INFOMANFAAT.COM

Manfaat Rumput Laut

Bagi yang suka mengkonsumsi agar-agar, tentunya mengenal rumput laut. Rumput laut merupakan tumbuhan laut yang kenyal, enak, dan kaya akan serat. Kita juga sering menjumpai rumput laut yang pada aneka masakan Jepang dan Korea seperti lapisan sushi, snack, dan berbagai macam makanan tradisional. Beberapa rumput laut yang dapat dimakan yang paling populer termasuk dalam kombu hijau, hijiki kering hitam, dulse kenyal merah, zamrud wakame, selada laut berdaun berwarna cerah, dan nori panggang hitam. Di sekitar kita pun rumput laut sering ditemui pada sebagai komposisi sup buah atau es campur. Namun, mungkin kita belum terlalu mengaetahui manfaat yang sebenarnya. Berikut adalah 20 manfaat rumput laut:

  • Dibandingkan dengan tumbuhan lain yang tumbuh di daratan, semua makanan dari laut mengandung 10 hingga 20 kali lebih besar untuk vitamin, mineral, dan asam amino. Rumput laut, tentu saja mengandung nutrisi yang lebih besar daripada sayuran yang tumbuh di daratan.
  • Anda penggemar sushi? Nori, lembar sayuran laut gelap yang digunakan untuk membungkus gulungan nasi yang lezat khas Jepang, kandungan protein di dalamnya bisa setinggi 25-50% dari beratnya saat kering – yang tertinggi dari setiap sayuran laut. Makanan mengandung kaya akan vitamin A yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan mata.
  • Yodium alami pada rumput laut adalah cara mudah dan aman untuk mememnuhi kebutuhan diet Anda. Gejala kekurangan yodium meliputi keletihan kronis, kulit yang kering, alergi dingin, dan kelebihan berat badan kelenjar tiroid (gondok). Gejalan ini sama dengan gejala defisiensi kelenjar tiroid. Menurut herbalis berpengalaman, DR. Ryan Drum,menyatakan, Anda harus makan sekitar 40 lbs sayuran segar dan / atau buah-buahan (yang banyak sayuran!) hanya untuk mendapatkan yodium sebanyak yang Anda makan dari 1 gram rumput laut.
  • Manfaat Rumput Laut

  • Lupakan diet dengan mengurangi makan. Satu-satunya cara untuk mengurangi dan mempertahankan berat badan Anda adalah makan makanan yang sehat dah berolahraga. Tumbuhan laut membantu membakar dan melunturkan lemak dari tubuh Anda.
  • Lelah dengan derita alergi yang Anda alami? Sistem imun Anda yang lemah mengakibatkan pilek dan bersin-bersin di pagi hari. Perkuat system imun Anda dengan mengkonsumsi rumput laut tiap hari.
  • Rumput laut sangat kaya akan serat. Usus kita akan bekerja lebih baik ketika mendapat asupan rumput laut setiap hari. Rumput laut membersihkan sistem pencernaan ; meringankan, menawarkan racun, dan dan memelihara permukaan yang tertekan; membantu metabolisme lipid; dan mempertahankan keseimbangan yang sehat pada ragi dan bakteri yang tercerna pada usus.
  • Konsumsi rutin berbagai jenis rumput laut tidak hanya membuat organ kita menjadi lebih sehat, tetapi juga membuat rambut Anda menjadi lebih berkilau dan kulit menjadi bercahaya. Manfaat yang utama dari rumput laut ini, terutama vitamin A.
  • Rumput laut termasuk makanan ringan untuk mengontrol berat badan karena hanya memiliki 5 hingga 20 kalori tiap penyajian dan tidak mengandung lemak. Kandungan seratnya juga menyebabkan rasa kenyang.
  • Peneliti dari Jepang di Universitas Hokkaido menemukan bahwa substansi dari rumput laut yang berwarna coklat yang bernama fucoxanthin membantu mengurangi akumulasi lemak dalam sel tubuh hewan ketika di teiliti di laboratorium—meskipun tidak ada bukti yang hasilnya terbukti pada manusia.
  • Butiran rumput laut telah diuji di Inggris sebagai zat perisa pengganti sodium pada snack dan produk makanan olahan. dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi, yang mengurangi resiko serangna jantung atau stroke.
  • Sodium yang muncul secara alami pada beberapa tipe rumput laut membersihkan badan kita dengan, dibutuhkan oleh kelenjar kita. Sodium itu juga membantu fungsi syaraf dan otot. Ya, garam sangat sehta jika dikonsumsi pada kadar yang sewajarnya.
  • Ketika dikonsumsi sebagai bagian dari menu sehari-hari, rumput laut dapa menyeimbangkan gula darah karena kandungan serat yang mudah larut ini membantu memperlambat tingkat makanan yang tercrna dan terserap dalam aliran darah.
  • Agar-agar merupakan makanan yang terbuat dari rumput laut yang mengandung serat yang gampang dicerna. Ketika dikonsumsi sebagai obat pencahar, agar-agar terlarut dalam air di dalam usus dan diserap. Proses ini menciptakan pergerakan dalam usus yang melacarkan buang air besar.
  • Rumput laut serta ekstrak rumput laut membantu dalam detoksifikasi tubuh.
  • Rumput laut dalam bentuk apapun bermanfaat untuk kesehatan kulit seperti eksim dan psoriasis.
  • Bila ditambahkan ke dalam makanan Anda, ekstrak rumput laut membuat makanan Anda ‘tinggi serat makanan’, yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda dan juga kesehatan secara keseluruhan.
  • Alginat dari rumput laut membantu meningkatkan metabolisme dan dengan demikian, dapat mencegah kenaikan berat badan dari konsumsi tinggi lemak, makanan berkalori tinggi.
  • Rumput laut atau ekstrak rumput laut dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan, membantu tubuh melawan infeksi virus seperti herpes.
  • Seanol, antioksidan kuat dari rumput laut membantu meningkatkan kewaspadaan mental dan energi. Ini menghambat pertumbuhan radikal bebas yang membantu mengurangi kemungkinan pertumbuhan sel kanker.
  • Rumput laut dapat meringankan gejala osteoartritis oleh sekitar 15%. Peningkatan mobilitas dan penurunan nyeri adalah melihat pada pasien arthritis setelah penggunaan rutin ekstrak rumput laut.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>