Manfaat Minyak Ikan bagi Perempuan

Manfaat Minyak Ikan untuk Perempuan
sumber gambar: www.ericcressey.com

infomanfaat.com – Tidak diragukan lagi bahwa minyak ikan menyimpan segudang manfaat bagi manusia. Konsumsi suplemen minyak ikan setiap harinya akan membuat Kamu mendapatkan berbagai manfaat kesehatan. Tapi tahukah Kamu kalau ternyata manfaat minyak ikan jauh akan lebih hebat dirasakan oleh kaum perempuan daripada kaum pria? Ya, itu benar. Nah, berikut ini beberapa manfaat minyak ikan bagi perempuan yang perlu untuk Kamu ketahui:

  • Mencegah Kanker Serviks

    Saat ini lebih dari 4000 wanita meninggal per tahunnya akibat dari serangan kanker serviks yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Penelitian menunjukkan bahwa DHA, yang merupakan salah satu asam omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan, dapat secara efektif menghambat pertumbuhan dan progresi sel-sel serviks prekanker yang termutasi oleh HPV.

  • Mencegah dan Mengatasi Kanker Payudara

    Asam lemak Omega-3 di dalam minyak ikan dapat secara efektif mencegah munculnya kanker payudara baik pada perempuan pre dan post menopause. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa kombinasi minyak ikan dengan propofol akan secara signifikan memperlambat penyebaran sel-sel kanker serta menginduksi kematian sel-sel kanker. Kanker payudara merupakan kanker yang banyak diderita oleh kaum perempuan di Amerika serikat, dan banyak menyebabkan kematian pada perempuan di rentang usia 45 hingga 55 tahun.

  • Mencegah Depresi Sebelum dan Sesudah Menstruasi

    Akibat dari fluktuasi hormon, perempuan yang berusia antara 45 hingga 50 tahun cenderung mudah mengalami gejala-gejala depresi. Terapi pergantian estrogen sering dilakukan guna mengatasi hal tersebut, namun terapi itu meningkatkan resiko perempuan untuk terkena kanker payudara. Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi minyak ikan secara signifikan akan lebih rendah mengalami gejala depresi dibandingkan dengan perempuan yang tidak.

  • Manfaat Minyak Ikan untuk Perempuan

    sumber gambar: www.ericcressey.com

  • Menyembuhan Premenstrual Syndrome (PMS)

    Bagi Kamu perempuan yang masih dalam rentang usia produktif sering mengalami berbagai gejala yang menyertai siklus menstruasi, seperti kram perut, kelelahan, sakit kepala. Bahkan, terkadang hal tersebut (PMS) sering mengganggu aktivitas sehari-hari. Konsumsi minyak ikan akan membuat tubuh Kamu mendapatkan tambahan omega-3, dimana di dalam tubuh omega-3 akan diubah menjadi prostaglandin yang bisa berfungsi dalam membuat otot-otot relaksasi, mengurangi kram dan menghilangkan rasa sakit.

  • Mencegah Aterosklerosis, Stroke dan Serangan Jantung

    Aterosklerosis yang dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung lebih rentan diderita oleh perempuan dibanding pria. Hal itu karena perempuan post-menopause lebih mudah untuk mengalami tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. EPA yang terkandung dalam minyak ikan memiliki khasiat antiinflamasi yang dapat mengurangi kejadian aterosklerosis pada perempuan. Di samping itu, baik EPA maupun DHA keduanya berkhasiat dalam mendukung penurunan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol di dalam darah.

  • Mendukung Perkembangan Otak Bayi

    DHA yang dikonsumsi ibu menyusui juga akan terdapat dalam ASI-nya. DHA yang tinggi pada ibu akan membuat kemampuan bayi untuk memerhatikan serta kemampuan kognitifnya menjadi lebih baik dibandingkan dengan ibu yang tidak cukup mengonsumsi DHA. Oleh karena itu, DHA kerap kali disertakan dalam formula susu bayi.

Semoga bermanfaat…


loading...

You Might Also Like

One comment

  1. 1

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>