Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Alpukat (Avokado) untuk Ibu Hamil

alpukat untuk ibu hamil

infomanfaat.com – Buah alpukat (avokado) termasuk jenis buah yang banyak disukai orang karena rasanya yang nikmat. Tak hanya nikmat, si hijau yang bernama latin Persea americana ini juga memiliki banyak manfaat bagi kita. Buah ini juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil, karena kaya akan asam folat yang sangat baik untuk janin.

Seperti yang kita ketahui bahwa asam folat sangatlah penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat sangat penting bagi pembentukan organ janin dan menghindari timbulnya cacat tulang belakang. Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat menyebabkan timbulnya gangguan Neural Tube Defects (NTD) yaitu gangguan pertumbuhan otak janin akibat kerusakan tabung saraf yang mengakibatkan pertumbuhan janin tidak sempurna. Oleh karena itu, Ibu hamil perlu menjaga kecukupan asam folat agar janin tumbuh sehat dan sempurna.

Selain penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin, asam folat juga bermanfaat langsung bagi ibu hamil yaitu mencegah preeklamsia (pre-eclampsia), anemia, letih, lesu, insomnia, dan depresi. Secara umum, asam folat juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil.

Sebuah alpukat mengandung 114 mikrogram asam folat. Jumlah ini cukup memenuhi 30% kebutuhan asam folat Ibu hamil. Kebutuhan asam folat yang direkomendasikan bagi Ibu hamil setiap harinya sekitar 600 mikrogram, untuk Ibu menyusui sebesar 500 mikrogram, dan untuk perempuan dewasa sekitar 400 mikrogram.

Buah alpukat juga mengandung serat (fiber) yang sangat baik untuk mencegah timbulnya keluhan sembelit (konstipasi) pada ibu hamil. Peningkatan kadar hormon progesteron saat hamil akan mengendurkan otot dinding usus, sehingga memperlambat gerakan usus dan pada akhirnya bisa menyebabkan timbulnya konstipasi.

alpukat untuk ibu hamil

Alpukat juga kaya akan kalium (2-3 kali lebih banyak daripada kalium dalam buah pisang) yang sangat baik bagi ibu hamil. Kalim dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah ibu hamil. Pada beberapa kasus, ibu hamil bisa mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi), dimana kondisi tersebut bisa sangat membahayakan janin yang dikandung. Kalium juga sangat bermanfaat untuk mengurangi (menghilangkan) keluhan kram kaki yang biasa terjadi pada saat hamil.

Kandungan nutrisi lainnya yang juga terdapat dalam buah alpukat adalah vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, niasin, magnesium, zat besi, kalsium, dan fosfor, yang juga bermanfaat bagi ibu hamil.

Vitamin B6 tak hanya membantu pertumbuhan jaringan dan otak bayi (janin), namun juga berkhasiat untuk mengatasi keluhan mual muntah (morning sickness) pada ibu hamil.

Meskipun kaya kandungan gizi, banyak orang yang takut mengkonsumsi buah alpukat karena beranggapan alpukat sangat tinggi lemak.

Padahal sebenarnya, lemak yang terkandung di dalam alpukat merupakan jenis lemak baik yaitu lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Bagi Ibu hamil, lemak diperlukan sebagai penghasil energi.

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan salah satunya adalah buah alpukat. Buah alpukat bisa dinikmati dalam bentuk jus atau pun diolah kedalam bentuk makanan lainnya. Meskipun sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, sebaiknya alpukat tidak dikonsumsi secara berlebihan karena buah ini sangat tinggi kalori.

Semoga bermanfaat.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>