INFOMANFAAT.COM

Manfaat Vitamin B2 Bagi Tubuh Manusia

infomanfaat.com – Satu lagi keluarga dari kelompok vitamin B complek adalah vitamin B2 atau riboflavin. Seperti vitamin B lainnya, vitamin B2 membantu untuk memperbaiki dan mempertahankan pelbagai sistem di dalam tubuh. Vitamin ini memiliki peranan penting dalam mengubah karbohidrat menjadi senyawa gula sederhana yang dikenal dengan nama glukosa. Tanpa adanya glukosa, tubuh tidak bisa memproduksi energi. Alhasil, tubuh akan kesulitan menjalankan fungsinya. Para ahli kinis merekomendasikan vitamin ini sebagai vitamin kecantikan karena paling banyak berperan dalam kecantikan.

Serangkaian manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh bisa diperoleh dari Vitamin B2 diantaranya sebagai berikut:

  • Vitamin B2 membantu produksi energi dalam tubuh manusia. Vitamin ini memiliki peran penting dalam metabolisme atau pemrosesan lemak, karbohidrat dan protein di dalam tubuh.
  • Mengatur pertumbuhan dan reproduksi. Vitamin B2 juga memiliki manfaat untuk memastikan pertumbuhan serta perkembangan organ reproduksi dan pertumbuhan jaringan tubuh seperti kulit, mata, membran mucous, sistem syaraf dan sistem kekebalan tubuh. Sebagai tambahan, vitamin B2 juga menjamin kesehatan kulit, kuku dan pertumbuhan rambut.
  • Mengatur aktivitas kelenjar tiroid.
  • Manfaat Vitamin B2 bagi tubuh manusia

  • Mencegah jerawat. Vitamin B2 dapat meningkatkan keluarnya lendir atau minyak pada kulit yang berimbas pada berkurangnya jumlah jerawat di wajah.
  • Menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Vitamin B2 juga dapat bertindak untuk memperkuat antibodi dalam tubuh dengan memperkuat jaringan pertahanan kita terhadap bakteri penyakit yang berbahaya.
  • Vitamin B2 membantu mengurangi kecanduan alkohol.
  • Mengurangi stress. Hampir sama dengan manfaat dalam vitamin B1, vitamin B2 pun memiliki manfaat untuk memperbaiki tingkat mood yang bisa menetralkan tingkat stress seseorang.
  • Vitamin B2 adalah nutrisi antioksidan. Ia bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas. Radikal bebas ini jika tidak dienyahkan bisa merusak membran sel dan jaringan tubuh manusia. Secara tidak langsung peran kerja vitamin B2 melawan radikal bebas akan memberi manfaat untuk memperlambat proses penuaan.
  • Vitamin B2 menekan perkembangan kanker. Studi kesehatan telah membuktikan bahwa vitamin B2 bermanfaat untuk menekan perkembangan sel kanker dalam tubuh.
  • Vitamin B2 terbukti bermanfaat untuk mengoptimalkan aktivitas kognitif dan fungsi otak.
  • Vitamin B2 juga memainkan peranan penting dalam kesehatan mata. Vitamin ini sangat membantu dalam menghindari mata dari ancaman katarak dan ketegangan mata yang bisa menimbulkan penyakit glaukoma.
  • Vitamin B2 membantu pertumbuhan normal dan pengembangan, produksi serta regulasi hormon tertentu, pembentukan sel darah merah dan antibodi.
  • Vitamin B2 menjaga selaput lendir. Vitamin ini diperlukan tubuh untuk menjaga selaput lendir yang terletak di seluruh saluran pencernaan dan untuk menjaga otot di sepanjang lapisan saluran pencernaan.
  • Vitamin B2 diperlukan untuk mengaktifkan vitamin B6 dan vitamin K.

