INFOMANFAAT.COM

Manfaat Jahe Untuk Kecantikan

infomanfaat.com – Selama ini kita mengenal jahe sebagai tanaman rempah atau tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur dan bahan obat-obatan tradisional. Aromanya yang harum serta rasa hangat yang ditimbulkan saat mengonsumsinya menjadi ciri khas yang melekat pada jahe. Selain banyak digunakan sebagai obat herbal, jahe juga dipercaya memiliki manfaat untuk kecantikan. Apalagi bila dipadu-padankan dengan bahan-bahan alami lainnya.

Beberapa manfaat jahe untuk kecantikan adalah sebagai berikut:

Untuk Kecantikan Rambut

  1. Mengatasi ketombe
    Rambut yang berketombe pada akhirnya bisa menyebabkan rambut patah dan rapuh. Sebelum mengalami kebotakan karena adanya ketombe, sebaiknya lakukan perwatan sederhana secepatnya menggunakan jahe. Caranya, ambil 2-3 rimpang jahe dan kupas keseluruhan kulitnya. Potong jahe menjadi beberapa bagian kecil dan cacah sedikit ujung-ujungnya. Lalu gosoklah ujung jahe yang dicacah tersebut kekulit kepala. Lalu bilas dengan air jahe hangat.

  2. Menguatkan akar rambut
    Punya masalah dengan akar rambut yang tidak kuat hingga membuat rambut mudah sekali rontok? Selain penggunaan gingseng, jahe juga bisa dijadikan alternatif penguat akar rambut. Caranya, gunakan rebusan air jahe yang telah hangat sebagai air untuk keramas. Selanjutnya gunakan shampoo seperti biasa. Metode seperti ini telah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat di Tiongkok, Cina dan mereka telah mendapatkan hasil terbaik untuk rambut.

  3. Melembutkan rambut
    Bila Anda pemilik rambut kasar dan kusam, bisa mencoba perawatan melembutkan rambut menggunakan jahe. Kandungan minyak atsiri dalam jahe terbukti berkhasiat untuk melembutkan sekaligus mangharumkan rambut. Bila dipadukan dengan minyak zaitun, maka khasiat minyak atsiri dalam jahe semakin baik. Caranya, buat perasan jahe sebanyak 3 sendok makan dan dicampur minyak zaitun sebanyak 3 sendok makan pula (sesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan panjang pendeknya rambut). Aduk hingga merata, lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 25 menit dan keramaslah seperti biasa, lakukan 2 kali seminggu.

manfaat-jahe-untuk-kecantikan

Untuk Kecantikan Tubuh

  1. Merawat pa y u d a ra
    Memiliki p a y u d a r a kendur tentu membuat wanita menjadi minder. Manfaatkan jahe sebagai salah satu bahan perawatan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengencangkan p a y udara. Caranya, parutlah dua ruas jahe yang telah dikupas bersih. Lalu campurkan parutan jahe dengan susu segar. Konsumsi susu parutan jahe tersebut 2x sehari pada malam dan siang.

  2. Melangsingkan perut
    Perut buncit akibat timbunan lemak atau sehabis melahirkan bisa dirampingkan dengan cara alami menggunakan jahe. Caranya, ambil 3 sendok makan beras, tumbuk halus, lalu keringkan selama 3 jam. Rebus 125 gram gula merah, satu ruas kunyit berukuran kecil, satu sendok makan asam, 2 ruas jahe yang telah dipotong-potong dan daun pandan. Saring ampas ramuan tersebut. Campurkan ramuan tersebut dengan bubuk beras yang telah dikeringkan tadi. Tambahkan garam secukupnya. Minum ramuan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika kurang manis bisa ditambahkan gula.

  3. Menghilangkan bau pada kaki
    Kaki yang bau biasanya disebabkan karena adanya jamur yang tidak terlihat. Untuk menghilangkan bau pada kaki, pilihlah jahe sebagai bahan alami pengobatannya. Caranya cukup mudah, rebus beberapa ruas jahe dalam satu panci air. Tunggu hingga air rebusan jahe tersebut hangat. Setelah hangat, tambahkan 2 sdm garam dan 1 sdm cuka. Rendamlah kaki Anda ke dalamnya selama kurang lebih 15 menit hingga air tidak lagi hangat. Setelah selesai, keringkan kaki dan taburkan talcum powder. Cara seperti itu sering digunakan di tempat-tempat yang memberi pelayanan refleksi untuk kaki.

Untuk Kecantikan Wajah

  1. Menghaluskan kulit wajah
    Siapapun pasti ingin memiliki kulit wajah yang halus, terutama wanita. Perawatan wajah alami yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan manfaat ekstra jahe dan buah delima. Jahe berfungsi menenangkan dan membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah, sementara vitamin C pada delima bisa menghaluskan kulit. Cara yang bisa Anda lakukan adalah ambil dua sendok makan parutan jahe, campur dengan perasan dari satu buah delima. Oleskan pada wajah, biarkan 20 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan 2 hari sekali.

  2. Mengatasi jerawat
    Semua orang pasti pernah merasakan tumbuhnya jerawat di kulit wajah. Jangan khawatir! Jerawat bisa dibasmi menggunakan jahe. Caranya, cuci wajah menggunakan air rebusan jahe yang telah hangat pada waktu pagi dan malam hari. Lakukan rutin selama 60 hari, pertumbuhan jerawat dijamin akan berkurang. Cara ini bisa pula digunakan untuk mengurangi bintik-bintik hitam (flek) pada wajah.

  3. Menormalkan kulit berminyak
    Minyak alami pada kulit wajah memang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit wajah itu sendiri. Tapi bila kadarnya berlebih, kulit wajah jadi terlihat kusam dan kotor. Jehe adalah salah satu bahan alami yang sangat bagus untuk mengurangi minyak pada wajah. Apalagi bila dipadukan dengan kayu manis, garam laut, dan pala. Caranya, ambil garam laut, jahe yang sudah diparut, bubuk kayu manis dan pala bubuk. Semua bahan ditakar sebanyak satu sendok teh. Campur menjadi satu dan tambahkan air secukupnya hingga adaonan mirip pasta/masker. Oleskan pada wajah, biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

  4. Mencegah penuaan dini
    Tanda-tanda yang bisa Anda lihat bila kulit mengalami penuaan dini adalah kulit terasa kasar, timbul garis-garis halus, kering, kusam, dan bila diraba terasa seperti bersisik. Cobalah melakukan perawatan rutin menggunakan campuran jahe, kopi, alpukat, dan minyak daun kayu manis. Caranya mudah, campur satu cangkir bubuk kopi, setengah cangkir minyak alpukat atau buah alpukat yang sudah dihancurkan, satu sendok teh jahe yang sudah diparut dan beberapa tetes minyak daun kayu manis. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Oleskan ramuan itu keseluruh tubuh, sambil dipijat melingkar. Bilas dengan air hingga bersih, lakukan dua sampai tiga kali seminggu.

Selamat mencoba dan temukan hasil terbaik untuk kecantikan seluruh raga Anda.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>