Manfaat Pijat Bayi yang Mengagumkan

Manfaat Pijat Bayi
sumber gambar: www.babysense.com

infomanfaat.com – Pijat bayi merupakan salah satu cara tradisional yang terbukti secara medis memiliki banyak manfaat. Pijatan lembut pada bayi dapat melancarkan peredaran darah dan meregangkan otot yang kaku. Selain itu, pijat bayi juga bermanfaat dalam membentuk emosional bayi. Berikut ini manfaat pinjat bayi secara lebih terperinci:

1. Pijat bayi dapat menenangkan dan menyehatkan bayi

Tekanan lembut dapat meregangkan otot serta membuat bayi lebih rileks. Dengan adanya relaksasi pada sekujur tubuh, biasanya intensitas rewel akan menurun. Selain itu, pemijatan juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan udara di kulit, sehingga bayi merasa badannya menjadi lebih sehat.

2. Pijat bayi embuat tidur bayi lebih lelap

Setelah dilakukan pemijatan, biasanya bayi akan tertidur lelap dan lama. Hal ini disebabkan rasa nyaman dan hilangnya kelelahan otot. Namun, ibu harus dapat membedakan tidur bayi yang terlelap karena nyaman, dengan tidur panjang bayi karena lelah setelah menangis saat pemijatan. Jika bayi tertidur karena capek menangis, berarti pemijatan belum mendapatkan hasil secara maksimal. Pemijatan hendaknya dilakukan oleh ibu dalam keadaan rileks sehingga bayi tidak sampai menangis.

3. Pijat bayi diyakini dapat meningkatkan kecerdasan bayi

Pemijatan dapat melancarkan sirkulasi darah yang berarti distribusi oksigen dan sari makanan berjalan lancar. Dengan demikian, maka otak tidak akan kekurangan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan dalam proses berpikir. Selain itu, oksigen juga berfungsi meningkatkan kesigapan bayi dalam menerima rangsangan dan merespon sesuatu.

Pijat bayi juga bermanfaat meningkatkan efektivitas tidur, sehingga bayi menjadi bugar ketika terbangun. Keadaan tubuh yang bugar juga dapat meningkatkan konsentrasi dan antusias terhadap lingkungan belajarnya.

4. Pijat bayi dapat meningkatkan produksi ASI

Bayi yang dapat tidur terlelap akan bangun dengan energi cukup untuk beraktivitas. Kegesitan ini biasanya diikuti dengan rasa lapar setelahnya sehingga ia akan bersemangat menghisap puting ibunya. Semakin sering dihisap, maka kelenjar pituitary akan mengeluarkan lebih banyak hormon prolaktin yang bertugas merangsang produksi ASI. Dengan demikian, ASI ibu akan semakin lancar dan produksinya bertambah.

5. Pijat bayi bermanfaat melancarkan saluran pencernaan

Bayi yang dipijat dengan benar semakin jarang terserang gangguan otot pencernaan (kolik), meringankan ketidaknyamanan dalam pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik, dan meningkatkan nafsu makan.

6. Pijat bayi bermanfaat memacu perkembangan otak

Sentuhan dan tekanan pada kulit dapat merangsang pembentukan mielin, yaitu selubung akson yang berfungsi mencegah kebocoran impuls atau rangsangan. Mielin sangat penting dalam penghantaran rangsang karena dapat mencegah kejadian “konslet” pada sel saraf.

7. Pijat bayi dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi

Manfaat lainnya dari pijat bayi adalah mampun meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Peredaran darah yang lancar serta istirahat yang berkualitas dapat meningkatkan sistem imunitas. Saat tidur, sel-sel mengalami masa istirahat dan regenerasi sehingga kualitas sel darah putih juga meningkat. Anak yang dipijat secara benar lebih jarang sakit daripada yang tidak pernah dipijat.

8. Pijat bayi mampu mendekatkan hubungan ibu dan anak

Pijat bayi sebaiknya dilakukan oleh ibu yang telah terlatih karena bayi akan merasa lebih nyaman dan tidak takut. Pemijatan juga dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan belaian sehingga ibu dapat memperhatikan setiap bagian tubuh anaknya. Cara ini membuat ibu peka terhadap kondisi buah hatinya, misalnya mengetahui adanya bisul, bintik merah, dan luka pada bayi.

9. Pijat bayi dapat merangsang pengetahuan bayi

Sebaiknya pemijatan diiringi dengan komunikasi seperti menyebutkan bagian-bagian tubuh. Hal ini terlihat sepele, namun mengajari bayi anda sambil menyentuhnya akan lebih mudah diingat olehnya. Cara ini juga merupakan pembelajaran yang menyenangkan bagi buah hati.

Selain manfaat diatas, pijat bayi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan jika dilakukan tanpa prosedur yang benar. Pemijatan daerah perut yang terlalu kuat dapat menyebabkan usus terpelintir, sedangkan di daerah lain bisa menyebabkan bengkak. Sebaiknya perhatikan benar prosedur pemijatan dan jangan paksa bayi untuk dipijat jika dia menangis keras.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>