Manfaat dan Khasiat Cacing Tanah: Sembuhkan Hipertensi dan Stroke


infomanfaat.com – Bagi sebagian orang cacing tanah merupakan hewan yang menjijikkan. Namun, dibalik tubuh panjang dan berlendir tersebut ternyata tersimpan sejuta manfaat. Cacing tanah dikenal sebagai penggembur tanah, makanan burung, dan digunakan sebagai umpan memancing ikan. Ternyata hewan yang satu ini juga bermanfaat dalam dunia medis dan kesehatan. Apa saja peranannya dalam menjaga kesehatan tubuh kita?

  • Obat penyakit tifus
    Cacing tanah yang telah dibersihkan ternyata dapat menghambat pertumbuhan bakteri salmonella tiphosa yang mengganggu pencernaan manusia. Penderita dapat mengonsumsi air rebusan cacing atau kapsul berisi serbuk cacing yang dicampur madu. Penyembuhan penyakit tifus secara tradisional ini ternyata diakui oleh pakar farmakologi.

  • Obat diare
    Wabah penyakit diare seringkali terjadi di masyarakat. Nah, cacing tanah menjadi salah satu obat tradisional yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Cacing tanah merupakan antibakteri untuk kuman Escherichia colli dan Shigella dysenterica penyebab diare.

  • Melancarkan sirkulasi darah
    Cacing tanah mengandung enzim lumbrokinase yang dapat meluruhkan lemak jahat dalam pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar. Itulah alasan mengapa cacing tanah sering digunakan untuk terapi penderita hipertensi dan stroke.

  • Melancarkan pencernaan
    Cacing tanah mengandung enzim peroksida, katalase, dan selulose yang sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh. Dengan demikian, secara tidak langsung cacing tanah menjadi penyebab lancarnya pencernaan kita.

  • Antipiretik
    Ekstrak cacing tanah mengandung nitrogen dan bersifat basa yang dapat menurunkan demam pada penyakit tertentu seperti tifus. Penggunaan cacing tanah untuk menurunkan panas lebih baik daripada bahan kimia seperti parasetamol yang dapat meninggalkan efek samping. Penelitian di laboratorium IPB telah membuktikan keamanan bahan ini untuk pengobatan.

  • Menenangkan
    Cacing tanah mengandung pheretima yang mempengaruhi kerja sistem saraf. Pheretima membawa efek ketenangan, menghentikan kejang, dan menurunkan nyeri sehingga sangat tepat digunakan untuk obat sakit gigi, nyeri kepala, dan rematik.

  • Meningkatkan energi
    Kandungan taurin dalam cacing tanah dapat meningkatkan metabolisme lemak yang diubah menjadi energi. Efek ini juga bermanfaat bagi perempuan yang ingin berdiet.

  • Menjaga kesehatan kulit
    Cacing tanah juga mengandung alfa-tokoferol yang dapat menjaga elastisitas dan keremajaan kulit.

  • Menyembuhkan luka
    Fungsi ini dijalankan oleh asam arakidonat dalam cacing tanah yang dapat mempercepat pertumbuhan sel-sel baru.

Sebelum dikonsumsi, cacing tanah harus diolah dengan cara yang benar. Mula-mula belah perut cacing, kemudian keluarkan isi perutnya. Setelah itu, cuci bersih dan direbus. Air rebusan itulah yang digunakan untuk obat tradisional. Sekarang ini obat dari cacing tanah dapat diperoleh dengan mudah dalam bentuk kapsul sehingga penderita tidak perlu repot-repot mengolahnya. Pengolahan cacing tanah harus benar-benar bersih agar tidak terjangkit kuman yang bersemayam dalam cacing. Semoga bermanfaat.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>