Manfaat dan Khasiat Sarang Burung Walet Bagi Kesehatan

sarang burung walet

infomanfaat.com – Dunia pengobatan tradisional meyakini bahwa sarang burung walet memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan manusia. Keyakinan akan besarnya manfaat dan khasiat sarang burung walet diperkuat oleh fakta tingginya nilai gizi yang terkandung dalam sarang burung walet. Sarang burung walet kaya akan antioksidan, tinggi kandungan protein, asam amino, dan 6 hormon penting bagi manusia, diantaranya adalah testosteron dan stradiol. Para peneliti juga meyakini bahwa sarang burung walet juga mengandung karbohidrat dan sejumlah kecil lipid (lemak).

Nutrisi (Kandungan Gizi) Sarang Burung Walet
Dalam 100 gram sarang burung walet, terkandung:

– 49.9 gr protein (termasuk nitrogen amido, nitrogen monoamina, non-amino nitrogen, argini, humin, histidin, lisin, dan sitein)

– 30.6 gr karbohidrat (glikoprotein dan musin)

– 4.9 gr zat besi

– 2.5 gr garam anorganik (termasuk kalium, kalsium, natrium, magnesium, belerang, fosfor, silika, dan garam mineral lainnya)

– 1.4 gr serat

Manfaat dan Khasiat Sarang Burung Walet
sarang burung walet

Khasiat sarang burung walet sudah cukup terkenal di dunia. Sarang burung walet yang terbentuk dari air liur burung walet yang mengering ini sudah dikonsumsi sejak 1000 tahun yang lalu oleh bangsa Cina. Karena khasiat sarang burung walet yang luar biasa, lama-kelamaan konsumsinya semakin meluas, hingga kini, banyak masyarakat di berbagai belahan dunia banyak yang memanfaatkannya sebagai suplemen kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat sarang burung walet bagi tubuh kita:

  1. Penelitian menunjukkan sarang burung walet kaya asam amino dan antioksidan, dua zat yang dapat melawan radikal bebas.
  2. Sarang burung walet mengandung 200 glikonutrien yang berfungsi untuk meningkatkan reproduksi dan regenerasi sel-sel tubuh.
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Meningkatkan nafsu makan.
  5. Membantu memperkuat paru-paru dan ginjal.
  6. Mencegah kanker dan membantu pengobatan pasien penderita kanker.
  7. Meningkatkan fungsi jantung.
  8. Mampu menurunkan tekanan darah sehingga juga baik bagi penderita hipertensi.
  9. Mengatur pasokan cairan dalam tubuh.
  10. Membantu memulihkan dan meredakan berbagai penyakit seperti batuk, asma, influenza, dan infeksi tenggorokan.
  11. Bagi ibu hamil, sarang burung walet juga bermanfaat yaitu dapat membantu meningkatkan kesehatan dan antibodi ibu dan janin. Baik juga untuk menjaga kesehatan ibu yang baru saja melahirkan (pasca melahirkan).
  12. Sarang burung walet juga baik bagi kulit karena kaya akan kolagen. Sarang burung walet juga dapat membantu produksi Epidermal Growth Factor (EGF) yang bisa mencerahkan kulit.

    Konsumsi sarang burung walet secara rutin dapat membuat kulit menjadi kencang dan terlihat lebih cerah. Sarang burung walet juga mampu mencegah terjadinya proses penuaan dini (menjaga kulit agar terlihat lebih awet muda), ini berarti sarang burung walet bermanfaat untuk menjaga kecantikan wanita.

  13. Manfaat sarang burung walet bagi anak-anak apabila dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meskipun begitu, sebaiknya orang tua lebih berhati-hati lagi bila ingin memberikan sarang burung walet ke anak usia di bawah satu tahun. Disarankan untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter karena dikhawatirkan bisa menimbulkan reaksi alergi, meskipun kemungkinannya cukup kecil.

Sarang burung walet bisa dikonsumsi sebagai minuman atau diolah dalam bentuk sup yang enak. Selain sehat dan bergizi, juga nikmat dan segar untuk disantap. Meskipun sangat bermanfaat, namun tidak banyak orang yang bisa mengonsumsi sarang burung walet, karena sarang burung walet termasuk jenis makanan yang mahal. Selain karena nilai gizinya yang tinggi, proses pembuatan produk sarang burung walet yang berkualitas yang diambil dari air liur burung walet ini juga masih terbilang cukup sulit.


loading...

You Might Also Like

One comment

  1. 1

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>