Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Manusia

Manfaat Kulit Manggis
sumber gambar: www.healthyfellow.com

infomanfaat.com – Manggis (Garcinia mangostana, L) diyakini sebagai salah satu tanaman buah asli Indonesia. Memiliki buah dengan bentuk yang sangat unik. Buah berkulit tebal, berwarna keunguan hingga merah keunguan ketika matang. Sementara kulit buah muda berwarna putih kehijauan.

Selain bentuk buahnya yang unik dan eksotik, manggis juga disenangi karena rasanya yang manis dan segar. Buah manggis memiliki tekstur daging buah yang putih dan halus. Tersembunyi di balik kulit buah yang tebal. Mengingat keistimewaan dan keunggulannya tersebut, manggis sering dijuluki sebagai ratunya buah-buahan daerah tropis (Queen of Tropical Fruits)

Selain daging buahnya yang manis dan menggiurkan lidah, buah manggis juga dikenal karena keunggulan manfaat kulit buahnya. Secara keseluruhan sebenarnya buah manggis bermanfaat. Namun, ternyata kulit buahnya memiliki manfaat lebih.

Manfaat Kulit Buah Manggis Untuk Pengobatan

Diketahui, manfaat kulit manggis paling utama adalah sebagai bahan obat-obatan tradisonal untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit serius. Bahkan, disebutkan bahwa manfaat kulit buah manggis ini mencapai 75 manfaat.

Berikut adalah beberapa manfaat dan cara pengolahan kulit buah manggis:

[list style=”list6″ color=”magenta”]

  • Mengobati disentri

    Untuk mengobati disentri kulit buah manggis dapat dibuat ramuan sebagai berikut:
    Ambil kulit dua buah manggis, cuci bersih kemudian dipotong-potong. Rebus potongan kulit buah manggis tersebut dengan empat gelas air hingga volume air rebusannya tinggal setengah. Angkat, dinginkan kemudian saring air rebusannya. Jika mau Kamu bisa menambahkan sedikit madu ke dalam air rebusan tersebut. Minum ramuan ini setiap dua kali sehari secara rutin. Dan lihat hasil pengobatannya setelah beberapa hari kemudian.

  • Menyembuhkan diare

    Seperti halnya untuk pengobatan penyakit disentri. Langkah-langkah membuat ramuan obat penyembuh diare pun hampir sama. Hanya saja volume air rebusannya lebih sedikit, cukup tiga gelas saja.

  • Mengobati sariawan

    Demikian juga halnya dengan ramuan untuk mengobati sariawan. Hanya saja untuk mengobati sariawan, air rebusan kulit manggis tidak diminum. Melainkan hanya digunakan untuk berkumur-kumur. Berkumur-kumur dilakukan sebanyak tiga hingga enam kali dalam sehari.

  • Manfaat Kulit Manggis

    sumber gambar: www.healthyfellow.com

  • Menghambat perkembangan jamur dan bakteri

    Berdasarkan hasil sejumlah penelitian laboratorium diketahui bahwa kulit buah manggis memiliki daya anti mikroba terhadap berbagai jenis bakteri. Selain itu, menurut Prof. Dr. H. R. Sidik, salah seorang guru besar Fakultas MIPA Universitas Padjajaran Bandung, kulit buah manggis juga bersifat anti jamur.

  • Menghambat perkembangan sel kanker

    Ini adalah manfaat kulit buah manggis yang paling populer akhir-akhir ini. Kulit buah manggis diketahui mengandung banyak senyawa kimia alami yang bermanfaat bagi dunia pengobatan herbal. Hingga saat ini masih terus berlangsung penelitian mengenai manfaat kulit buah manggis dalam menghambat perkembangan sel-sel kanker ini.

[/list]

Salah satu senyawa kimia alami yang terkandung dalam kulit buah manggis adalah senyawa xanthone. Dari berbagai penelitian diketahui bahwa senyawa ini bersifat anti diabetes, anti radang, anti kanker, anti bakteri, anti jamur, antioksidan dan berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengingat banyaknya manfaat kulit buah manggis ini bagi kesehatan, sekarang banyak kulit buah manggis banyak dikembangkan dalam bentuk sirup. Jika Anda bertemu dengan sirup xanthone, maka itu tidak lain adalah sirup yang dihasilkan dari pengolahan kulit buah manggis. Sirup ini dikenal kaya akan antioksida alami yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Selain dalam bentuk sirup, kulit buah manggis juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus kulit manggis.

Warning dalam Mengkonsumsi Kulit Buah manggis

Perlu diketahui bahwa kulit buah manggis selain mengandung senyawa alami bermanfaat juga mengandung beberapa senyawa alami yang perlu diwaspadai. Adalah kulit buah manggis mengandung kadar resin, tanin, serat kasar dan beberapa komponen kimia lain yang tidak dapat dicerna oleh pencernaan jika hadir dalam kadar yang tinggi. Hal ini berpotensi menimbulkan gangguan pada kesehatan pada organ-organ dalam tubuh seperti hati dan ginjal.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal negatif yang tidak diinginkan dalam mengkonsumsi kulit buah manggis ini, sebaiknya Anda mengkonsumsi sirup xanthone atau produk olahan kulit buah manggis lainnya yang sudah jadi dan mendapat label izin Departemen Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Namun demikian, jika pun terpaksa harus membuat sendiri sebaiknya menggunakan takaran kulit buah manggis yang direkomendasikan atau lebih rendah dari itu. Sehingga dampak negatif dari zat-zat yang tidak diinginkan tersebut dapat diminimalisir.

Demikian sekilas info tentang manfaat kulit buah manggis bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dalam upaya untuk meningkatkan taraf kesehatan keluarga dengan pengobatan herbal.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>