Manfaat Wortel bagi Kesehatan

Manfaat Wortel

infomanfaat.com – Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang telah banyak dikonsumsi oleh masyarakat baik di Indonesia maupun di dunia. Sayuran yang dikenal sebagai makanan favorit dari tokoh kartun Bugs Bunny ini dapat dikonsumsi dalam bentuk makanan atau minuman yang berbeda seperti acar, jus, tumis, dan masih banyak lagi. Mengonsumsi wortel tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan mengingat wortel merupakan sayuran dengan kandungan nutrisi yang cukup kaya seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, vitamin K, potasium, dan lain-lain. Nutrisi yang terkandung dalam wortel tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh tentu dengan kombinasi berimbang dengan nutrisi yang terkandung dari jenis bahan makanan lain seperti karbohidrat, protein, dan serat. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi wortel bagi tubuh kita.

  • Wortel baik untuk kesehatan mata

    Manfaat wortel yang satu ini mungkin adalah yang paling populer di seluruh dunia. Seperti yang telah kita ketahui, wortel kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi wortel, kebutuhan vitamin A akan dapat terpenuhi.

  • Wortel baik untuk kesehatan kulit

    Bagi anda para wanita, perlu anda ketahui bahwa wortel adalah salah satu sayuran yang baik untuk kesehatan kulit anda. Kandungan vitamin E dalam wortel merupakan zat yang dapat membantu anda dalam menjaga keremajaan kulit. Hasilnya, anda dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit seperti kerutan maupun flek hitam.

  • Wortel baik untuk jantung

    Beberapa studi atau penelitian telah membuktikan bahwa wortel baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Wolfson G di Laboratorium di Edinburgh mengungkapkan bahwa konsumsi wortel sebanyak 7 ons sehari selama beberapa minggu mampu menurunkan kadar kolesterol sebesar 11 persen. Seperti kita ketahui, kolesterol merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.

  • Wortel dapat mencegah penyakit diabetes

    Karotenid yang terkandung dalam wortel ternyata mampu mengendalikan kadar gula dalam darah. Zat ini dapat mempengaruhi resistensi insulin dalam darah dan menyebabkan kadar gula menjadi rendah. Dengan demikian, resiko diabetes dapat dihindari.

  • Wortel dapat mengurangi resiko kemandulan

    Hal ini tentu saja merupakan kabar baik bagi pasangan suami istri. Selain baik untuk kulit, vitamin E yang terkandung dalam wortel juga dapat meminimalisir resiko kemandulan. Jika keluarga anda memiliki riwayat permasalahan yang menuju ke arah kemandulan (susah memiliki anak misalnya), mengkonsumsi wortel dengan teratur dapat membantu anda dalam mengurangi resiko kemandulan.

  • Wortel dapat menangkal radikal bebas

    Salah satu penyebab penyakit kangker adalah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas ini dapat ditangkal oleh wortel mengingat sayuran ini memiliki kandungan beta karoten yang telah terbukti mampu menangkal masuknya radikal bebas. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli.

Nah, dari sekian banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan mongonsumsi wortel, tidak ada lagi alasan bagi kita untuk enggan mengonsumsi wortel. Jadi, jika anda termasuk salah satu orang yang kurang suka mengkonsumsi sayuran jenis ini, setidaknya anda perlu membiasakan diri mengonsumsinya beberapa kali dalam seminggu. Banyak variasi makanan dan minuman yang dapat anda coba agar anda menyukai sayuran ini. Ingat, kandungan vitamin dalam wortel merupakan salah satu yang terbaik untuk anda sehingga anda dapat menjadi individu yang sehat dan jauh dari berbagai penyakit. Manfaatkan semua kebaikan yang disediakan oleh alam untuk kebaikan kita dan orang-orang sekitar. Namun, meski wortel sangat baik untuk kesehatan, mengonsumsinya terlalu banyak akan menyebabkan munculnya kulit tubuh Anda berwarna kekuningan. Terlalu banyak beta-karoten (kandungan utama wortel) di dalam tubuh justru malah akan merusak kesehatan Anda, yaitu terblokirnya proses metabolisme vitamin di dalam tubuh Anda. Hal tersebut akan menyebabkan vitamin yang anda konsumsi tidak lagi bermanfaat bagi tubuh Anda (seperti yang dikutip oleh Huffingtonpost). Jadi tetap selalu perhatikan dosis ya.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>