Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis

infomanfaat.com – Jeruk nipis merupakan tanaman asli Indonesia yang dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dapur dan minuman. Buah yang berasa asam dan memiliki kulit tebal ini mengandung banyak manfaat dan khasiat baik untuk kesehatan maupun perawatan kulit. Komponen jeruk nipis adalah protein, karbohidrat, lemak, fosfor, kalsium, besi, asam askorbat, limonene, linalin asetat, geranil asetat, dan sitral. Nah, uraian berikut akan menjelaskan berbagai macam manfaat jeruk nipis.

Apa saja sih manfaat dan khasiat dari buah jeruk nipis yang perlu kita ketahui?

  1. Menjaga Ketahanan Tubuh
    Rasa asam pada jeruk nipis berasal dari vitamin C. Salah satu komponen vitamin C, yaitu asam askorbat merupakan antioksidan terbaik. Jadi, mengonsumsi jeruk nipis akan meningkatkan daya tahan terhadap serangan radikal bebas yang berasal dari polusi udara, makanan, radiasi, dan sebagainya. Proses inilah yang menyebabkan konsumen vitamin C memiliki imunitas yang lebih baik. Tentunya, jeruk nipis tidak dapat dikonsumsi begitu saja tanpa diolah. Rasanya yang terlalu masam membuat Anda harus mengolahnya dengan gula agar dapat dinikmati.

  2. Mencerahkan Kulit
    Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis dapat menghambat melanin sehingga kulit tampak cerah dan segar. Jeruk nipis mampu mengurangi minyak di wajah yang menyebabkan kulit wajah tampak kusam. Gunakanlah jeruk nipis untuk membersihkan wajah secara teratur pada wajah berminyak. Selain kulit, jeruk nipis juga dapat mencerahkan rambut dan kuku.

    jeruk nipis

  3. Mencegah Jerawat
    Jerawat berasal dari kotoran yang menumpuk di pori-pori dan menyebabkan iritasi. Jerawat biasa menghinggapi pemilik wajah berminyak. Nah, Anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat pada wajah dan memperkecil pori-pori. Jeruk nipis mengandung antiseptik yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat.

  4. Menghilangkan Ketombe
    Anda memiliki masalah dengan ketombe pada rambut? Jika ya, gunakanlah jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe. Lumuri rambut dengan jeruk nipis sebelum keramas. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bersihkan dengan air dan shampo. Gunakan secara teratur sebelum keramas untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

  5. Menghilangkan Flek Hitam
    Ternyata jeruk nipis juga mampu menghilangkan flek hitam pada wajah. Tentunya, cara ini hanya diperuntukkan pada kulit berminyak karena jeruk nipis akan menyebabkan kulit kering menjadi semakin rusak. Ambillah jeruk nipis dan oleskan pada flek hitam selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

  6. Melangsingkan
    Vitamin C dosis tinggi yang ada dalam jeruk nipis dapat melarutkan lemak dalam tubuh. Sebaiknya, makanlah jeruk nipis setelah mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi. Selain itu, jeruk nipis juga dapat melancarkan buang air besar sehingga perut lebih terlihat rata.

  7. Obat Batuk
    Sejak dulu, jeruk nipis dipercaya dapat meringankan gejala batuk. Hal ini disebabkan air perasan jeruk nipis dapat meluruhkan dahak yang mengental, mendorong produksi air liur, dan memperkuat limpa. Cara memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat batuk adalah, Anda dapat meminum air perasan jeruk nipis yang sudah dicampurkan dengan sedikit kecap manis, madu, atau gula. Kecap, madu, ataupun gula digunakan sebagai bahan campuran saja untuk mengurangi rasa asam jeruk nipis agar bisa dinikmati. Konsumsilah sehari sekali selama Anda batuk sampai sembuh.

    Jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati batuk yang disertai influenza. Caranya adalah peras jeruk nipis, ambil airnya lalu seduh dengan 60 cc air panas. Kemudian, tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih, aduk rata dan minumlah 2 kali sehari sampai Anda sembuh.

    Jeruk nipis mengandung minyak astiri dan zat-zat yang mampu mengendalikan otot-otot di pernapasan. Oleh karena itu, selain berkhasiat sebagai obat batuk, jeruk nipis juga mampu mengobati suara yang serak, menghilangkan lendir di tenggorokan, dan dapat juga dimanfaatkan untuk mengobati radang tenggorokan.

  8. Antimabuk
    Aroma segar yang ditawarkan jeruk nipis mampu mengurangi reaksi mabuk perjalanan. Selain itu, minuman dari jeruk nipis yang segar juga dapat mengurangi mual-muntah di perjalanan. Nah, bagi Anda yang sering mabuk, disarankan membawa jeruk nipis sebagai salah satu bekal penting untuk mencegah mabuk.

  9. Menghilangkan Bau Amis
    Bau amis yang berasal dari ikan atau darah dapat dihilangkan dengan jeruk nipis. Aromanya yang khas dapat menetralisir bau amis. Gunakanlah jeruk nipis untuk mencuci piring, tangan dan menghilangkan bau amis pada ikan. Selain menghilangkan bau amis, jeruk nipis juga membuat peralatan dapur Anda bersih kesat.

  10. Mencegah Anemia
    Jeruk nipis sebaiknya dkonsumsi bersama tablet tambah darah. Vitamin C pada jeruk nipis dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi dalam usus sehingga anemia kurang besi dapat dihindari.

  11. Menjaga Ginjal
    Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat mencegah kambuhnya pasien batu ginjal pasca dioperasi. Jeruk nipis juga bersifat diuretik atau peluruh kencing sehingga dapat melancarkan buang air besar (BAK) pada pasien yang baru saja dioperasi atau bermasalah dengan saluran kencingnya.

Itulah manfaat jeruk nipis yang dapat diambil. Dalam mengonsumsi jeruk nipis perlu kewaspadaan. Masalahnya, vitamin C dosis tinggi pada jeruk nipis dapat menyebabkan sakit maag. Jadi, bagi penderita penyakit maag kronik sebaiknya menghindari buah segar yang satu ini. Selain itu, pemakaian jeruk nipis yang berlebih pada wajah akan menyebabkan kulit kering dan tidak bercahaya.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>