INFOMANFAAT.COM

Manfaat Lada Hitam

infomanfaat.com – Lada (merica) atau dalam bahasa latin disebut Piper Ningrum L adalah salah satu rempah asli India yang banyak digunakan untuk bumbu dapur. Rasa pedas yang berasal dari piperin pada lada/merica membuatnya menjadi bumbu khas masakan yang juga dicintai masyarakat Indonesia. Berbagai masakan nusantara pun menggunakannya untuk melezatkan rasa masakan. Tahukah Anda bahwa lada ternyata mengandung berjuta manfaat selain sebagai bumbu dapur?

Rasa hangat setelah mengonsumsi makanan berempah menjadi alasan mengapa kebanyakan orang eropa menyukai makanan berempah. Rasa hangat tersebut keluar dari dalam tubuh secara alami. Salah satu rempah yang membuat tubuh menjadi hangat adalah lada (merica). Mengonsumsi lada akan menyebabkan pencernaan dan seluruh tubuh menjadi hangat. Inilah alasan mengapa para ahli medis menyarankan penderita influenza, asma, dan batuk untuk mengonsumsi lada karena rasa hangat tersebut mampu mencairkan dahak dan melegakan hidung tersumbat.

Lada yang dipetik saat tua atau biasa disebut lada hitam mengandung resin pada kulit luarnya. Resin ini tidak terdapat pada lada putih yang dipetik saat matang. Lapisan luar pada lada hitam menyebabkan lada ini mudah untuk disuling menjadi minyak. Minyak lada kemudian digunakan untuk campuran parfum. Semakin banyak minyak lada yang digunakan, maka semakin mahal harga parfum tersebut atau dengan kata lain parfum lada memiliki kelas tinggi.

Apakah Anda pernah mendengar penyakit vitiligo? Penyakit tersebut membuat warna kulit penderita tidak rata; sebagian putih dan gelap pada daerah lain. Penyakit ini membuat seseorang kehilangan percaya dirinya. Nah, bagi Anda yang mengeluhkan warna kulit tidak merata dapat menggunakan kosmetik berbahan dasar lada sebagai salah satu pilihan. Hal ini disebabkan kandungan piperin pada lada dapat mengaktifkan pigmen kulit.

manfaat-lada-hitam

Piperin dalam lada ternyata juga ampuh mengusir lemak. Piperin bekerja menghambat pembentukan sel-sel lemak sekaligus mengurangi kadar lemak dalam darah. Fungsi ini sangat bagus untuk melancarkan peredaran darah. Dengan cara kerja tersebut menandakan bahwa lada dapat menyembuhkan hipertensi dan mencegah penyakit jantung koroner. Selain itu, lada juga bagus untuk dikonsumsi penderita obesitas dan seseorang yang sedang melakukan program diet.

Lada (merica) mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh, diantaranya vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin A. Sedangkan mineral yang terkandung di dalamnya adalah kalium, fosfor, magnesium, dan natrium. Semua jenis vitamin dan mineral tersebut diperlukan tubuh dalam jumlah kecil, namun fungsinya sangat vital. Apabila terjadi kekuarangan salah satunya maka metabolisme tubuh akan terhambat.

Fungsi lain dari lada adalah meningkatkan gairah sesual. Hal ini disebabkan lada dapat memacu adrenalin yang berfungsi meningkatkan aliran darah dari jantung. Lada biasa digunakan untuk mengobati penderita fri gid di t as atau kurang ga ir ah s e* s ual.

Meskipun banyak bermanfaat, namun Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini disebabkan efek samping yang ditimbulkan berupa panas berlebih yang menguras energi dan membuat jantung berdebar-debar. Rasa pedas di mulut akibat terlalu banyak mengonsumsi lada juga sulit dihilangkan. Efek yang lain adalah kemungkinan terjadi diare.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>