INFOMANFAAT.COM

Ragam Manfaat Pepaya

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.com – Anda tentu mengenal pepaya bukan? Buah yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pepaya merupakan tanaman buah yang mudah ditemukan di berbagai daerah. Tanaman ini tumbuh dengan baik di daerah tropik maupun sub tropik, karena sifatnya yang mudah tumbuh. Tanaman pepaya dapat ditemukan dengan mudah di pekarangan rumah hingga kebun-kebun, bahkan sekarang tanaman ini sudah banyak yang menanamnya dalam skala luas untuk tujuan komersil.

Buahnya yang sudah matang banyak dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut, baik dalam bentuk segar maupun dalam bentuk olahan seperti es buah dan jus.

Mengenal Tanaman Pepaya

Pepaya diperkirakan berasal dari Amerika Tengah, Hindia barat dan kawasan sekitar Meksiko. Secara taksonomi, pepaya termasuk dalam famili Caricaceae. Adapun klasifikasi ilmiah tanaman pepaya secara lengkap adalah sebagai berikut:

Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Monocotyledoneae
Ordo : Brassicales
Famili : Caricaceae
Genus : Carica
Spesies : Carica papaya L

Kebanyakan orang hanya mengenal tanaman pepaya dari buahnya saja. Ya, buah pepaya memang sudah dikenal luas sebagai buah pencuci mulut, baik dikonsumsi dalam bentuk segar ataupun diolah terlebih dahulu menjadi es buah atau jus. Sangat sedikit yang mengetahui bahwa tanaman pepaya secara keseluruhan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan pengobatan. Tidak hanya bagi manusia, akan tetapi juga untuk binatang ternak.

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan dan Pengobatan pada Manusia

[list style=”list6″ color=”magenta”]

  • Memperlancar Buang Air Besar (BAB)

    Buah pepaya matang diketahui mengandung enzim, mineral, betakaroten di samping kandungan vitamin A, B dan B kompleksnya yang tinggi. Salah satu kandungan dalam buah pepaya yang berkhasiat untuk memperlancar BAB adalah enzim yang dikenal dengan nama enzim papain. Enzim papain ini dalam lambung berperan penting dalam proses pencernaan protein. Enzim papain diketahui memiliki kemampuan daya cerna protein 35 kali lipat. Protein yang dicerna oleh enzim papain ini umumnya bersifat membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akibat sistem pencernaan yang tidak sempurna. Itulah mengapa jika Anda rutin mengkonsumsi pepaya maka proses BAB akan lancar.

    Manfaat Pepaya

    Karena itu jangan segan untuk mengkonsumsi pepaya matang. Baik dalam bentuk buah segar maupun dalam bentuk olahannya, seperti es buah atau pun jus.

  • Menambah Nafsu Makan

    Tidak hanya buah, ternyata daun dan bunga jantan tanaman pepaya yang memiliki rasa pahit juga bermanfaat. Salah satu manfaatnya yaitu untuk menambah nafsu makan. Nah, untuk tujuan ini, biasanya daun pepaya dikonsumsi dalam bentuk lalapan segar. Namun untuk hasil yang lebih optimal bisa dicoba dengan membuat ramuan sebagai berikut:

    Ambil beberapa lembar daun pepaya segar, tambahkan sedikit garam dan air panas. Kemudian blender hingga halus, saring dan diminum air hasil saringannya setiap hari secara rutin.

  • Mengobati Jerawat

    Daun pepaya juga diketahui berkhasiat mengobati jerawat. Caranya yaitu beberapa lembar daun pepaya segar yang sudah agak tua dikeringkan. Bisa dengan cara dijemur, kemudian daun pepaya yang sudah kering ditumbuk hingga halus atau berbentuk ekstrak. Tambahkan ekstrak daun pepaya tadi dengan air secukupnya, kemudian tempelkan pada bagian kulit yang berjerawat.

  • Mengobati Kaki Pecah-Pecah

    Untuk mengobati kaki kering dan pecah-pecah bisa digunakan buah pepaya yang masih muda. Ambil buah pepaya yang masih muda, kemudian potong menjadi dua, maka daging pepaya muda tersebut akan mengeluarkan getahnya. Gosokkan daging pepaya yang bergetah tersebut pada bagian kulit kaki (tumit) yang pecah-pecah. Diamkan hingga kering, kemudian cuci kaki hingga bersih. Ulangi hingga sembuh.

  • Mengobati Nyeri Haid

    Ternyata daun pepaya juga berkhasiat mengurangi nyeri haid. Bagaimana caranya? Ambil daun pepaya segar beberapa lembar. Tambahkan asam jawa dan garam secukupnya. Kemudian daun pepaya, asam jawa dan garam direbus dengan segelas air hingga mendidih. Dinginkan kemudian ramuan siap diminum.

[/list]

Manfaat Pepaya untuk Pengobatan pada Hewan Ternak

Getah pepaya muda ternyata juga bermanfaat untuk membasmi cacing pada ternak seperti kambing atau domba. Menurut penelitian di Balitnak Bogor, pemberian getah pepaya pada kambing atau domba bermanfaat untuk menekan populasi cacing dalam perut hewan ternak ini.

Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara membuat ramuan getah pepaya ini? Berikut adalah cara mengambil getah dan cara pemanfaatan getah pepaya untuk membasmi cacing pada ternak:

Pertama: sadap getah dari buah pepaya muda yang masih menempel di pohonnya. Caranya dengan menggoreskan pisau pada buah pepaya secara membujur sebanyak 1-5 goresan. Tampung getahnya dengan menggunakan wadah, bisa berupa plastik. Tambahkan beberapa tetes larutan natrium bisulfit ke dalam wadah agar getah tidak mengalami oksidasi.

Setelah getah pepaya terkumpul, keringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering, haluskan hingga menjadi serbuk, kemudian campur dengan air dengan perbandingan 1-5 hingga membentuk larutan. Larutan getah pepaya tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mulut kambing atau domba.

Pemberian getah pepaya ini bisa dilakukan setiap tiga kali dalam seminggu.

Demikian, beberapa manfaat penting pepaya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>