Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

infomanfaat.com – Pohon kurma memang paling banyak terdapat di Arab, tetapi buahnya telah dikonsumsi oleh hampir seluruh masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. Buah kurma menjadi salah satu buah favorit karena rasanya yang manis dan enak.

Berbicara mengenai kurma, ternyata si manis yang sering dijadikan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa ini juga mempunyai banyak manfaat dan khasiat, salah satunya adalah bagi ibu hamil. Apa saja manfaat buah kurma bagi ibu hamil?

  • Buah kurma baik bagi jantung
    Bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi, kurma sangat direkomendasikan, karena menurut para ahli gizi, adanya kandungan kalium dalam kurma berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Fungsi mineralnya membuat denyut jantung teratur, mengaktifkan kontraksi otot jantung dan menstabilkan tekanan darah.
  • Buah kurma merupakan sumber tenaga bagi ibu hamil
    Kandungan kalori yang tinggi dalam buah kurma dapat dijadikan sebagai penyumbang tenaga paling besar. Kandungan kalori dari 1 kg kurma sama dengan kandungan 1 kg daging. Namun, makanlah kurma secukupnya, karena jika terlalu banyak akan menguragi nafsu makan terhadap makanan yang lain.
  • Buah kurma baik bagi rahim
    Penelitian terbaru menyatakan bahwa kurma basah bermanfaat untuk mengontrol laju gerak otot rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika dipompa ke pembuluh nadi). Ini disebabkan kandungan gula dan mineral dalam kurma menjadi sumber tenaga bagi otot-otot rahim dan pembuluh darah sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah pada janin.
  • Buah kurma dapat mengecilkan rahim
    Di dalam kurma terdapat semacam hormon oksitosin yang berkhasiat mengecilkan pembuluh darah dalam rahim sehingga membantu mengecilkan rahim usai persalinan sekaligus mencegah perdarahan pada rahim.
  • Buah kurma dapat memperlancar produksi ASI
    Kandungan zat besi dan kalsium yang terdapat dalam kurma adalah pembentuk ASI yang terbaik. Dan kandungan mineral inilah yang berperan membantu pembentukan darah dan sumsum tulang bagi bayi yang disusui.
  • Buah kurma mampu memulihkan tenaga setelah proses persalinan
    Di dalam kurma terdapat protein 1,8-2%, serat 2-4%, dan glukosa 50-57%. Kandungan gula yang terdapat dalam kurma adalah jenis glukosa yang mudah diserap untuk tubuh sehingga aman untuk penderita diabetes.
  • Buah kurma mampu melancarkan BAB
    Buah kurma juga berkhasiat untuk melancarkan buang air besar (BAB). Karena tingginya kandungan serat pada buah ini, sehingga ibu hamil pun dapat memakannya untuk menjaga proses pencernaan agar tetap terjaga dengan baik untuk tetap dapat memenuhi zat gizi yang diperlukan oleh ibu dan janinnya. Kelancaran BAB juga penting setelah persalinan, karena susah BAB pada ibu hamil akan membuat luka setelah persalinan jadi lebih lama sembuh.

loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>