Manfaat Terapi Air Garam

infomanfaat.com – Garam merupakan bumbu dapur yang mudah ditemukan. Selain digunakan sebagai perasa makanan, ternyata garam juga dapat digunakan untuk beberapa terapi kecantikan dan kesehatan. Nah, penasaran dengan manfaat terapi air garam? Simak uraian berikut!

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
    Beberapa sumber mengatakan bahwa terapi air garam dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan air garam dapat mengusir bakteri dan virus penyebab penyakit.

  • Mengusir energi negatif
    Terapi air garam dipercaya dapat mengusir energi negatif dari dalam tubuh. Energi negatif menyebabkan seseorang kurang fokus terhadap pekerjaan atau tugasnya. Akibatnya, orang tersebut mudah merasa lelah dan emosional. Jadi, secara tidak langsung terapi air garam berfungsi menghilangkan sikap emosional dan membenahi karakter buruk seseorang.

  • Meredakan ketegangan otot
    Bagi Anda yang sering mengalami pegal kaki, sebaiknya mencoba terapi air garam yang bersuhu 370C. Terapi ini dapat meregangkan otot kaki sekaligus membersihkannya dari kotoran yang menempel. Bahkan, beberapa olahragawan yang mengalami cidera kaki melakukan terapi ini untuk memulihkan ketegangan otot.

  • Mengikat radikal bebas
    Mandi air garam dapat mengurangi dampak buruk yang disebabkan radiasi. Larutan air garam dapat mengikat radikal bebas dalam tubuh yang menjadi penyebab utama timbulnya berbagai jenis penyakit genetik dan kanker.

  • Mempercantik kulit
    Air garam bekerja dengan mengelupaskan lapisan kulit yang telah rusak sekaligus menstimulasinya. Lapisan kulit mati (rusak) membuat kulit Anda terlihat kusam dan jelek. Nah, dengan terapi air garam kulit Anda akan terlihat lebih sehat dan bersih.

  • Mengobati insomnia
    Insomnia atau sulit tidur terkadang disebabkan oleh kegelisahan jiwa. Jika Anda sering mengalami hal ini, cobalah berendam dalam air garam selama beberapa menit sebelum tidur. Tambahkan parfume yang Anda sukai pada rendaman air garam. Cara ini terbukti dapat menenangkan jiwa dan membuat tidur lebih pulas.

    terapi air garam

  • Mengurangi gejala flu
    Ion yang ada pada larutan garam dapat melancarkan pernafasan sehingga oksigen yang masuk ke rongga paru bertambah. Oksigen dapat membunuh kuman penyebab flu sehingga gejala flu mereda.

  • Melancarkan sirkulasi darah
    Ion-ion dalam air garam dapat melancarkan peredaran darah, menguatkan otot jantung, serta meningkatkan produksi sel darah merah.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya terapi air garam dilakukan seminggu sekali. Larutkan 2-3 gram garam kristal ke dalam bak mandi, kemudian berendamlah selama 20 menit. Basahi seluruh bagian tubuh, termasuk kepala dan rambut dengan larutan garam. Apabila Anda tidak memiliki bak mandi, silahkan gunakan air garam untuk mandi seperti biasa. Setelah selesai berendam, bilas dengan air tawar hingga seluruh garam hilang dari tubuh.

Meskipun sangat bermanfaat, namun penderita kelainan jantung, kanker, tumor, dan penyakit dengan luka luar lainnya tidak dianjurkan untuk melakukan terapi ini. Pasalnya, air garam akan meningkatkan viskositas darah yang berdampak pada peningkatan tekanan darah. Selain itu, air garam terkenal perih bila mengenai luka luar.

Semoga bermanfaat.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>