Kelemahan Vitamin B2

Dari serangkaian manfaat yang bisa diberikan oleh vitamin B2 untuk tubuh manusia, ternyata vitamin B2 juga memiliki kelamahan. Beberapa kelemahan vitamin B2 adalah sebagai berikut:

  • Vitamin B2 sangat mudah larut dalam air dan tidak bisa tersimpan lama dalam tubuh. Itu sebabnya, dianjurkan mengonsumsi makanan mengandung vitamin B2 rutin setiap harinya agar kebutuhan tubuh terhadap vitamin ini terpenuhi.
  • Vitamin B2 adalah salah satu vitamin yang sangat sensitif terhadap paparan sinar ultraviolet. Paparan sinar ultraviolet secara langsung berakibat merusak kandungan vitamin B2. Itu sebabnya, tidak dianjurkan meletakkan makanan yan mengandung nilai B2 di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Sumber Vitamin B2

Beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin B2 antara lain adalah susu, kacang-kacangan (kacang almond dan kedelai), segala jenis ikan terutama ikan sardin, daging sapi, daging ayam, daging itik, hati, ragi, tiram, kerang, keju, biji gandum, asparagus, kubis, rumput laut, selada, dan alpukat.

Untuk penyajian, vitamin B2 memiliki keunggulan tidak mudah rusak meski dimasak terlalu matang sekalipun. Tidak seperti vitamin lain yang kandungan nilai gizinya berkurang bila dimasak terlalu lama. Vitamin B2 hanya rusak bila terkena paparan sinar matahari dan penggunaaan baking soda dalam jumlah yang cukup banyak.

Dosis Vitamin B2

Seperti vitamin-vitamin lainnya, vitamin B2 juga harus memenuhi anjuran pengonsumsian yang telah ditentukan. Vitamin B2 memang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Dalam RDA (Recommended Dietary Allowed), banyak sedikitnya jumlah vitamin B2 yang harus dikonsumsi tergantung pada tinggi badan, berat badan, laju metabolisme tubuh, umur dan asupan kalori yang ada dalam tubuh. Untuk ukuran normalnya adalah sebagai berikut:

  • Pria dewasa (dimulai sejak berumur 14 tahun) setidaknya mengkonsumsi 1.3 mg perhari.
  • Wanita remaja (14-18 tahun) harus mengkonsumsi 1.0 mg perhari.
  • Wanita dewasa (dari umur 19 tahun) lebih baik mengkonsumsi minimal 1.1 mg perhari.

Biasanya, penetuan dosis untuk orang dengan kebutuhan vitamin B2 di luar batas normal perlu pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu dan pengawasan dari dokter.

Efek Kekurangan Vitamin B2

Ada beberapa gejala yang harus Anda kenali untuk mengetahui apakah Anda kekurangan vitamin B2 atau tidak. Gejala yang paling sering terlihat adalah apabila terdapat luka terbuka pada bagian mulut atau semacam infeksi jamur yang kemudian diikuti dengan bibir pecah-pecah yang bisa meninggalkan jaringan parut pada kulit bibir. Warna lidah juga terlihat lebih memerah dari warna normal lidah. Terdapat pula seperti bercak-bercak berminyak diantara hidung dan mulut. Kulit juga terlihat berkeriput dan sangat kering. Berikut dampak lain yang bisa terlihat akiba defisiensi vitamin B2:

  • Untuk bagian kuku, bila kekurangan vitamin B2, kuku akan mudah patah, retak di bagian ujung-ujungnya, dan kutikula kuku yang mengelupas.
  • Pada bagian penglihatan, orang yang kekurangan vitamin B2 akan mengalami kemunduran penglihatan karena daya kerja mata berkurang. Mata juga menjadi amat mudah silau bila terkena cahaya (photofobia), apalagi bila terkena cahaya matahari.
  • Untuk rambut, kekurangan vitamin B2 bisa mengakibatkan rambut rontok dengan kulit kepala yang kering dan gatal.
  • Kekurangan vitamin B2 juga berdampak pada gangguan fungsi kelenjar adrenal yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti anemia, sindrom kelelalahan yang kronis.
  • Kasus kekurangan vitamin B pada laki-laki akan terlihat pada kulit alat kemain yang sering mengalami peradangan, bengkak, dan gatal.

Itulah serangkaian mengenai manfaat vitain B2 berserta informasi pendukung lainnya. Bila sudah mengenal lebih jauh mengenai vitamin B2, tentu Anda akan berusaha selalu memenuhi kebutuhan vitamin B2 untuk tubuh Anda setiap harinya bukan?

Semoga bermanfaat…

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>