Manfaat Jalan Kaki

manfaat jalan kaki

infomanfaat.com – Jalan kaki merupakan olahraga yang paling sederhana, paling mudah dan juga tanpa biaya, Anda dapat melakukannya dimana dan kapan saja. Meskipun begitu, Anda jangan meremehkan kegiatan yang satu ini, dibalik kemudahan dan kesederhanaannya jalan kaki ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Anda sadari atau tidak, setiap kali Anda berjalan kaki, Anda telah melakukan suatu kegiatan yang berperan besar bagi kesehatan tubuh Anda.

Berbagai Manfaat Jalan Kaki yang menyehatkan

Manfaat Jalan Kaki dalam Menampung Oksigen

Berjalan kaki dapat meningkatkan kapasitas tubuh Anda dalam menampung oksigen. Hal tersebut akan membuat stamina dan ketahanan tubuh Anda meningkat. Jika memang demikian, Anda tidak akan mudah merasa lelah dalam menjalankan aktivitas rutin Anda.Anda akan merasa lebih fit, sehingga:

manfaat jalan kaki

  • Kemungkinan untuk mengalami cedera menjadi rendah, karena sendi-sendi tulang Anda memiliki rentang gerak yang baik dan otot-otot tubuh Anda menjadi lebih fleksibel.
  • Kecenderungan rendah untuk merasakan depresi dan kecemasan.
  • Kualitas tidur Anda juga akan meningkat.

Baik untuk Jantung

Berjalan kaki sangat baik untung jantung Anda. Rutinitas jalan kaki selama 3 jam per minggu atau 30 menit per hari dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 40%, menurut penelitian. Hal tersebut terjadi karena dengan berjalan kaki berarti Anda telah:

  • Meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.
  • Membantu Anda bernafas lebih baik.
  • Melawan rasa depresi yang Anda alami.
  • Meningkatkan fungsi system imun tubuh.
  • Membantu dalam mencegah terjadinya osteoporosis, karena dengan berjalan densitas tulang dapat ditingkatkan.
  • Membantu dalam mencegah dan mengontrol diabetes.
  • Membantu untuk mengontrol berat badan, karena dengan berjalan akan banyak kalori yang akan terbakar.
  • Menurunkan tingkat LDL (Lower Densiy Lipoprotein) atau yang lebih dikenal sebagai kolesterol jahat
  • Meningkatkan level HDL (High Density Lipoprotein) atau yang lebih dikenal sebagai kolesterol baik.

Manfaat Jalan Kaki untuk Kanker

Berjalan kaki dapat membantu mencegah kanker. Berikut beberapa di antaranya:

  • Jalan kaki dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Dua studi yang dipublikasi pada tahun 2008 menunjukkan bahwa aktivitas fisik, seperti jalan kaki, dapat mengurangi resiko menderita kanker payudara. Studi yang melibatkan wanita muda juga menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara pada masa pre-menopause.
  • Bagi para penderita kanker, jalan kaki menunjukkan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka serta dapat mengurangi keberulangan kanker.
  • Jalan kaki cepat serta aktivitas fisik lainnya dapat menyembuhkan konstipasi kronik dan dapat menurunkan resiko terkena kanker kolon.
  • Jalan kaki juga dapat meningkatkan presentasi bertahannya seseorang dari kanker payudara. Para peneliti menemukan bahwa berjalan kaki selama 1 hingga 3 jam per minggu dapat meningkatkan rate kebertahanan-hidup penderita kanker payudara hingga 20-40%.
  • Resiko terkena kanker akan meningkat 50% jika Anda mengalami kelebihan berat badan.
  • Sebuah studi yang dilakukan selama 12 tahun menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat mengurangi resiko kematian hingga 50%, termasuk kematian dari kanker.

Manfaat Jalan Kaki untuk Diabetes

Jalan kaki sangat berguna bagi para penderita diabetes, berikut beberapa point diantaranya:

  • Jalan kaki dapat sebagai sarana untuk merawat kaki bagi para penderita diabetes yang sangat mudah terkena infeksi (di daerah kaki).
  • Berjalan 30 menit per hari dapat menurunkan resiko terkena diabetes bagi siapa saja dengan berat badan berapa saja.
  • Berjalan cepat yang dilakukan selama 30 menit setiap harinya selama 8 bulan dapat menurunkan terjadinya sindrom metabolic pada para penderita diabetes tanpa harus merubah pola makan.

Jalan Kaki baik untuk Daya Ingat

. Jalan kaki juga bermanfaat untuk membantu Anda dalam mengatasi masalah pada daya ingat Anda. Seseorang yang menjalani program latihan selama 24 jam terbukti mampu untuk memperbaiki skor dalam penilaian memorinya, serta mampu menurunkan skor kecenderungan untuk mengalami dementia (kepikunan).

Jalan Kaki dapat berperan sebagai Antidepresan

Jalan kaki (latihan) dapat bertindak sebagai antidepresan yang efektif. James A. Blumenthal, Ph.D. dan rekannya secara mengejutkan, pada tahun 1999, menunjukkan adanya pengaruh latihan rutin sebagai antidepresan pada para pasien yang menderita depresi tingkat mayor.

Jalan Kaki bermanfaat untuk Awet Muda

Jalan kaki juga dapat berperan sebagai alat untuk tetap tampil awet muda, latihan sederhana yang dilakukan secara rutin dapat membawa dampak sebagai anti-aging pada manula yang berusia 60 atau lebih.

Jalan Kaki dapat mengontrol Berat Badan

Karena berjalan kaki dapat membantu Anda dalam mengontrol berat badan, dengan demikian berjalan kaki dapat mencegah seseorang untuk mengalami obesitas. Hal tersebut penting terutama untuk anak-anak. Anak berumur 11-16 lebih sedikit bergerak dibandingkan ketika mereka pada 10 tahun yang lalu, saat mereka sedang belajar jalan. Anak-anak cenderung untuk menonton TV ataupun melakukan kegiatan lain yang minim bergerak atau berjalan, sehinga mereka cenderung untuk mengalami obesitas pada usia muda.

Jalan Kaki dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Bergerak, seperti berjalan kaki yang merupakan gerakan paling sederhana yang sering kita lakukan, dapat membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh Anda. Hal tersebut berkaitan dengan semakin berkurangnya kecenderungan Anda untuk mengalami obesitas, penyakit kardiovaskular ataupun diabetes tipe 2.

Jalan Kaki mengatasi Disfungsi Ereksi

Khusus untuk pria, berolahraga, termasuk di dalamnya Jalan Kaki, dapat membantu Anda dalam mencegah terjadinya disfungsi ereksi, mengurangi resiko impoten, meningkatkan kesehatan seksual Anda, mengurangi resiko terjadinya stroke, dan lain sebagainya.

Manfaat Jalan Kaki lainnya

  • Berjalan kaki ternyata mampu untuk memperbaiki mood Anda yang sedang turun.
  • Berjalan kaki diduga dapat membantu menolong seseorang dari kondisi osteoarthritis.
  • Berjalan dapat meningkatkan kualitas mental Anda.

Bisa dilihat betapa besar manfaat Jalan Kaki bagi kesehatan kita, bukan? So, tunggu apa lagi, ayo bangun dari tempat duduk Anda dan mulailah berjalan kaki…. Semoga Bermanfaat….


loading...

You Might Also Like

2 Comments

  1. 1
  2. 2

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>