INFOMANFAAT.COM

Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.com – Jika sebelumnya tadi kita sudah membahas manfaat buah anggur dari kulit hingga bijinya, kali ini akan dikupas lebih mendalam, bagaimana cara kerja buah anggur mempengaruhi kesehatan tubuh kita, baik dari segi kecantikan, kesuburan, kehamilan, dan beberapa penyakit yang mendapat efek dari sebutir anggur. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah anggur

  1. Manfaat bagi Kesehatan Kehamilan

    Menurut University of Maryland Medical Center Buah anggur dapat membantu dalam pengobatan insufisiensi vena kronis (sirkulasi yang buruk), wasir dan edema, yang kadang-kadang dapat terjadi selama kehamilan dan setelah proses melahirkan dan membantu mengontrol kadar gula darah. Buah anggur mengandung proanthocyanidins olligomeric atau “OPC,” yang memiliki efek antioksidan kuat yang dapat mencegah retensi cairan atau edema dan insufisiensi vena kronis. Selain itu buah anggur juga dapat mengatasi diabetes dan hipertensi yang kerap terjadi saat proses kehamilan.

    Buah anggur juga dapat meningkatkan elastisitas kulit ibu hamil untuk memungkinkan ibu hamil memperluas perut selama kehamilan dan meningkatkan sirkulasi darah untuk mengurangi pembengkakan yang berhubungan dengan kehamilan. Selain itu, buah anggur dapat meringankan sembelit dan masalah pencernaan lainnya yang umum terjadi selama kehamilan. Situs Medis University of Maryland memperingatkan terhadap ibu hamil yang mengkonsumsi buah anggur selama kehamilan atau saat menyusui, karena kurangnya penelitian medis tentang manfaat atau bahaya tertentu. US Food and Drug Administration menyatakan bahwa sejauh ini belum diketahui apakah buah anggur dapat menimbulkan efek berbahaya bagi janin dan bayi, dan karena alasan itulah, sehingga penting bagi anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi buah anggur.

  2. Membantu Penyembuhan beberapa Penyakit
    • Asma

      Anggur dapat digunakan untuk penyembuhan asma. Selain itu, kekuatan asimilasi anggur juga lebih tinggi sehinga dapat meningkatkan kelembaban di paru-paru.

    • Manfaat Buah Anggur

    • Serangan jantung

      Anggur bisa meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah yang mencegah pembekuan darah sehingga dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung.

    • Darah Tinggi

      Kandungan buah anggur mampu mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida dalam darah.

    • Sembelit dan Gangguan Pencernaan

      Anggur sangat efektif untuk mengatasi sembelit. Anggur dianggap sebagai obat pencahar alami karena mengandung asam organik, gula dan selulosa. Senyawa tersebut juga meringankan sembelit kronis. Anggur memainkan peran penting dalam dispepsia. Anggur meredakan panas dan menyembuhkan gangguan pencernaan dan iritasi lambung.

    • Kelelahan

      Anggur dapat mengisi ulang zat besi dalam tubuh dan mencegah kelelahan. Minum jus anggur juga bisa menyediakan energi instan. Antioksidan yang hadir dalam anggur juga memberikan dorongan yang diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh.

    • Kanker payudara

      Sebuah penelitian terbaru telah ditemukan bahwa jus anggur membantu mencegah kanker payudara. Penurunan massa tumor terjadi secara signifikan setelah tikus laboratorium diberi jus anggur.

    • Penyakit Alzheimer

      Sebuah studi menunjukkan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menunda timbulnya penyakit neurodegeneratif. Karena zat yang terkandung dalam satu butir anggur dapat memperlancar pengiriman oksigen ke otak hingga 30% dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh.

    • Mencegah katarak

      Anggur mengandung flavonoid yang kaya antioksidan, yang dapat mengurangi dan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti katarak.

    • Pemicu imunitas

      Mencegah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit infeksi dari virus, seperti influenza, polio, dan herpes simpleks tipe I. Selain itu anggur juga merupakan antimikroba yang baik.

    • Mengobati Insomnia

      Buah ini juga dapat mengatasi susah tidur. Karena pada anggur terdapat melatonin, suatu hormon yang dikenal bisa membantu mengatur jam biologis manusia dan juga sangat efektif untuk mengatasi hipertensi.

  3. Untuk Kecantikan dan Kesuburan

    Buah anggur dipercaya memiliki kandungan flavonoid yang tinggi, yang bermanfaat dalam pembentukan kolagen dan pengangkut elektron dari berbagai reaksi enzimatik, adanya kandungan flavonoid yaitu zat yang mampu menghalau radikal bebas menjadikan anggur sangat bagus untuk mencegah proses penuaan pada kulit. Selain itu, buah anggur juga di percaya sebagai buah afrodisiak atau makanan pembangkit gairah. Karena buah ini mengandung vitamin A yang cukup tinggi, maka buah anggur dapat berperan dalam meningkatkan kesuburan, terutama pria.

Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>