Inilah Manfaat dari Mengonsumsi Serat bagi Kesehatan

Manfaat Serat bagi Kesehatan
sumber gambar: indiamart.com

infomanfaat.com – Tentunya kita semua sering disarankan untuk senantiasa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Selain kaya akan vitamin dan mineral, sayur dan buah juga kaya akan serat. Dengan mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup, maka Kamu telah selangkah lebih maju dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan Kamu.

Serat sendiri sebenarnya adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan manusia. Namun, serat berfungsi dalam meningkatkan massa feses dan membuatnya lebih lembut, sehingga mudah dikeluarkan oleh tubuh. Di Amerika, banyak kasus defisiensi serat yang mengakibatkan munculnya kegemukan atau obesitas. Selain itu, gangguan kesehatan lain juga ikut muncul, seperti diabetes, masalah jantung dan sebagainya. Oleh karena itu, Kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi cukup serat setiap harinya. Untuk wanita, kebutuhan serat per harinya adalah 25 sampai 30 gram, sedangkan pria, kebutuhan seratnya adalah 30 hingga 40 gram per harinya.

Nah, jika Kamu cukup mengonsumsi serat maka ada sejumlah manfaat ang akan Kamu dapat, yaitu:

  • Melancarkan pencernaan dan mengatasi konstipasi

    Mungkin inilah peran terpenting dari mnegonsumsi serat yang bisa Kamu dapatkan, yaitu untuk membantu proses pencernaan, termasuk dalam mengatasi adanya gangguan sembelit atau konstipasi. Dalam hal ini, serat akan membuat kotoran yang merupakan sisa-sisa penceranaan menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan dari tubuh.

  • Manfaat Serat bagi Kesehatan

    sumber gambar: indiamart.com

  • Membantu mengatasi penyakit pada jantung

    Makanan yang kaya akan serat memiliki khasiat dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi serta membantu dalam menormalkan fungsi jantung. Makanan tersebut termasuk diantaranya adalah barley dan kacang-kacangan, buah jeruk ternyata juga memiliki efek serupa.

  • Membantu mengatasi diabetes

    Para penderita diabetes menemukan adanya penurunan kadar gula darah yang cukup berarti dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat.

  • Mengatasi kegemukan atau obesitas

    Makanan yang kaya akan serat akan menimbulkan sensasi kenyang pada yang mengonsumsinya, dengan begitu nafsu makan pun akan menurun. Hal tersebut tentu saja membantu seseorang dalam menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan yang tinggi.

  • Kanker

    Para ahli medis mengutarakan bahwa makanan yang berserat dapat melindungi tubuh dari serangan kanker kolon atau kanker usus besar, kanker dada dan kanker ovarian. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk lebih meyakinkan hal tersebut.

  • Mengeluarkan toksin

    Proses pencernaan yang lancar dengan adanya serat akan mambantu tubuh dalam mengeluarkan bahan-bahan toksin dengan cara membuangnya lewat feses.

Semoga bermanfaat…


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>