Manfaat Senam Hamil

Manfaat Senam Hamil

infomanfaat.com – Senam hamil adalah olahraga khusus untuk ibu hamil yang berpusat pada latihan otot perut, panggul, dan pernapasan. Senam hamil yang dilakukan secara teratur dapat memperlancar proses persalinan dan menjaga kebugaran tubuh selama hamil. Senam hamil dapat melancarkan peredaran darah sehingga distribusi nutrisi dan oksigen dapat berjalan lancar. Keadaan ini sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin. Oksigen dan nutrisi sangat diperlukan untuk tumbuh kembang janin. Peredaran darah yang lancar juga akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga ibu lebih jarang sakit.

Saat hamil, terjadi peningkatan kebutuhan darah yang cukup signifikan. Keadaan ini tentunya memperberat kerja jantung. Peredaran darah yang lancar dapat meringankan kerja jantung sehingga mencegah berbagai macam penyakit jantung.

Peningkatan hormon estrogen saat hamil menyebabkan penyerapan lemak lebih tinggi sehingga perempuan seringkali menjadi gemuk. Senam hamil berfungsi membakar lemak di sekitar pinggang dan paha sehingga membantu menjaga berat badan agar tetap normal, baik selama maupun setelah hamil. Selain itu, senam hamil juga dapat menurunkan kadar gula darah sehingga mencegah diabetes.

Senam dapat mengendurkan otot-otot yang tegang sehingga menghilangkan nyeri dan pegal-pegal. Dengan tubuh yang bugar seperti ini, maka kualitas tidur akan meningkat yang berujung pada peningkatan kesehatan secara umum.

Secara khusus, senam hamil memiliki manfaat seperti:

1. Memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot-otot dinding perut, otot-otot dasar panggul, ligamen, dan jaringan serta fasia yang berperan dalam mekanisme persalinan.

2. Melonggarkan persendian-persendian yang berhubungan dengan proses persalinan.

3. Membentuk sikap tubuh yang prima sehingga mengurangi keluhan selama kehamilan seperti sesak napas, nyeri punggung, bengkak kaki, dan nyeri pinggang.

4. Melatih cara relaksasi saat hamil.

5. Memberikan rasa rileks untuk mengatasi rasa sakit saat persalinan.

6. Menguasai teknik-teknik pernapasan saat kehamilan dan persalinan.

7. Mencegah varises, bengkak, dan wasir.

8. Menambah rasa percaya diri ibu saat menghadapi persalinan.

9. Mencegah lordosis dan kifosis.

Berdasarkan uraian diatas, dapat diketahui berbagai manfaat senam hamil yang sangat perlu untuk dilaksanakan. Ibu dapat melakukan senam hamil di kelas-kelas antenatal atau dilakukan sendiri dirumah sesuai prosedur. Ibu yang boleh melakukan senam hamil adalah ibu dengan usia kehamilan 22 minggu ke atas dan tidak ada riwayat buruk dalam kehamilan. Jika kondisi ibu hamil tidak memungkinkan seperti pernah terjadi perdarahan, riwayat abortus, dan terdapat kelainan jantung, maka senam hamil tidak boleh dilakukan.

Semoga bermanfaat


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>