Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan dan Keunggulannya

Manfaat Susu Kambing

infomanfaat.com – Susu kambing merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Susu ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan susu sapi sehingga menarik konsumen di pasaran. Dengan berbagai keunggulannya tak heran bila akhirnya harga susu kambing lebih mahal dibandingkan susu sapi. Berikut ini berbagai keunggulan dan Manfaat susu kambing yang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya:

[list style=”list8″ color=”magenta”]

  • Tidak Menyebabkan Alergi

    Susu kambing tidak mengandung laktoglobulin yang diduga sebagai penyebab alergi. Laktoglobulin merupakan salah satu kandungan susu sapi. Oleh karena itu, susu kambing aman dikonsumsi bayi berusia enam bulan keatas dan ibu hamil. Biasanya, bayi yang alergi susu sapi akan membaik keadaannya setelah diberikan susu kambing.

  • Lebih Mudah Dicerna

    Susu kambing mengandung asam lemak berantai pendek dan sedang sehingga lebih mudah dicerna daripada susu yang lain. Asam lemak berantai pendek tersebut menyebabkan susu kambing lebih lembut, mudah diserap tubuh dan tidak menyebabkan diare. Oleh karena itu, susu kambing baik untuk dikonsumsi bayi yang pencernaannya belum berkembang sempurna.

  • Kandungan Gizi Lebih Tinggi

    Kandungan protein, lemak, kalori, mineral, dan beberapa vitamin dalam susu kambing lebih banyak dibandingkan susu sapi. Selain lebih banyak, lemak dan protein susu kambing lebih variatif dibandingkan susu sapi. Dari sini dapat kita lihat bahwa susu kambing lebih sempurna dalam memenuhi kebutuhan gizi manusia. Oleh karena itu, harga susu kambing sekarang ini lebih mahal dari susu yang lain.

  • Manfaat Susu Kambing

  • Cocok Untuk Penderita Maagh

    Susu kambing bersifat basa sehingga tidak menyebabkan sakit perut bagi penderita maagh. Bahkan, susu kambing dapat menetralisir asam lambung. Selain maag, penderita penyakit saluran pencernaan yang lain juga dapat mengonsumsi susu tersebut.

  • Antiseptik

    Susu kambing diduga memiliki sifat antiseptik. Fluorine dalam susu kambing yang cukup besar dapat menekan pertumbuhan bakteri hingga seratus kali lebih besar dari susu sapi. Hal ini juga merupakan salah satu alasan minimnya konsumen yang alergi susu kambing.

  • Vitamin A

    Susu kambing mengandung vitamin A yang dapat langsung diserap oleh tubuh. Kandungan vitamin A pada susu kambing berbeda dengan susu sapi. Pada susu sapi, vitamin A berbentuk karoten yang harus dipecah terlebih dahulu sebelum diserap. Itulah alasan mengapa susu kambing lebih baik untuk kesehatan. Selain itu, tidak adanya karoten dalam susu membuat susu kambing berwarna putih cerah.

  • Mencerdaskan

    Asam amino metionin, sistin, dan sistein yang bermanfaat untuk tumbuh kembang otak dan kesehatan sel saraf. Dengan mengonsumsi susu kambing, secara tidak langsung dapat mencerdaskan anak.

  • Mencegah Osteoporosis

    Kandungan kalsium yang tinggi dalam susu kambing dapat mencegah pengeroposan tulang. Kalsium dibutuhkan untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat. Susu kambing sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang membutuhkan banyak kalsium untuk pertumbuhan tulang janin.

  • Lain-lain

    Manfaat lain yang bisa didapat dari konsumsi susu kambing antara lain melancarkan metabolisme tubuh, mejaga kesehatan kulit, membantu menjaga kesehatan organ tubuh, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

[/list]

Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari konsumsi susu kambing, bukan? Selain dikonsumsi dalam bentuk susu asli, susu kambing juga dapat dijadikan produk olahan seperti yogurt dan keju sehingga lebih mudah dinikmati.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>