Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Obat Herbal

Jeruk nipis sebagai obat herbal

infomanfaat.com – Nama jeruk nipis (Citrus aurantifolia) sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sejenis tumbuhan perdu yang kaya kandungan senyawa kimia seperti asam sitrat, asam amino (triptofan dan lisin), minyak atsiri (limonene, linalin assetat, geranil asetat, fellandren, sitral, lemon kamfer, kadinen, aktialdehid, dan anildehid), vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Banyak penelitian telah membuktikan ragam manfaat dari buah jeruk nipis. Oleh sebab itu, seringkali jeruk nipis digunakan sebagai obat herbal. Tak hanya buahnya saja yang berkhasiat, melainkan akar dan daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Apa saja manfaat jeruk nipis sebagai obat herbal?

  1. Jeruk nipis sebagai obat ambien/wasir
    Ambeien/wasir (hemorhoid) adalah sejenis penyakit yang terjadi pada anus di mana bibir anus mengalami bengkak yang kadang disertai pendarahan. Untuk pengobatan ambien menggunakan jeruk nipis bisa dilakukan dengan cara:
    Ambil sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis. Cuci terlebih dahulu hingga benar-benar bersih, lalu rebus akar jeruk nipis tersebut dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Minum air tersebut hangat-hangat 3 kali sehari.

  2. Jeruk nipis sebagai obat batu ginjal
    Penyakit batu ginjal merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya proses pembentukan benda keras seperti batu di dalam ginjal atau bisa juga di dalam saluran kemih. Untuk pengobatan batu ginjal menggunakan jeruk nipis bisa dilakukan dengan cara:

    Peras dua buah jeruk nipis, kemudian campurkan dengan segelas air hangat. Minum secara rutin setelah makan malam. Khasiatnya akan terasa kurang lebih 10 hari kemudian.

  3. Jeruk nipis untuk megencangkan perut pasca melahirkan
    Pasca melahirkan, perut wanita akan mengalami pengenduran diakibatkan perenggangan yang terjadi selama kehamilan. Bila tidak dilakukan perawatan, perut akan menggelambir dan berkerut. Manfaatkan jeruk nipis untuk menjaga kekencangan kulit perut dengan cara:

    Jeruk nipis sebagai obat herbal

    Peras dua buah jeruk nipis, ambil airnya, tampung dalam wadah mangkuk. Lalu beri satu sendok makan kapur sirih dan dua sendok makan minyak kayu putih. Aduk ketiga bahan tersebut hingga rata dan balurkan pada perut seperti menggunakan lulur. Lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi untuk mendapatkan perut yang kencang dan halus seperti sediakala.

  4. Jeruk nipis sebagai obat vertigo
    Vertigo adalah sakit kepala hebat yang membuat penderitanya merasa pusing dan berputar-putar. Pada tingkat keparahan tertentu, vertigo bisa menyebabkan penderitanya pingsan. Ada satu metode penyembuhan vertigo dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya, ambil 15-20 daun jeruk nipis. Cuci bersih dan giling halus. Setelah itu, tambahkan satu sendok makan perasan air jeruk nipis. Aduk rata dan gunakan sebagai parem/obat gosok pada bagian dahi, pelipis dan tengkuk. Lakukan rutin 2x sehari.

  5. Jeruk nipis sebagai obat kulit
    Penyakit kulit rupanya juga bisa diobati dengan jeruk nipis. Penyakit kulit yang bisa disembuhkan dengan jeruk nipis diantaranya adalah panu dan kurap. Caranya:

    Ambil 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L), cuci hingga bersih dari sisa-sisa tanah. Lalu tumbuk hingga halus. Setelah halus, tambahkan air perasan jeruk nipis yang diambil dari satu buah jeruk nipis saja. Aduk rata dan jadikan lulur pada bagian tubuh yang berpanu/berkurap. Agar lulur terserap dengan baik melalui pori-pori kulit, sebaiknya setelah dibalur segera tutup dengan perban. Ganti perban 2x sehari. Bila rutin dilakukan, panu dan kurap akan hilang dalam hitungan satu minggu saja.

