INFOMANFAAT.COM

Manfaat Kalium bagi Kesehatan Manusia

infomanfaat.com – Kalium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Faktanya, kalium merupakan mineral ketiga yang paling banyak terdapat di dalam tubuh manusia. Sebagai gambaran, beberapa manfaat kalium bagi kesehatan tubuh manusia adalah dalam penanganan stroke, tekanan darah, rasa cemas dan stress, juga berperan dalam kekuatan otot, dalam berbagai proses metabolisme di dalam tubuh, pada kelainan jantung dan ginjal, keseimbangan cairan tubuh, fungsi elektrolit, sistem saraf dan berbagai manfaat lain bagi kesehatan manusia.

Kalium merupakan mineral yang memiliki fungsi utama sebagai elektrolit, dan kalium diperlukan untuk menjaga jantung, otak, ginjal, jaringan otot dan berbagai organ lainnya di dalam tubuh agar tetap dalam kondisi baik. KArena hal itulah, kalium memiliki segudang peran dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut ini penjelasannya:

  • Tekanan darah: salah satu peran penting kalium adalah mengatur tekanan pada pembuluh darah. Kalium berperan dalam membalikkan keadaan pada tekanan darah normal yang tidak seimbang akibat dari peran mineral sodium atau natrium. Oleh karena itu, kalium merupakan mineral vital dalam menjaga normalitas dari tekanan pembuluh darah.
  • Fungsi otak: Kanal kalium memegang peranan penting dalam menjaga konduktivitas elektrolit di otak yang akan mempengaruhi fungsi otak secara keseluruhan. Kalium juga diketahui terlibat dalam berbagai fungsi otak, seperti memori ataupun proses belajar. Gangguan otak, seperti epilepsi, diketahui terkait oleh fungsi dari kanal kalium di otak.
  • Manfaat Kalium

    sumber gambar: www.learningall.com

  • Stroke: Seperti telah dijelaskan pada point di atas bahwa kalium berperan penting untuk menjaga kondisi normal pada fungsi otak, hal itu tercermin dari peran kalium dalam proses pencegahan stroke pada otak manusia. Fakta yang mendukung mengatakan bahwa mereka yang mengalami stroke pada umumnya juga mengalami defisiensi kalium.
  • Fungsi otot: kalium memegang peranan penting dalam mengatur kontraksi dan relaksasi otot. Sebagian besar ion kalium di dalam tubuh manusia terdapat di dalam sel-sel otot dan berfungsi dalam menjaga fungsi otot dan saraf.
  • Kadar gula darah rendah: defisiensi kalium dapat menyebabkan menurunnya kadar gula darah yang akan menimbulkan berbagai gejala seperti berkeringat, sakit kepala, kondisi badan lemah, dan nervousness. Konsumsi asupan yang mengandung kalium akan menormalkan kembali kondisi tersebut.
  • Rasa cemas dan stress: kalium diketahui sebagai mineral yang penting dalam menangani kondisi mental yang tidak diinginkan, seperti kecemasan dan stress. Kalium dapat meningkatkan performa kondisi mental seseorang dari rasa keterpurukan.
  • Kram: kadar kalium yang rendah di dalam darah terkait dengan kram yang terjadi pada otot. Meningkatkan konsumsi kalium akan mencegah terjadinya kram pada otot, contohnya adalah dengan mengonsumsi pisang yang kaya akan kandungan kalium.
  • Kelainan jantung dan ginjal: kalium merupakan mineral yang penting guna memastikan jantung dan ginjal berfungsi dengan baik. Kalium membantu kerja ginjal dalam membuang limbah tak terpakai dari tubuh.
  • Keseimbangan cairan tubuh: salah satu peran kalium yang penting adalah mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh, artinya kalium menjaga jumlah cairan agar sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dengan bantuan kalium, cairan didistribusikan ke sel-sel tubuh berdasarkan atas kebutuhan dari masing-masing sel tersebut.
  • Sistem saraf: kalium berperan dalam meningkatkan proses pengiriman pesan antar sel saraf dari satu bagian ke bagian tubuh yang lain. Hal tersebut akan meningkatkan kontraski otot untuk melakukan berbagai macam kegiatan setiap harinya.

Sumber Makanan kaya Kalium

Makanan yang seimbang haruslah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, termasuk kebutuhan kalium. Kalium dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan. Makanan yang kaya akan kalium diantaranya adalah buah jeruk, sayur-sayuran, biji-bijian, ikan salmon, daging ayam, susu serta kacang almond, dan lain-lain. Sumber makanan yang kaya akan kalium yang tidak boleh dilupakan adalah buah pisang.

Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>