INFOMANFAAT.COM

Khasiat Apel : Buah Ajaib Penangkal Penyakit

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.com – Makanlah apel setiap hari, maka tubuh akan terhindar dari penyakit. Ini fakta, bukan sekedar slogan kosong. Apel memang dikenal sebagai buah yang berkhasiat untuk menangkal berbagai penyakit.

Diperkirakan, ada sekitar 7000 jenis buah apel yang ada. Namun, hanya beberapa macam saja yang ditemukan di Indonesia, misalnya, apel malang, apel australia, apel manalagi, dan apel amerika. Bentuk, ukuran, warna dan teksturnya pun beragam, tapi kandungan gizinya tak jauh berbeda.

Khasiat Apel

Apel bisa mencegah berbagai penyakit, mulai dari flu, diare, kanker, serangan jantung, sampai stroke. Sebuah penelitian yang dilakukan di Davis School of Medicine, University of California menemukan fakta bahwa buah apel kaya akan flavonoid yang dapat membantu memperkuat daya tahan sel dari kemungkinan penyakit jantung dan kanker seiring bertambahnya usia. Flavonoid berperan sebagai antioksidan, yaitu zat yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kandungan kalium/potassium dan pektin dalam buah apel yang tinggi efektif untuk menurunkan kadar gula darah, kolesterol, sehingga sangat baik untuk penderita kencing manis (diabetes) dan jantung koroner.

Apel juga disebut-sebut bisa melindungi bayi dari asma. Ibu-ibu hamil yang rajin mengkonsumsi apel semasa kehamilan akan memiliki resiko yang lebih kecil untuk melahirkan bayi yang menderita penyakit asma.

Zat gizi yang paling menonjol dalam buah yang bernama latin Malus domestica ini adalah kalium, pektin, dan selulosa.

buah-apel

  • Kalium berperan untuk menjaga denyut jantung tetap teratur, melancarkan distribusi zat-zat gizi ke sel-sel tubuh, mengendalikan cairan dalam jaringan sel, dan mengatur tekanan darah.
  • Pektin merupakan serat jenis larut yang terdapat pada daging buah apel dan dapat membuat perut kenyang lebih lama. Hal tersebut membuat apel sangat bagus dijadikan sebagai sumber energi bagi mereka yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan.
  • Selulosa merupakan serat tidak larut yang terdapat pada kulit apel. Selulosa dapat mempercepat perjalanan sisa makanan melintasi saluran cerna.

Apel juga mengandung asam tartar yang bisa menghambat pertumbuhan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dalam saluran pencernaan.

Manfaat lainnya dari buah apel adalah buah ini ternyata sangat baik untuk otak. Minum jus apel setiap hari juga bisa membantu otak tetap berfungsi baik. Selain itu, senyawa antioksidannya terutama vitamin C dan quercetin bisa mencegah kerusakan memori (daya ingat) dan fungsi otak yang diakibatkan stress oksidatif (kondisi keterbatasan asupan antioksidan) yang membuat tubuh tak mampu menetralisir radikal bebas.

Salah satu jenis apel yang sangat terkenal di Indonesia adalah apel malang. Apel malang berwarna hijau dengan semburat merah, kaya akan vitamin A, B, dan C, serta mineral seperti belerang, zat besi, klor, fosfor, kalsium, magnesium, natrium, dan kalium. Sangat bagus untuk obat batuk, penghancur batu ginjal, melancarkan pencernaan, detoksifikasi dan mengatasi peradangan.

Bila dibandingkan dengan buah jeruk, kandungan vitamin A nya 50% lebih banyak, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan vitamin B dan C nya bermanfaat untuk meningkatkan imunitas (daya tahan) tubuh.

Saran konsumsi

Apel baik diminum 3 kali sehari dalam bentuk jus atau sari apel. Dimakan segar pun baik. Manfaatnya bagus untuk membuat keringat lebih wangi, mencegah kerusakan gigi dan gusi, mencegah infeksi saluran kencing, dan menurunkan resiko penyakit jantung. Sebelum dikonsumsi, buah apel haruslah dicuci bersih dengan sabun pencuci khusus untuk mengurangi sisa-sisa pestisida yang menempel pada kulit apel.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>