Manfaat Vitamin B5 untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin B5

infomanfaat.com – Vitamin B5 (Pantothenic Acid/ Pantotenat) adalah salah satu unsur yang terdapat dalam vitamin B kompleks. Vitamin ini sering dijuluki sebagai vitamin antistres karena fungsinya merangsang pengeluaran hormon adrenalin untuk mengurangi rasa cemas. Selain itu, vitamin B5 juga berfungsi dalam pembentukan antibodi di dalam tubuh, membantu pembakaran lemak, protein, dan karbohidrat menjadi energi dan membantu kerja saraf.

Ada beberapa manfaat penting yang bisa kita dapatkan bila asupan vitamin B5 tercukupi. Manfaat-manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Mengatur Kadar Kolesterol dan Trigliserida Dalam Darah

    Kebiasaan pola hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan berlemak yang berlebihan serta kurangnya berolahraga bisa menjadi pemicu tingginya kadar kolesterol serta trigliserida dalam darah. Untuk menurunkan kadar keduanya tersebut, dianjurkan memperbanyak mengonsumsi makanan, sayur dan buah yang mengandung kadar vitamin B5 yang cukup tinggi seperti alpukat, kubis, bawang merah, kunyit, dan seledri.

  • Merangsang Pertumbuhan Rambut

    Para pakar gizi dan vitamin telah membuktikan keunggulan vitamin B5 dalam merangsang pertumbuhan rambut. Dengan asupan vitamin B5 yang tercukupi, Anda bisa mencegah terjadinya penuaan dini pada rambut (beruban) dan merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih kuat dan lebih cepat panjang.

  • Manfaat Vitamin B5

  • Penyembuhan dan Pencegahan Luka dari Infeksi

    Bersama dengan vitamin C diketahui bahwa vitamin B5 bekerja lebih cepat dalam proses penyembuhan luka. Selain itu, vitamin B5 juga berkhasiat dalam mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi pada area sekitar luka.

  • Kesehatan Mata

    Secara khusus peranan vitamin B5 untuk kesehatan mata memang tidak sebaik peranan vitamin A. Tapi, vitamin B kompleks termasuk di dalamnya vitamin B5 ini membantu vitamin A untuk proses sintesis biokimia dalam tubuh dan pengoptimalisasian vitamin A dalam aliran darah menuju mata.

  • Kesehatan Kulit

    Kesehatan kulit bukan hanya bisa diperoleh dari vitamin E. Kombinasi antara vitamin E, vitamin C dan vitamin B5 ternyata memberi hasil yang lebih baik untuk kesehatan kulit ketimbang asupan vitamin E saja. Itu sebabnya mengapa sabun dan lotion yang baik sebenarnya adalah sabun dan lotion yang mengandung madu. Sebab madu mengandung vitamin B5, vitamin E, dan vitamin C yang mencukupi untuk kesehatan kulit.

  • Mencegah dan Mengobati Jerawat

    Asupan vitamin B5 yang tercukupi akan membantu mencegah dan mengobati jerawat dari dalam tubuh. Bukan hanya itu, penggunaan bahan-bahan yang banyak mengandung vitamin B5 untuk masker wajah alami seperti papaya, kunyit dan air kelapa bisa membantu menghilangkan bekas-bekas jerawat.

Sumber Vitamin B5

Agar memudahkan Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung vitamin B5, kami akan menayjikan daftarnya berikut ini:

Hati. Untuk ukuran 2.4 ons hati saja mengandung 50% vitamin B5 dari jumlah vitamin B5 yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian. Hitungan dalam tiap 100 gram—almond mengandung vitamin B5 sebesar 0, 133 mcg, gandum 0,135 mcg, kacang mete 0,245 mcg, biji bunga matahari 1,996 mcg dan kacang kenari 0,465 mcg.

Pisang. Untuk 100 gram pisang mengandung vitamin B5 sebanyak 0, 394 mcg.

Alpukat. Untuk 100 gram alpukat mengandung vitamin B5 sebanyak 2,792 mcg.

Labu. Untuk 100 gram labu mengandung vitamin B5 sebanyak 0,492 mcg.

Demikian artikel mengenai manfaat vitamin B5. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>