Manfaat Likopen bagi Kesehatan

Manfaat Likopen bagi Kesehatan

infomanfaat.com – Likopen adalah zat warna yang terdapat di dalam makanan berwarna kuning tua hingga merah. Buah yang paling mengandung banyak likopen adalah tomat. Likopen bersifat hidrofobik (larut dalam lemak atau sukar larut dalam air), panjang seperti jarum dan mengkilap. Likopen dalam buah dan sayur ini mengandung banyak manfaat, yaitu:

  • Menangkal Radikal Bebas

    Likopen adalah antioksidan kuat yang dapat menangkal efek negatif radiasi, junk food, polusi, sinar ultraviolet dan sebagainya. Likopen bekerja membunuh oksigen tunggal yang dihasilkan oleh radikal bebas. Sifat antioksidan dalam likopen lebih baik daripada antioksidan dalam vitamin A atau vitamin E. Radikal bebas dalam jumlah kecil tidaklah berbahaya. Namun, bila jumlahnya sangat besar akan merusak sel-sel tubuh dan membuatnya menjadi tidak normal.

  • Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

    Radikal bebas yang tidak ditangkal akan menyebabkan abnormalitas sel yang merupakan cikal bakal penyakit kanker. Nah, salah satu manfaat likopen adalah menekan multiplikasi atau perbanyakan sel kanker tersebut. Berdasarkan penelitian, likopen dapat mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, esopagus, ovarium, dan payudara.

  • Mencegah Hipertensi

    Hipertensi berasal dari tingginya kadar LDL dalam darah sehingga membentuk plak pada dinding pembuluh darah. Plak tersebut menyebabkan pembuluh darah kehilangan elastisitasnya dan mengurangi volumenya. Karena pembuluh darah menyempit dan kaku, maka jantung harus memompa darah lebih keras lagi. Fungsi likopen adalah mengurangi kadar LDL dalam darah sehingga plak pada pembuluh darah dapat dicegah. Fungsi tersebut sekaigus melindungi jantung agar tidak memompa terlalu keras.

  • Mencegah Stroke

    Stroke terjadi apabila penyempitan pembuluh darah otak tidak tertanggulangi sehingga pembuluh darah pecah akibat tekanan dari jantung. Karena otak berisi sel saraf, maka terjadi kerusakan pada organ tertentu yang berhubungan dengan pecahnya pembuluh darah tersebut. Fungsi likopen dalam mengurangi LDL dalam darah juga dapat menurunkan resiko serangan stroke.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

    Radikal bebas dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, likopen membantu menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem imunitas sehingga manusia dapat bertahan dari serangan kuman penyakit. Konsumsi buah tomat setiap hari dapat membuat tubuh lebih sehat secara alami.

  • Mencegah Osteoporosis

    Osteoporosis adalah pengeroposan tulang yang disebabkan faktor usia atau kekurangan kalsium. Likopen berfungsi membantu menstimulasi sel-sel pembentuk tulang sehingga pengeroposan bisa dihindari. Selain itu, likopen juga menghambat pengambilan kalsium dari tulang sehingga tulang tetap kuat dan sehat hingga usia lanjut..

Buah dan Sayur sebagai Sumber Likopen

Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari likopen bukan? Nah, sekarang kita harus mengetahui berbagai makanan yang mengandung likopen. Pada paragraf pertama telah disinggung bahwa buah tomat mengandung banyak likopen. Lalu buah dan sayur apa lagi yang mengandung banyak likopen?

Likopen terdapat pada buah dan sayur berwarna orange dan merah seperti jambu, semangka, pepaya, dan wortel. Jika vitamin akan rusak pada pemanasan tinggi, likopen justru semakin baik jika diolah. Pasalnya, senyawa likopen berikatan kuat sehingga sulit diserap tubuh jika dikonsumsi dalam bentuk makanan mentah. Untuk mendapatkan manfaatnya, kita harus mengolahnya menjadi makanan siap saji seperti pasta dan saus. Untuk mempermudah proses pemecahan likopen, sebaiknya gunakan minyak goreng atau minyak zaitun saat mengolahnya.

Selain digunakan sebagai saus dan pasta, tomat yang mengandung banyak likopen juga baik digunakan untuk wedang, jus, sambal, dan sebagainya. Sedangkan buah lain seperti semangka dapat direbus untuk campuran es buah. Anda boleh berkreasi dengan berbagai macam masakan untuk mengambil manfaat likopen. Selamat menikmati.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>