INFOMANFAAT.COM

Manfaat Buah Anggur: Biji, Kulit dan Daging Buahnya

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.com – Dalam segi kandungannya, ternyata buah anggur mengandung vitamin dan senyawa yang berfungsi untuk kesehatan tubuh, diantara mafaat yang terkandung dalam biji, kulit, dan buahnya adalah sebagai berikut :

  • Manfaat Biji Anggur

    Biji anggur baik untuk mencegah stroke karena mengandung endungeoned pycnogenol, zat penguat kolagen yang bisa melenturkan pembuluh darah (anti aging).

    Bertambah tua usia manusia, pembuluh darahnya akan semakin rapuh dan rentan terjadi penyempitan yang disebabkan oleh kolesterol, dan disebut aterosklerosis. Keadaan demikian dapat menyebabkan stroke maupun penyakit jantung koroner, dan Pycnogenol berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah yang rentan terjadi pembekuan. Zat pycogenol ini banyak terdapat pada biji anggur, baik angggur lokal maupun anggur impor yang berasal dari beberapa negara lain. Biji anggur juga bersifat lebih lunak dibanding biji lombok atau cabai, sehingga tidak akan membahayakan kesehatan usus seperti usus buntu dan lainnya.

  • Manfaat Kulit Buah Anggur

    Sementara itu, kulit anggur juga sangat kaya akan flavonoid yaitu zat yang mampu menghalau radikal bebas, karena sifatnya sebagai zat antioksidan. Kekuatan antioksidannya bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin C yang ada di jeruk. Dengan demikian, kulit anggur sangat bagus untuk mencegah proses penuaan pada kulit, dan orang yang mengonsumsinya akan tampak lebih segar. Tingginya kandungan antioksidan pada kulit anggur ini, membuat buah anggur (terutama kulitnya) juga sangat baik dikonsumsi oleh perokok maupun orang yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara cukup tinggi seperti di Jakarta.

  • Manfaat Biji, Kulit dan Daging Buah Anggur

  • Manfaat Daging Buah Anggur

    Sedangkan daging buahnya kaya akan kalium yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. Buah anggur bagus dikonsumsi setiap hari dua porsi, satu porsi antara 6-8 buah. Namun demikian, tidak masalah bila harus diselingi dengan berbagai macam buah lainnya. Menghindari masih adanya zat kimia yang melekat dalam buah anggur, sebaiknya sebelum dimakan buah tersebut dicuci secara bersih terlebih dahulu.

Nah! Disarankan mulai sekarang tinggalkan kebiasaan membuang biji anggur karena dari bentuknya yang kecil, tersimpan manfaatnya yang besar, walaupun jika dikunyah rasanya agak pahit maka langsung ditelan saja dan tak perlu takut terkena usus buntu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>