Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Menurunkan Berat Badan

Vitamin B Kompleks Menurunkan Berat Badan
sumber gambar: thehealthkey.com

infomanfaat.com – Vitamin B kompleks adalah kumpulan jenis-jenis vitamin B, yang terdiri atas vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (ribovlafin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam patotenat), vitamin B6 ( pyridoxine), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (asam folat), dan vitamin B12 (kobalamin).

Vitamin B kompleks merupakan vitamin yang larut dalam air. Dari hasil penelitian para pakar gizi dan vitamin membuktikan bahwa masing-masing vitamin B dalam gabungan vitamin B kompleks memiliki perbedaan kimia satu sama lainnya, namun keseluruhannya sering berdampingan dalam makanan dan menjalankan fungsi yang tidak jauh berbeda.

Fungsi yang paling diandalkan pada vitamin ini ialah kemampuannya dalam proses melancarkan proses metabolisme dalam tubuh manusia. Selain itu, vitamin B kompleks mampu membantu tubuh menghasilkan energi untuk menstabilkan perasaan atau mood yang lebih baik. Itu sebabnya, banyak vitamin-vitamin B dalam rangkaian vitamin B kompleks mendapat julukan sebagai “vitamin anti stress”.

Dari dua fungsi utama vitamin B kompleks tersebut, maka secara tidak langsung vitamin B kompleks memberi pengaruh yang positif untuk menurunkan berat badan. Mengapa demikian? Karena setiap makanan yang dikonsumsi manusia akan masuk ke dalam tubuh, melewati berbagai proses kimia dan fisiologi yang akan merubah makanan menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh. Nah, proses itulah yang dinamakan proses metabolisme.

Dalam proses metabolisme, tubuh membutuhkan bantuan vitamin B kompleks mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang kemudian diubah oleh sel-sel menjadi energi. Bila asupan vitamin B kompleks dalam tubuh manusia tidak tercukupi, tentu proses metabolisme menjadi terhambat. Hasilnya, makanan yang masuk akan lebih lambat diuraikan menjadi enegi dan kalori akan menumpuk menjadi lemak. Itu sebabnya, tubuh menjadi gemuk dan berat badan sulit diturunkan.

Kontrol diet seseorang juga bergantung dengan suasana hati. Stress akan memicu keinginan makan yang berlebihan. Banyak orang yang sedang dalam suasana hati yang buruk seperti sedih, bosan, dan kecewa mengalihkan perasaannya dengan mengonsumsi makanan dengan porsi yang berlebihan. Mereka beranggapan bahwa makan adalah aktivitas yang mudah dan menyenangkan sehingga diharapkan mampu mengubah suasana hati mereka menjadi lebih baik. Padahal pendapat demikian salah! Yang harus Anda lakukan adalah memenuhi asupan vitamin B kompleks dalam tubuh agar bisa memainkan peranannya dalam menstabilkan suasana hati. Orang yang cukup vitamin B kompleks dalam tubuhnya akan terlihat lebih tenang, mudah berpikir, dan tidak mudah marah. Dengan suasana hati yang stabil, tentu akan membantu Anda menurunkan berat badan.

Manfaat Tiap Jenis Vitamin B

Vitamin B1. Vitamin B1 bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, menjaga kesehatan saraf, dan otot.

Vitamin B2. Vitamin B2 bermanfaat dalam menghasilkan energi dan mengurai nutrisi makanan yang masuk ke tubuh.

Vitamin B3. Vitamin B3 bermanfaat dalam metabolisme glukosa, lemak, dan akkohol. Ia juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, sistem saraf, dan sistem pencernaan.

Vitamin B6. Vitamin B6 bermanfaat dalam metabolisme asam amino dan asam lemak serta bermanfaat dalam proses produksi sel dan darah merah.

Vitamin B9. Vitamin B9 bermanfaat untuk perkembangan otak dan mencegah otak dari kerusakan dini.

Vitamin B12. Vitamin B12 bermanfaat untuk memelihara dan melindungi lapisan yang mengelilingi saraf dan mendorong pertumbuhannya secara normal, serta berperan dalam aktivitas dan metabolisme sel-sel tulang.

Nah, jadi tahu manfaat vitamin B kompleks keseluruhannya kan. Semoga bermanfaat.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>