INFOMANFAAT.COM

Manfaat dan Khasiat Cuka Apel

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.com – Cuka apel merupakan minuman hasil fermentasi buah apel. Mula-mula, buah apel direbus dan diberi gula pasir hingga aromanya keluar. Setelah itu, dieramkan dalam botol kaca. Apabila sudah dingin, olahan apel tersebut diberi yeast dan kembali dimasukkan dalam botol kedap udara.

Rasa minuman ini tentunya masam dan segar. Cuka apel lebih tahan lama daripada jus apel biasa dan memiliki kandungan gizi yang berbeda. Lalu, apa saja manfaat dari cuka apel ini? Temukan jawabannya dalam uraian berikut ini.

  • Cuka apel dipercaya dapat mengencerkan darah
    Ketika seseorang mengonsumsi makanan berlemak dan berprotein tinggi, maka asam-alkali dalam darah kehilangan keseimbangannya atau dengan kata lain darah menjadi kental. Nah, cuka apel ini dapat membantu mengencerkan darah sehingga tidak menyebabkan hipertensi sekaligus meringankan kerja jantung.

  • Cuka apel kaya akan mineral penting bagi tubuh
    Cuka apel sangat kaya akan mineral seperti potasium, kalsium, sodium, dan magnesium. Mineral ini sangat diperlukan tubuh untuk berbagai metabolisme, penguat tulang dan gigi. Selain cuka apel, mineral ini juga dapat diperoleh dari buah dan sayuran. Namun, cuka apel sebagai minuman atau bumbu dapur lebih praktis untuk digunakan.

  • Cuka apel dapat mencegah keracunan makanan
    Cuka apel mampu membunuh bakteri dalam makanan sehingga seseorang yang tanpa sengaja mengonsumsi makanan basi tidak akan merasakan dampak keracunan jika sebelumnya mengonsumsi cuka apel. Efek tersebut akan membuat usus Anda menjadi lebih sehat.

    sari-cuka-apel

  • Cuka apel bisa menghilangkan ketombe dan kapalan
    Sifat asam pada cuka dapat menghilangkan ketombe dan kapalan yang berasal dari jamur. Cuka apel dapat dioleskan pada kulit kepala dan daerah lain atau digunakan sebagai sampo. Selain menghilangkan ketombe, cuka apel juga dapat mencegah gatal-gatal pada rambut yang disebabkan jamur.

  • Cuka apel akan meningkatkan daya tahan tubuh
    Campurkan cuka apel dalam air mandi Anda. Tujuannya adalah menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit dan pori-pori sehingga tidak menimbulkan penyakit atau peradangan.

  • Menyehatkan kulit
    Kulit yang dibasuh dengan cuka apel terlihat lebih bersih, segar dan berkilau. Namun, jangan terlampau sering menggunakannya karena efek samping zat asam adalah membuat kulit menjadi keriput.

  • Mencegah infeksi
    Cuka apel yang dikonsumsi secara rutin setiap hari diduga dapat menurunkan frekuensi infeksi karena mengandung antioksidan dalam dosis tinggi.

  • Cuka apel dapat melarutkan lemak
    Cuka apel sangat cocok untuk Anda yang menjalani program diet. Mengapa? Kandungan vitamin C pada cuka apel mampu melarutkan lemak dalam darah dan menghambat penyerapan lemak jahat atau kolesterol. Sebaiknya tambahkan cuka apel dalam minuman Anda ketika mengonsumsi makanan berlemak.

  • Menghilangkan jerawat
    Cuka apel mengandung antioksidan yang akan membunuh bakteri di kulit yang dapat menyebabkan peradangan atau jerawat. Oleh karena itu, sebagian produsen kosmetik menggunakan cuka apel ini sebagai bahan pembersih wajah.

  • Mencegah sembelit
    Kandungan serat dalam cuka apel dapat digunakan untuk melancarkan buang air besar.

  • Mengatasi cegukan
    Jika Anda cegukan, minumlah 1 sendok teh cuka apel. Rasa asam dalam cuka apel dapat menghentikan cegukan.

Manfaat cuka apel tidak hanya dirasakan manusia saja, namun juga hewan ternak. Cuka apel merupakan obat untuk masalah pencernaan, kardiovaskular, dan infeksi pada hewan ternak.

Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari cuka apel, bahkan ada yang menyebutkan bahwa cuka apel dapat memperpanjang umur manusia karena sangat menyehatkan. Namun, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi cuka apel lebih dari dua sendok makan dalam sehari karena kandungan asam asetatnya dapat menyebabkan iritasi pada lambung. Sebaiknya penderita maag menghindari cuka apel karena dapat memperparah kondisi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>