INFOMANFAAT.COM

Manfaat Minum Air Hangat

infomanfaat.com – Mengonsumsi air hangat pada keadaan tertentu ternyata mengandung banyak manfaat. Air hangat memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan air dingin. Hal ini disebabkan sifatnya yang dapat meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh. Lalu, apa saja manfaat dan kapan sebaiknya air hangat dikonsumsi?

Manfaat Minum Air Hangat

Manfaat utama dari minum air hangat adalah melancarkan sistem pencernaan. Air hangat dapat meningkatkan gerakan usus halus sehingga makanan yang masuk akan dipecah secara optimal, sehingga jumlah nutrisi yang diserap lebih banyak. Gerakan usus halus itu juga sangat menguntungkan bagi Anda yang sering mengeluh susah buang air besar. Makanan yang masuk ke usus akan dipecah-pecah sehingga mudah dikeluarkan. Selain itu, gerakan usus halus juga memperpendek lama makanan di usus besar sehingga air tidak terlalu banyak diserap.

Minum air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh. Pada saat suhu udara dingin, minumlah air hangat agar temperatur tubuh terjaga. Peningkatan suhu ini akan meningkatkan proses metabolisme tubuh. Lemak yang tersimpan di bawah jaringan kulit akan dibakar untuk menjaga temperatur. Oleh sebab itu, air hangat dipercaya dapat melangsingkan tubuh. Minumlah air hangat sebelum makan agar Anda merasa kenyang sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuh berkurang.

Jika suhu tubuh meningkat, maka secara alami keringat akan dikeluarkan untuk mempertahankan temperatur. Proses fisiologis ini bermanfaat mengeluarkan racun yang bersemayam di tubuh. Inilah alasan mengapa air hangat dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Keringat yang dikeluarkan tidak hanya berupa air saja, namun juga beserta kotoran dan sel kulit mati. Akibatnya, kulit Anda akan terlihat segar dan sehat. Apabila kulit kusam, sebaiknya biasakan untuk mengonsumsi air hangat di pagi hari secara teratur.

Manfaat Minum Air Hangat

Manfaat lain dari air hangat adalah melenturkan otot-otot yang kaku dan melancarkan peredaran darah. Selain itu, air hangat juga membakar timbunan lemak. Efek positif dari peredaran yang lancar adalah distribusi makanan dan oksigen yang optimal serta terhindar dari penyakit hipertensi, stroke, dan jantung.

Saat Anda terserang batuk dan flu dalam waktu lama, sebaiknya minumlah air hangat. Air hangat dapat mengurangi nyeri tenggorokan dan melancarkan dahak sehingga tenggorokan menjadi lebih rileks. Agar mendapatkan manfaat yang optimal, tambahkan sedikit jahe atau madu. Sedangkan untuk penyakit flu, air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh dan menghambat alergi terhadap suhu dingin.

Minum air hangat akan membuat Anda merasa kenyang, lega, dan mengurangi rasa haus. Berbeda dengan air dingin yang justru membuat Anda merasa haus, air hangat akan mengurangi dahaga. Minum air putih dingin sebelum makan akan membuat perut Anda penuh dengan air sehingga menghilangkan selera makan. Hindari pola kebiasaan seperti itu dan gantilah dengan minum air hangat.

Waktu yang Harus Dihindari

Meskipun sangat bermanfaat, namun tidak berarti Anda harus minum air hangat secara terus menerus. Hindari minum air hangat saat temperatur lingkungan tinggi. Minum air hangat akan meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme sehingga cukup menguras energi bila diminum saat cuaca panas. Minumlah air hangat saat musim dingin, pagi hari, sebelum makan dan saat berbuka puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>