Manfaat Vitamin K bagi Kesehatan

Manfaat Vitamin K

infomanfaat.com – Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini K sendiri terbagi atas tiga macam dari sumber-sumber penghasil yang berbeda-beda, seperti:

  • Vitamin K1 (phylloquinone): Vitamin ini dihasilkan oleh tumbuhan.
  • Vitamin K2 (menaquinone): Vitamin ini merupakan hasil dari bakteri yang terdapat dalam organ pencernaan yaitu usus besar.
  • Vitamin K3 (menadione): Vitamin ini adalah vitamin buatan untuk membantu seseorang yang memiliki masalah dengan organ pencernaan dalam menyerap makanan.

Secara umum, vitamin K berfungsi sebagai sebagai bahan yang diperlukan untuk pembekuan darah secara normal. Saat terjadi pendarahan/ luka, maka vitamin K memainkan peranannya untuk membekukan darah agar darah yang keluar melalui luka bisa segera terhenti. Namun, bukan hanya itu saja, ragam manfaat dari vitamin K ini bisa kita peroleh antara lain untuk:

  • Mencegah Osteoporosis. Bukti penelitian kesehatan terbaru yang dilakukan di berbagai negara khususnya di Amerika dan Inggris mengemukakan bahwa vitamin K penting untuk kesehatan tulang dan kalsifikasi arteri. Vitamin K akan mebantu kalsium dan mineral lainnya untuk saling mengikat dan mengoptimalkan fungsinya terhadap kesehatan tulang.
  • Menunjang metabolisme dalam tubuh. Seorang yang tetap memenuhi asupan vitamin K dalam menu dietnya terbukti lebih mudah menurunkan berat badannya, karena vitamin K membantu proses pembakaran kalori dan mengubahnya menjadi energi.
  • Mencegah terjadinya kanker hati dan paru-paru. Vitamin K juga sangat berperan dalam memerangi sel-sel kanker di dalam tubuh. Itu sebabnya, mengapa penderita kanker diharuskan memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K agar menekan laju sel kanker berkembang.
  • Pendarahan Otak. Ini yang paling mengerikan! Dimana bila terjadi pendarahan otak, maka resiko kematian telah di depan mata. Banyak pendarahan otak yang tidak terselamatkan karena kurangnya vitamin K dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika Kita masih bayi, petugas medis akan melakukan penyuntikan vitamin K pada tubuh bayi untuk menghindari resiko pendarahan otak bila bayi mengalami benturan pada kepalanya.

Sumber-Sumber Vitamin K

Begitu pentingnya peran vitamin K di dalam tubuh, maka alangkah baiknya untuk mengetahui bahan pangan yang menjadi sumber vitamin K. Ada beberapa sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin K, diantaranya adalah:

Manfaat Vitamin K

  • Sawi. Kandungan vitamin K pada sawi cukup tinggi dibandingkan pada sayuran lainnya yaitu 419,3 mcg per satu cangkirnya. Saking tingginya, anda cukup mengonsumsi sawi setiap hari sebanyak satu kali, maka kebutuhan vitamin K anda secara harian akan terpenuhi tanpa harus mengonsumsi lagi suplemen vitamin K. Oleh sebab itu, sawi menjadi sumber vitamin K terbaik yang sangat dianjurkan.
  • Asparagus. Kandungan vitamin K pada 100 gr Asparagus adalah 416 mcg. Kandungan vitamin K yang cukup tinggi juga pada jenis sayuran ini bisa dijadikan alternatif bila bosan mengonsumsi sawi.
  • Kiwi. Kandungan vitamin K pada buah kiwi pada 100 gr adalah 40,3 mcg, atau setara 10% dari kandungan vitamin K harian yang dibutuhkan tubuh.
  • Anggur. Vitamin K pada anggur dengan takaran 100 gr adalah 22 mcg atau setara 21% kebutuhan vitamin K per hari. Buah anggur ini bermanfaat untuk memperlancar aliran darah yang masuk ke dalam jantung.
  • Selada. Untuk takaran 100 gram selada, mengandung vitamin K sebanyak 128 mcg.
  • Bayam. Kandungan vitamin K pada bayam hijau maupun merah adalah 89 mcg dalam 100 gr.

Demikian informasi dan manfaat dari vitamin K. Semoga bermanfaat.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>