Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Wanita

Manfaat jeruk nipis untuk merawat kecantikan wanita

infomanfaat.com – Setiap wanita selalu mendambakan kecantikan ada pada dirinya. Itu sebabnya, banyak wanita yang tidak sungkan-sungkan menguras isi dompet demi mendapatkan perawatan kecantikan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Padahal, perawatan kecantikan itu tidak harus identik dengan kata mahal. Justru, kita bisa memanfaatkan beberapa bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Salah satu contohnya adalah buah jeruk nipis.

Siapa yang tidak kenal dengan jeruk kecil berwarna hijau dan kekuning-kuningan ini? Hampir semua orang menyertakannya sebagai pelengkap bahan racikan makanan, minuman segar, obat dan bahkan untuk kecantikan pula. Meskipun ukurannya tidak melebihi ukuran bola pingpong, namun khasiatnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan aktivitas antioksidannya yang lebih baik dibanding jeruk-jeruk lainnya, bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan wanita.

Beberapa manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk kecantikan adalah:

  • Jeruk nipis untuk kecantikan wajah
    Beberapa manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk perawatan kulit wajah adalah untuk menghaluskan kulit wajah, mengecilkan lubang pri-pori pada wajah hingga partikel debu tidak mudah mengendap pada kulit. Jeruk nipis juga berkhasiat untuk mengurangi jerawat, memutihkan kulit secara alami, menyegarkan kulit wajah, dan mengatasi masalah kulit wajah yang berminyak.

    Jeruk nipis sendiri bisa digunakan dalam bentuk masker yang dicampur dengan minyak zaitun dan madu. Caranya, satu sendok makan perasan jeruk nipis, dicampur dengan satu sendok makan madu. Lalu beri 1 – 2 tetes minyak zaitun di dalamnya. Balurkan masker ke seluruh wajah, dan biarkan hingga agak kering lalu bilas bersih. Bila tidak ingin repot, jeruk nipis yang sudah dibelah bisa langsung diusapkan pada kulit disertai pijatan memutar 180 derajat.

    Dalam bentuk masker atau tidak, uji coba dilakukan di RS Cipto Mangunkusumo oleh dr. Irma Bernadette Simbolon MD, menyatakan bahwa mengonsumsi jeruk nipis secara rutin memberi efek positif untuk mencerahkan wajah.

  • Jeruk nipis untuk kecantikan rambut
    Rambut adalah mahkota utama wanita. Keindahan rambut akan memancarkan aura kecantikan wanita itu sendiri. Rambut yang indah tentu rambut yang bebas ketombe, berkilau, dan lentur alami. Untuk mendapatkan rambut yang senantiasa indah seperti itu, jeruk nipis pun bisa diandalkan. Caranya, ambil 3-4 jeruk nipis lalu belah menjadi 4 bagian untuk memudahkan Anda mengoleskan daging jeruk nipis pada kulit kepala. Sambil dioles, usahakan juga melakukan pijatan pada kulit kepala agar air jeruk nipis terserap sempurna. Bungkus kepala dengan handuk dan biarkan semalaman baru dibilas hingga bersih. Metode seperti ini akan membantu masalah kerontokan rambut serta ketombe yang sulit dihilangkan.

    Manfaat jeruk nipis untuk merawat kecantikan wanita

    Sementara itu, untuk membuat rambut senantiasa berkilau/tidak kusam, silahkan menggunakan masker rambut jeruk nipis. Caranya, perasan jeruk nipis (banyaknya disesuaikan dengan panjang pendeknya rambut), lalu beri tambahan madu 2 sendok makan, atau kuning telur. Balurkan pada batang rambut. Tunggu setengah jam, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Ingat, jangan gunakan masker campuran jeruk nipis, madu dan kuning telur ini pada kulit kepala, karena akan menimbulkan reaksi kulit kepala yang mudah berminyak nantinya.

  • Jeruk nipis untuk kecantikan kuku
    Ingin mendapatkan kuku yang mengkilat alami dan tidak mudah patah? Lakukan perawatan menggunakan jeruk nipis dan bawang putih. Caranya, gosok kuku dengan jeruk nipis dan biarkan selama satu jam. Setelah itu, lanjutkan dengan menggosokkan potongan bawang putih yang sudah dicacah halus pada bagian atasnya. Biarkan hingga setengah jam, baru kemudian dicuci hingga bersih. Temukan buktinya, kuku bening mengkilat dan tidak mudah patah.

  • Jeruk nipis untuk bentuk tubuh yang indah
    Nah, ini yang paling diidam-idamkan banyak wanita di muka bumi ini. Bentuk tubuh yang indah, ramping dan proporsional. Bila ingin mendapatkan tubuh yang singset dan tidak gampang gemuk, rajin-rajinlah mengonsumsi minuman berbahan jeruk nipis. Usahakan untuk tidak mencampurnya dengan pemanis. Rasanya memang kecut dan kelat, tapi demi mendapatkan bentuk tubuh yang indah, kami yakin Anda bersedia menerapkannya. Saran kami, usahakan rutin mengonsumsi minuman sari jeruk nipis sekali dalam sehari. Jumlah berlebihan juga tidak dianjurkan karena dikhawatirkan akan menimbulkan nyeri lambung/usus.

Demikian ragam manfaat yang diberikan jeruk nipis untuk kecantikan. Semoga Anda semakin cantik dari hari ke hari. Selamat mencoba.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>