INFOMANFAAT.COM

10 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

infomanfaat.com – Di kalangan masyarakat, ada tradisi turun-temurun yang menyarankan ibu hamil agar memperbanyak minum air kelapa muda, terutama dari kelapa hijau. Konon katanya bila rajin minum air kelapa muda, terutama di trimester ketiga kehamilan, maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya dan bening matanya.

Apakah betul demikian?

Sejauh ini belum ada penelitian yang secara ilmiah membuktikan kebenaran saran tersebut. Namun, air kelapa muda memang mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Zat-zat itulah yang barangkali secara tidak langsung membuat bayi menjadi lebih sehat sebagaimana disebutkan dalam saran tradisional itu.

Kandungan Air Kelapa

Menurut penelitian dari Balittro (Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik) diketahui kandungan nutrisi dari kelapa yang banyak mengandung gizi esensial. Menurut hasil analisis, dalam 100 mililiter air kelapa mengandung Mineral sebagai berikut (dalam mg) :

  • Potasium: 291
  • Sodium: 42
  • Klorin: 75
  • Kalsium: 44
  • Magnesium: 10
  • Sulfur: 58
  • Phosphorus: 9.20
  • Iron (mg/100 gr): 6
  • Copper: 26

Manfaat Air Kelapa bagi Ibu Hamil

Manfaat Air Kelapa Muda bagi Ibu Hamil

sumber gambar: www.drinkkarmalife.com

Air kelapa selain mempunyai kandungan mineral tinggi, juga mengandung vitamin yang larut air yaitu vitamin B Kompleks dan protein asam amino yang baik. Berikut beberapa manfaat yang dapat diambil dari air kelapa bagi para ibu hamil:

  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

    Di dalam air kelapa sangat kaya akan asam laurat yang dapat memerangi asam lemak turunan dan juga memiliki efek antibakteri, antivirus dan antijamur. Jadi, ibu hamil sangat dianjurkan agar senantiasa mengonsumsi air kelapa, karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga pertumbuhan janin serta dapat mencegah infeksi flu, HIV, herpes, dan lainnya.

  • Membantu Mencegah Sembelit

    Manfaat air kelapa lainnya yakni dapat membantu mencegah mulas karena air kelapa secara efektif membersihkan usus dan saluran pencernaan sehingga meringankan ibu hamil dari mulas dan juga sembelit.

  • Mencegah Infeksi Saluran Kemih

    Hampir setiap wanita sering menderita yang namanya infeksi saluran kemih atau biasa disebut UTI (urinary tract infection). Dengan mengonsumsi air kelapa dapat membantu meningkatkan aliran dan frekuensi urin, shingga racun dalam tubuh dapat keluar dengan mudah sekaligus mencegah terjadinya infeksi saluran kemih dan timbulnya batu ginjal.

  • Minuman Isotonik Alami

    Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang dapat membantu dalam pengisian cairan dan hilangnya garam alami yang dilepaskan oleh tubuh. Air kelapa muda kaya dengan kandungan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit sama dengan elektrolit tubuh, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain. Dehidrasi selama kehamilan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk sakit kepala, kram, edema dan bahkan kontraksi yang dapat menyebabkan persalinan prematur.

  • Membantu Pencernaan

    Air kelapa juga dipercaya memperbaiki fungsi pencernaan. Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung sehingga pencernaan pun melambat. Air kelapa dapat membantu meningkatkan kecepatan pencernaan dalam penyerapan zat gizi makro dan mikro.

  • Meningkatkan HDL

    Air kelapa pada dasarnya bebas lemak dan dikenal sebagai minuman nol kolesterol. Beberapa studi telah melaporkan bahwa air kelapa juga memiliki efek positif untuk menaikkan tingkat HDL (High-density lipoprotein), yaitu kadar kolesterol yang baik dalam tubuh.

  • Mengatasi heartburn pada ibu hamil

    Dada terasa panas seakan-akan terasa seperti terbakar, itu adalah keluhan heartburn. Heartburn akan sangat mengganggu kesehatan ibu hamil, tapi dengan mengonsumsi air kelapa keluhan hertburn dapat teratasi.

  • Membantu mengurangi morning sickness

    Air kelapa dipercaya mempunyai khasiat sebagai anti muntah, sehingga air kelapa dapat mengurangi keluhan pusing, mual, dan muntah akibat morning sickness yang biasa terjadi pada usia kandungan dibawah 16 minggu.

  • Mencegah kram kaki

    Keluhan kram pada kaki sering dikeluhkan ibu hamil, hal ini disebabkan tubuh kekurangan kalium. Air kelapa mengandung 670 mg kalium per 330 ml sementara tubuh membutuhkan sekitar 4.700 mg saat hamil. Sangat dianjurkan menjaga asupan kalium disaat hamil.

  • Membantu Persalinan

    Sebagaimana diketahui kandungan elektrolit dari air kelapa dapat dijadikan sebagai pengganti cairan, sehingga ibu tidak mudah dehidrasi, dan dapat melakukan persalinan dengan lancar.

Semoga bermanfaat..

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>