INFOMANFAAT.COM

Manfaat Selenium untuk Kesehatan Rambut

infomanfaat.com – Memiliki rambut sehat adalah idaman semua insan. Namun, untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Perawatan dari luar dan dalam dibutuhkan agar rambut Kamu senantiasa sehat dan kuat. Penggunaan sampo yang tepat dan konsumsi makanan yang sehat membantu Kamu dalam usaha menyehatkan rambut. Salah satu mineral yang sangat penting dalam mewujudkan rambut sehat dan kuat adalah Selenium. Lalu, bagaimana bisa mikronutrien itu dapat berperan penting dalam proses menjaga kesehatan mahkota-mu? Simak penjelasannya berikut ini ya

Selenium merupakan trace mineral yang berperan dalam meningkatkan kesehatan rambut Kita. Dalam mekanismenya menyehatkan rambut, selenium tidak hanya merangsang terjadinya pertumbuhan rambut namun selenium juga mencegah adanya ketombe pada kulit kepala Kamu. Seperti Kita ketahui bersama bahwa rambut itu tersusun atas protein, oleh karena itu bagi Kamu yang ingin memiliki rambut sehat maka konsumsilah makanan yang mengandung protein tinggi. Nah, selenium membantu tubuh dalam mencerna asupan protein yang masuk ke dalam tubuh.

Selenium juga membantu proses sintesis enzim yang meningkatkan kecepatan reaksi antioksidan sehingga sel-sel rambut tetap sehat dan terhindar dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya rambut rontok. Tidak hanya itu, selenium dapat menyehatkan rambut Kamu dengan cara meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh manusia. Kedua hal tersebut, yaitu mencegah serangan radikal bebas dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, berkontribusi secara signifikan pada kesehatan rambut Kamu. Leh karena itu, para ahli menyarankan agar mereka yang memiliki masalah pada rambutnya untuk mengonsumsi selenium dengan dosis yang tepat.

Manfaat_Selenium_untuk_Rambut

Selain berpera secara langsung dalam menyehatkan rambut, selenium juga berperan dalam mencegah adanya ketombe, yaitu dengan cara membunuh jamur Malassezia yang ada di kulit kepala. Adanya pertumbuhan jamur tersebut dapat menyebabkan kulit kepala Kamu menjadi kering. Oleh karena itu, banyak produk sampo yang menyertakan selenium dalam komposisinya. Penggunaan selenium secara langsung di kulit kepala (dalam sampo) serta melalui asupan yang dikonsumsi akan membuat pencegahan ketombe menjadi lebih optimal.

Interaksi Selenium dengan Nutrisi yang lain

Ternyata, selenium dalam menyehatkan rambut tidak bekerja sendiri, tetapi juga bekerjasama dengan mineral lain. Tanpa selenium, tubuh tidak bisa memetabolisme iodine yang merupakan komponen penting dalam kesehatan kelenjar tiroid. Fungsi tiroid yang baik akan membuat pertumbuhan rambut tetap sehat. Selenium juga bekerja sama dengan vitamin E dalam mencegah terjadinya serangan ke membrane sel rambut oleh radikal bebas. Semakin jelas bahwa selenium berperan penting pada pertumbuhan rambut yang sehat.

Dosis Selenium

Dosis selenium untuk pria dan wanita dewasa dengan usia lebih dari 19 tahun minimum adalah 55 mikrogram per hari. Jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi suplemen selenium, karena selenium yang berlebih malah justru dapat menyebabkan terjadinya rambut rontok. Selain itu, telah diketahui bahwa asupan selenium per hari lebih dari 200 mikrogram terkait dengan meningkatnya resiko diabetes serta terjangkitnya kembali kanker kulit (jika Kamu pernah mengalaminya). So, meski selenium merupakan mineral yang sangat penting, mengonsumsinya secara berlebihan justru malah berbalik membahayakan kesehatan.

Sumber Selenium

Beberapa bahan makanan diketahui mengandung selenium, seperti ikan, bawang putih, ayam, biji-bijian, kerang-kerangan serta biji bunga matahari.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>