Manfaat Astaxanthin, suatu Antioksidan Poten

Manfaat Astaxanthin
sumber: www.intravision.no

infomanfaat.com – Astaxanthin merupakan senyawa terpenoid yang termasuk ke dalam zat warna atau pigmen yang memiliki warna merah. Pada saat ini, produksi astaxanthin di dunia diperoleh dari mikroalga hijau Haematococcus pluvialis dengan kandungan yang berkisar antara 0.2 – 2.0% dari bobot kering. Beberapa negara di Eropa dan Amerika serikat telah menyetujui penggunaan Astaxanthin sebagai suplemen makanan untuk dikonsumsi oleh manusia. Astaxanthin sebenarnya merupakan senyawa golongan karotenoid layaknya beta-karoten, lutein ataupun zeaxanthin, namun astaxanthin memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan senyawa karotenoid lainnya, yaitu:

  • Potensinya sebagai antioksidan sangat tinggi, yaitu 10 kali lebih kuat daripada beta-karoten dan 500 kali lebih kuat dibanding dengan alfa-tokkoferol atau vitamin E.
  • Lebih stabil dibanding dengan senyawa karotenoid yang lain.
  • Dapat dengan mudah melewati blood brain barrier (barrier di otak).
  • Sangat potensial sebagai agen pewarna.

Berikut ini beberapa manfaat Astaxanthin:

  • Sebagai Antioksidan

    Seperti telah dijelaskan di atas bahwa kemampuan astaxanthin sebagai antioksidan atau dalam menetralisir radikal bebas jauh melebihi senyawa antioksidan yang lain yang selama ini kita kenal, seperti vitamin C, vitamin E, ataupun beta-karoten. Khasiatnya tersebut membuat astaxanthin menjadi senyawa aktif bernilai tinggi, sebagai antioksidan yang poten astaxanthin memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan.

  • Manfaat Astaxanthin

    sumber: www.intravision.no

  • Mencegah oksidasi LDL

    Sifat astaxanthin ini membuatnya berkhasiat dalam mencegah terjadinya arteriosklerosis, yaitu suatu kondisi terjadinya penyempitan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di otak. Selain itu, astaxanthin juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

  • Meningkatkan produksi antibodi

    Dalam uji invitronya pada sel tikus dan pada sel darah merah manusia, astaxanthin terbukti mampu meningkatkan produksi antibodi. Hal tersebut mengindikasikan bahwa astaxanthin bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh manusia. Astaxanthin berkhasiat dalam meningkatkan pelepasan interleukin-1 dan faktor-alfa tumor necrosis pada tikus. Efek astaxanthin tersebut jauh melebihi efek yang ditimbulkan oleh canthaxanthin dan beta-karoten.

  • Mencegah Kanker

    Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa astaxanthin secara signifikan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada saluran kemih, langit-langit mulut dan pada usus besar tikus.

  • Memiliki efek antiinflamasi

    Saat astaxanthin diberikan bersama dengan aspirin diketahui bahwa kombinasi tersebut berkhasiat dalam mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan. Atas dasar hal itu, sediaan oral yang mengandung aspirin dan astaxanthin berhasil dikembangkan.

  • Manfaat Astaxanthin sebagai pakan ikan

    Pakan ikan salmon yang mengandung astaxanthin tidak hanya esensial dalam meningkatkan kadar karotenoid pada ikan, namun juga esensial dalam perkembangan dan ketahanan ikan salmon juvenil.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat astaxanthin yang lain yang pada umumnya erat kaitannya dengan kemampuan astaxanthin sebagai antioksidan poten.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>