  6. Jeruk nipis sebagai obat penambah stamina
    Sering merasa lesu atau kurang bertenaga, cobalah manfaatkan jeruk nipis sebagai obat penambah stamina. Lakukan dengan cara:

    Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

  7. Jeruk nipis sebagai penurun berat badan
    Berat badan yang berlebih bisa memicu timbulnya penyakit-penyakit kronis dalam tubuh seperti diabetes, jantung, dan stroke. Oleh sebab itu, sangat baik bila berat badan tetap proporsional. Penggunaan jeruk nipis sebagai penurun berat badan terbukti ampuh. Caranya:

    Campurkan air perasan jeruk nipis ke dalam secangkir teh hijau. Minum 2x sehari, pagi dan sore. Lakukan rutin setiap hari.

  8. Jeruk nipis sebagai obat terkilir
    Manfaat jeruk nipis dalam pengobatan herbal lainnya adalah untuk menyembuhkan bagian tubuh yang terkilir. Caranya:

    Tiga buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. Rendam jeruk tersebut ke dalam poci lalu seduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian tutup beberapa saat hingga air dalam poci dingin. Setelah dingin, diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. Setelah itu, minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

  9. Jeruk nipis sebagai obat radang tenggorokan dan batuk
    Radang tenggorokan dan batuk terasa sangat menyiksa bila dibiarkan berlarut-larut. Sebelum tubuh Anda terkena obat-obatan kimia, sebaiknya gunakan dulu cara herbal berikut ini:

    Peras 3-4 buah jeruk nipis, campurkan bersama air hangat. Untuk mengurangi rasa kecut, tambahkan satu sendok makan madu ke dalam campuran air jeruk nipis. Minum sedikitnya 3x sehari.

  10. Jeruk nipis sebagai obat demam
    Seringkali demam datang tiba-tiba. Apalagi untuk usia anak-anak. Untuk pertolongan pertama menurunkan demam, gunakan jeruk nipis dengan cara:

    Tambahkan perasan satu buah jeruk nipis pada bawang merah yang sudah digiling kasar. Lalu, beri satu sendok teh minyak kelapa pada campuran tersebut. Lumuri campuran bahan-bahan tersebut pada kepala penderita demam seperti Anda sedang mengompres.

  11. Jeruk nipis untuk mengatasi radang amandel
    Radang pada amandel seringkali menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada tenggorokan. Radang amandel disebabkan karena adanya infeksi yang terjadi pada amandel dan mengakibatkan sakit tenggorokan dan demam. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan jeruk nipis, caranya: 3 buah jeruk nipis, ambil kulitnya lalu cuci bersih. Potong-potong kulit jeruk nipis, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa ¾ bagian. Saring air dan buang kulit jeruk nipis (ambil airnya saja). Gunakan air tersebut untuk berkumur sebanyak 3 – 4 kali sehari.

  12. Jeruk nipis sebagai obat untuk menghentikan kebiasaan merokok
    Para perokok berat sangat sulit menghentikan kebiasaan merokoknya. Meskipun sudah diganti dengan makan permen, tapi justru keinginan merokok akan timbul kembali. Mengapa demikian? Itu terjadi karena racun nikotin pada rokok sudah tertinggal pada lidah perokok berat. Itu sebabnya tidak bisa digantikan dengan hanya makan permen saja. Cara yang tepat bisa Anda coba adalah menghisap irisan jeruk nipis. Air dan bulir-bulir jeruk nipis akan mengikis sisa-sisa racun nikotin pada lidah. Sehingga, lidah Anda pun terasa segar kembali.

Nah, demikian beberapa manfaat jeruk nipis yang bisa dijadikan obat herbal dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada salahnya untuk dicoba. Semoga bermanfaat.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>