INFOMANFAAT.COM

Manfaat Mentimun Bagi Kecantikan Kulit

infomanfaat.com – Mentimun adalah salah satu komoditas hortikultura yang tidak asing lagi. Buahnya banyak dikonsumsi dalam bentuk segar sebagai lalapan. Selain itu, buah mentimun juga sering dikonsumsi dalam bentuk jus, es buah, rujak dan berbagai makanan dan minuman olahan lainnya. Mentimun sangat digemari karena memiliki cita rasa yang manis dan segar.

Jika Anda termasuk salah satu penggemar mentimun, Anda patut bersyukur. Karena ternyata buah ini memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Pada tulisan ini, kita akan membahas tentang manfaat mentimun bagi kecantikan kulit.

Mentimun adalah bahan alami yang sangat bermanfaat bagi kulit. Apa saja manfaat mentimun bagi kecantikan, khususnya kulit? Berikut adalah 7 manfaat mentimun bagi kecantikan:

[list style="list2" color="magenta"]

  • Mengembalikan kelembaban kulit

    Mentimun bermanfaat untuk mengembalikan kelembaban kulit. Bagaimana cara penggunaannya? Ambil sebuah mentimun segar, kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian tipis. Tempelkan potongan mentimun tersebut pada kulit wajah selama lebih kurang lima menit. Angkat kemudian bersihkan.

    Selain melembabkan kulit, mentimun juga berkhasiat mencegah keriput dan penuaan dini pada wajah.

  • Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Kulit

  • Mencegah dan menghilangkan jerawat

    Jika Anda memiliki masalah dengan kulit yang kusam dan berjerawat, mentimun bisa menjadi solusi yang mudah dan murah. Cara menggunakannya sangat sederhana. Besihkan wajah terlebih dahulu, kemudian tempelkan beberapa irisan mentimun pada bagian kulit wajah yang berjerawat. Biarkan irisan mentimun tersebut menempel selama lebih kurang lima belas menit, kemudian angkat dan cuci wajah dengan sabun wajah dan air bersih. Ulangi secara rutin hingga permasalahan kulit Anda berkurang.

  • Menyamarkan noda hitam bekas jerawat

    Selain menghilangkan jerawat, getah kulit mentimun juga dipercaya bermanfaat untuk menyamarkan noda atau bercak hitam bekas jerawat. Caranya, tempelkan kulit mentimun yang bergetah pada bagian kulit wajah yang bernoda. Diamkan hingga lima belas menit, kemudian angkat dan bersihkan. Lakukan secara rutin, maka noda bekas jerawat akan semakin menipis dan hilang.

  • Mengencangkan dan mengurangi minyak pada kulit wajah

    Mentimun juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan mengurangi minyak pada kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat menggunakan mentimun sebagai masker wajah. Caranya mentimun dikupas kulitnya, dipotong-potong kecil kemudian diblender hingga membentuk bubur. Oleskan bubur mentimun tersebut pada kulit wajah. Diamkan hingga mengering, kemudian angkat dan wajah dicuci bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker mentimun ini setiap satu kali seminggu. Niscaya kulit wajah sehat, kencang dan bebas kilap akan menjadi milik Anda.

  • Mengurangi lingkaran hitam yang terdapat di bawah mata

    Mentimun diketahui mengandung antioksidan dan silika yang bermanfaat melembutkan bagian kulit yang sensitif, seperti pada daerah kulit sekitar mata. Caranya, ambil dua irisan tipis mentimun segar. Tempelkan irisan mentimun tersebut pada bagian mata yang tertutup. Diamkan kira-kira sepuluh atau lima belas menit. Kemudian angkat dan bersihkan.

    Selain mengurangi lingkaran hitam pada daerah lingkaran mata, tempelan irisan mentimun tersebut juga bermanfaat untuk melembabkan dan menghilangkan kelelahan pada mata, sehingga mata terasa lebih segar.

  • Menghilangkan bengkak pada mata

    Terkadang karena kelelahan, kurang tidur, kebanyakan tidur atau terlalu banyak menangis bisa menyebabkan mata menjadi bengkak. Bagaimana mengatasi hal tersebut? Tidak perlu panik, Anda bisa memanfaatkan irisan mentimun segar. Caranya hampir sama dengan cara mengurangi lingkaran hitam di bawah kelopak mata, yaitu tempelkan irisan mentimun segar pada kelopak mata yang tertutup selama lebih kurang lima belas menit. Angkat, kemudian cuci hingga bersih.

  • Meringkas pori-pori wajah

    Mungkin Anda pernah menemukan produk toner wajah berbahan aktif sari mentimun, bukan? Mentimun segar ternyata jauh lebih bagus dimanfaatkan sebagai toner alami. Sebagai toner alami sebaiknya mentimun dicampur dengan beberapa bahan lain diantaranya cuka apel, putih telur dan tomat. Haluskan semua bahan tersebut kemudian campurkan menjadi satu. Oleskan secara merata pada kulit wajah. Diamkan selama lebih kurang lima belas menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin maka kulit wajah Anda akan tampak lebih segar dan pori-pori wajah akan mengecil.

[/list]

Demikian tujuh manfaat penting mentimun bagi kecantikan kulit. Nah, ternyata untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik tidak perlu mahal, bukan? Manfaatkan saja semua potensi alam, serta buah dan sayur yang ada di dapur. Selain baik untuk kecantikan kulit, mentimun juga diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan, karenanya jangan pernah segan mengonsumsi mentimun baik dalam bentuk lalapan ataupun dalam bentuk olahan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>