Manfaat Madu Untuk Perawatan Luar

Manfaat Madu untuk Perawatan Luar

infomanfaat.com – Khasiat madu untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Madu mengandung banyak komponen yang bersifat antibiotik dan menyehatkan. Selain itu, madu juga kaya akan vitamin. Karena kandungannya tersebut, kini madu tidak hanya dikonsumsi saja, namun juga digunakan untuk bahan dasar sejumlah produk perawatan.

  • Masker Wajah

    Madu dapat digunakan untuk masker wajah dan mengatasi berbagai permasalahan wajah. Sifatnya yang melembabkan dapat digunakan untuk mencegah wajah kusam. Biasanya, pemilik kulit kering cenderung mudah berkerut dan wajahnya kusam. Nah, untuk menguranginya Anda dapat menggunakan masker madu secara berkala.

    Campuran madu, garam, dan air hangat dapat menghilangkan jerawat. Jerawat merupakan akibat dari kulit kotor yang dihinggapi kuman. Sifat antibiotik madu dapat membunuh kuman tersebut. Bagi Anda yang memiliki jerawat berukuran besar dapat mengoleskan campuran madu dan kayu manis pada jerawat sebelum tidur. Keesokan harinya, bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan cara ini selama dua minggu.

  • Pelembab Bibir

    Sifat lembab dan mengikat air yang ada pada madu dapat dimanfaatkan untuk melembabkan bibir. Menggunakan pelembab madu akan menghindarkan Anda dari efek menghitam yang disebabkan pelembab kimia. Asalkan tidak dimakan, pelembab dari madu dapat bertahan lama. Pelembab madu sebaiknya digunakan pada saat musim kemarau untuk menghindari bibir pecah-pecah sekaligus melembutkan bibir.

  • Sabun Kulit

    Karena bersifat lembut, lembab, dan dapat melawan bakteri, maka madu juga digunakan sebagai bahan sabun. Sabun madu berkhasiat melembabkan kulit dan membunuh bakteri yang bersemayam di kulit. Jika dicampur dengan bubuk almond, madu dapat dipakai sebagai scrub sehingga sel-sel kulit mati terangkat.

  • Lotion

    Selain untuk sabun, madu juga digunakan untuk lotion pelembab kulit. Lotion madu lebih alami dan bersifat lembab sehingga menjaga kelenturan dan kekenyalan kulit. Gunakan lotion madu sehabis mandi sebelum beraktivitas untuk mendapatkan kulit halus, lembut, dan kenyal. Tentunya lotion yang digunakan sudah diolah dengan bahan lain, bukan madu murni.

  • Shampo

    Memiliki rambut lembut dan lembab adalah idaman setiap wanita. Madu dapat digunakan sebagai campuran shampo yang dapat melembutkan rambut. Jika ingin menggunakannya secara alami, Anda dapat mengambil madu asli dan mengoleskannya pada rambut. Diamkan beberapa saat. Setelah itu, bilas dengan air dan shampo.

  • Menyembuhkan Luka (Borok)

    Madu bersifat higroskopik, yaitu menarik air dari lingkungannya. Dengan sifat ini, maka madu digunakan untuk mengompres luka atau borok. Sifat hidroskopik madu dapat menyerap air di sekitar borok sehingga luka kering dan lekas sembuh. Selain itu, sifat antibiotik madu dapat membunuh bakteri di sekitar luka.

  • Tetes Mata

    Madu telah terbukti ampuh untuk menyembuhkan radang kornea mata, bahkan efeknya lebih baik daripada obat tetes mata dari bahan kimia. Madu bersifat membawa kotoran pada mata ke pinggir sekaligus membunuh kuman yang ada di mata. Namun, madu yang digunakan bukan sembarangan madu melainkan madu yang telah disterilkan.

Ternyata madu tidak hanya bermanfaat untuk dikonsumsi tapi juga untuk pemakaian luar. Kini, kita dapat menggunakannya untuk merawat kulit, rambut, dan mata agar tetap cantik. Namun, Anda harus berhati-hati karena sekarang banyak madu palsu sehingga efek yang diinginkan tidak tercapai. Untuk itu, pastikan Anda membeli madu murni di tempat terpercaya.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>