INFOMANFAAT.COM

Manfaat Sinar Matahari bagi Kehidupan

Posted on by in with 2 Comments

infomanfaat.com – Sebagai pusat dari sistem tata surya, matahari memiliki peran dan fungsi yang sangat penting baik bagi bumi maupun mahluk hidup yang mendiaminya. Telah banyak penelitian terkait dengan keberadaan matahari beserta pengaruhnya terhadap mahluk hidup. Salah satu penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh para ilmuwan adalah mengenai fenomena badai matahari. Badai ini merupakan pancaran elektromagnetik yang disebabkan oleh lontaran massa korona dan berpotensi melontarkan partikel berenergi tinggi dari matahari menuju antariksa termasuk bumi. Dampaknya, bumi akan mendapatkan gangguan komunikasi akibat pancaran elektromagnetik tersebut.

Badai matahari hanyalah satu dari sekian banyak hal yang dapat kita pelajari dari bintang tersebut. Yang perlu kita ingat, kita telah banyak menikmati manfaat dari sinar matahari di dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh paling sederhana dari pemanfaatan cahaya matahari adalah ketika kita menjemur pakaian setelah mencucinya. Anda tentu pernah mendengar orang terdekat anda sedikit mengeluh karena hari sedang mendung sehingga pakaian yang dijemur tidak kunjung kering. Selain untuk menjemur pakaian, kita juga dapat melihat bagaimana cahaya matahari ini sangat berperan dalam kegiatan ekonomi seperti pada produksi kerupuk, pengeringan ikan, tembakau, dan banyak lagi. Nah, berikut kita bahas mengenai manfaat sinar matahari bagi kehidupan terutama merujuk kepada fungsi-fungsi vital dari bintang yang satu ini.

Sinar matahari yang terpancar ke bumi menghantarkan panas yang pas untuk menjaga suhu di permukaan bumi. Hal inilah yang memungkinkan bumi menjadi satu-satunya planet yang berpenghuni. Selain itu, jarak antara matahari dan bumi merupakan jarak yang paling ideal sehingga bumi tidak menjadi tempat yang terlalu dingin atau terlalu panas untuk mahluk hidup.

Cahaya matahari merupakan sumber energi utama dalam kehidupan. Gambaran yang paling logis terkait dengan hal ini adalah proses fotosintesis pada tumbuhan yang melibatkan sinar matahari sebagai energi yang dibutuhkan. Jika tumbuhan tidak berfotosintesis, maka kehidupan tidak akan berlanjut mengingat sumber makanan bagi herbivora tidak akan tersedia. Sebagai akibatnya, karnivora dan omnivora pun tidak akan mendapatkan sumber makanan lagi.

Manfaat sinar Matahari bagi kehidupan

site: www.livingprimal.ca

Selain mengenai proses fotosintesis, energi yang dihasilkan dari sinar matahari dapat dimanfaatkan sebagai energi pembangkit listrik. Saat ini, telah banyak yang menggunakan energi ini sebagai sumber energi alternatif selain minyak bumi dan bahan bakar fosil lainnya.

Gaya gravitasi matahari memiliki peran besar dalam menjaga planet-planet yang mengelilinginya untuk tetap berotasi dan berevolusi pada porosnya. Tanpa gaya gravitasi ini, planet-planet yang ada, termasuk bumi, tidak akan memiliki orbit tetap sehingga sistem tata surya tidak akan pernah terbentuk.

Untuk kesehatan, cahaya matahari berperan besar dalam produksi vitamin D di dalam tubuh manusia. Pancaran sinar ultraviolet dengan kadar yang cukup (biasanya yang dapat kita nikmati di pagi hari) merupakan fakktor utama dalam produksi vitamin D tersebut. Oleh karena itu, kegiatan berjemur di pagi hari telah dilakukan oleh manusia sejak jaman dulu sebagai kebiasaan yang baik dan sehat.

Selain fungsi-fungsi vital di atas, cahaya matahari masih memiliki banyak fungsi yang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Sebagai manusia, sudah sewajarnya kita bersukur atas nikmat yang diberikan Tuhan ini dengan berperan aktif dalam menjaga lingkungan di sekitar kita agar sinar matahari yang kita dapatkan akan tetap pada kadar yang kita butuhkan. Ingat, pemanasan global yang terjadi merupakan akibat dari perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab.

2 thoughts on “Manfaat Sinar Matahari bagi Kehidupan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>