya wajah Anda bisa-bisa keliatan cepat tua loh… Siasati semuanya dengan rajin-rajin tertawa. Mengapa? Saat tertawa, manusia akan bernafas lebih cepat, sehingga dapat meningkatkan denyut nadi dan oksigen ke jaringan tubuh termasuk wajah. Akibatnya, otot-otot di wajah akan mengalami peregangan sehingga otot-otot yang tegang pun akan mengendur. Selain itu, 15 otot di wajah akan berkontraksi saat kita tertawa. Hal itu akan membuat peredaran darah ke area di sekitar otot-otot tersebut menjadi lebih lancar. Hasilnya, wajah terlihat lebih kencang, merona, cerah dan bercahaya.

  • Manfaat tertawa

  • Tertawa bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas)

    Siapa sangka ternyata tertawa mampu meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) manusia. Lewat aktivitas yang sangat mudah seperti tertawa, ternyata manusia bisa menangkal berbagai macam serangan penyakit, akibat imunitas tubuh yang meningkat. Mekanismenya adalah tertawa dapat menurunkan kadar hormon stress (kortisol, dopamine, adrenaline), dan meningkatkan sel-sel imun tubuh. Selain itu, saat tertawa kadar oksigen dalam tubuh akan meningkat sehingga tubuh manusia mampu memerangi berbagai macam infeksi.

    Fakta ini juga diperkuat dengan temuan dari sebuh studi kesehatan Loma Linda Lee Berk yang menunjukkan bahwa air liur orang yang tertawa memiliki agen pembunuh T-sel yang lebih banyak dan ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk itu, sering-seringlah tertawa agar tubuh Anda selalu sehat dan kuat.

  • Tertawa baik untuk kesehatan jantung

    Berdasarkan hasil sebuah penelitian di California, Amerika Serikat, menonton acara humor di TV dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh manusia sebesar 26%. Kadar kolesterol baik yang tinggi dalam tubuh manusia sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

    Penelitian tersebut juga melakukan riset pada penderita diabetes dan menemukan fakta bahwa aktivitas tertawa saat menonton acara humor di TV dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung.

    Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa selama tertawa jantung memompa lebih cepat sehingga membuat peredaran darah di sekitar otot jantung menjadi lebih lancar.

  • Tertawa baik untuk kesehatan mental

    Secara psikologis ternyata tertawa memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mental manusia. Saat tertawa, tubuh akan melepaskan endorfin sehingga membuat perasaan seseorang menjadi lebih baik dan lega.

    Tertawa juga membantu seseorang meredam energi negatif yang timbul saat suasana hati sedang tidak baik. Bila tertawa sering dilakukan, maka kesehatan mental akan semakin terjaga.

  • Tertawa membuat tubuh lebih rileks

    Tertawa bisa membuat seluruh tubuh manusia menjadi lebih rileks. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa saat seseorang tertawa secara terbahak-bahak, maka stress, ketegangan fisik menghilang dan seluruh otot tubuh menjadi lebih rileks 45 menit setelahnya. Tak hanya itu, tertawa juga dapat membuat tidur seseorang menjadi lebih nyenyak. Karena perasaan nyaman dan rileks yang timbul akibat tertawa juga ikut memengaruhi kualitas tidur seseorang.

  • Tertawa mampu mengurangi rasa sakit

    Tertawa juga memiliki efek analgesik yaitu mampu meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit. Karena saat kita tertawa, tubuh kita melepaskan endorfin, zat yang bisa menghilangkan rasa sakit. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa penderita penyakit kronis tidak merasa terganggu dengan rasa sakit yang dideritanya ketika mereka sedang tertawa. Meskipun tertawa tidak serta merta akan menyembuhkan penyakit kronis seseorang, namun tertawa bisa membantu meringankan rasa sakit yang diderita.

  • Tertawa adalah olahraga

    Tertawa adalah olahraga karena mampu membuat otot tegang dan melentur secara bergantian. Selain itu, detak jantung akan menjadi lebih cepat dan tekanan darah meningkat saat seseorang tertawa namun akan kembali menurun setelahnya. Dan ternyata, tertawa juga mampu menggantikan olahraga jalan sejauh dua mil bagi para lansia dan orang sakit.

    Selain itu, tertawa juga dapat membuat perut lebih langsing seperti saat mengayuh dayung selama 10 menit. Penyebabnya karena tertawa mampu meningkatkan denyut jantung dan membuat otot perut berkontraksi, sama ketika atlet sedang mendayung. Manfaat olahraga lainnya dari tertawa adalah tertawa juga bisa membakar kalori. Tertawa selama 10-15 menit dapat membakar 40 kalori.

  • Tertawa mampu mencairkan suasana

    Tidak ada yang bisa memungkiri bahwa tertawa merupakan “Ice Breaker” yang sangat baik dalam sebuah hubungan atau komunitas. Tertawa memiliki efek “menular”. Saat seseorang tertawa, maka lingkungan sekitarnya pun secara tidak langsung juga akan merasakan dan ikut terbawa untuk tertawa. Hal ini dapat menyebabkan hubungan sosial menjadi lebih dekat dan akrab.

Tertawa membuat perasaan kita menjadi lebih baik. Perasaan menjadi lebih baik tersebut tetap akan tertinggal dalam diri, menumbuhkan energi positif dan rasa optimis. Jadi, mulai saat ini tertawalah agar jiwa dan raga Anda menjadi lebih sehat. 😀


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>