Konsumsi Telur Ayam Membawa Manfaat

Manfaat Telur Ayam
sumber gambar: rsc.org

informanfaat.com – Telur ayam dikenal sebagai sumber protein hewani yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan gizinya yang tinggi mampu diserap dengan baik oleh tubuh. Telur ayam umumnya dikonsumsi sebagai lauk pauk, namun tidak jarang juga digunakan sebagai bahan pembuat minuman dan kue.

Secara umum telur ayam diketahui mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan protein, vitamin dan mineralnya yang cukup beragam sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, telur juga mengandung kolesterol pada bagian kuning telurnya. Satu butir telur diketahui mengandung 212 mg kolesterol. Namun demikian, kandungan kolesterol pada kuning telur ini tidak perlu membuat Anda takut mengkonsumsi telur. Mengapa? Karena konsumsi 2-3 telur ayam per hari terbukti tidak berbahaya bagi kesehatan manusia. Kandungan lemak (kolesterol) yang terdapat pada telur ayam termasuk kolesterol ‘baik’ (HDL) yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

Nah, adapun manfaat telur ayam bagi kesehatan tubuh manusia diantaranya yaitu:

Manfaat Telur Ayam dalam Menyehatkan Mata

Telur diketahui mengandung karetonoid yang cukup tinggi, terutama bagian kuning telurnya. Zat karotenoid yang terkandung dalam telur ayam antara lain lutein dan zeaxanthin. Zat ini diketahui bermanfaat bagi kesehatan mata khususnya dalam mengurangi resiko penyebab AMD (agerelated macular degeneration).

Telur Ayam sebagai Sumber Gizi yang Sangat Baik

Telur ayam juga terbukti sebagai sumber gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah beberapa kandungan gizi atau nutrisi yang terdapat dalam telur ayam, yaitu:

  • Protein hewani yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Satu butir telur ayam diketahui mengandung 6 gram protein.
  • Sejumlah vitamin yang penting bagi tubuh seperti vitamin A, B, D, E dan K.
  • Mineral penting seperti kolin, selenium, yodium, fosfor, besi, dan seng.
  • Antioksidan yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Senyawa karotenoid yang penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata.

Telur Ayam bermanfaat dalam Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Ini merupakan manfaat penting mengkonsumsi telur ayam bagi kesehatan tubuh. Hasil studi di Biological and Pharmaceutical Bulletin menyebutkan bahwa kuning telur kaya akan zat-zat yang berpotensi untuk menghambat penggumpalan darah dalam pembuluh darah yang dapat memicu serangan jantung. Hal tersebut disebabkan oleh kuning telur yang berperan penting dalam memperpanjang waktu yang dibutuhkan untuk mengubah fibrinogen menjadi benang fibrin, sehingga proses penggumpalan darah dapat dicegah. Efek ini sangat tergantung pada kuantitas seseorang dalam mengkonsumsi telur. Semakin banyak maka pengaruh atau efek pencegahan pengentalan darah yang dapat dilakukan semakin kuat.

Mengobati Jerawat

Putih telur diketahui berkhasiat untuk mengobati jerawat, menghilangkan bekas jerawat dan mengangkat komedo dari pori-pori kulit. Caranya sangat sederhana yaitu dengan mengoleskan putih telur ke permukaan wajah seperti menggunakan masker wajah. Diamkan hingga kering, kemudian angkat dan bersihkan.

Semoga bermanfaat…


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>