Manfaat Vitamin E bagi Pria

Manfaat Vitamin E bagi Pria
sumber: livestrong.com

infomanfaat.com – Vitamin merupakan salah satu kebutuhan penting bagi tubuh manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ada berbagai macam jenis vitamin yang kita kenal diantaranya vitamin A, B, C, D, dan E. Masing-masing jenis vitamin tersebut memiliki fungsi yang esensial bagi tubuh. Misalnya, vitamin A merupakan satu jenis yang baik untuk kesehatan mata sedangkan vitamin C memiliki fungsi penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Lalu, bagaimana dengan vitamin E? Nah, kali ini mari kita bahas manfaat vitamin E khususnya bagi pria.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui pentingnya vitamin E bagi manusia. Mengenai manfaat vitamin E bagi pria, kita akan mendapati fakta menarik dimana kebutuhan akan vitamin yang satu ini memiliki peran penting bagi kesehatan reproduksi. Dapat dikatakan vitamin E yang dikonsumsi sangat vital bagi segala sisi kehidupan seorang pria, apalagi hal itu sangat berhubungan erat dengan kebanggaan seorang laki-laki. Apa saja manfaat vitamin E bagi pria? Mari kita simak!

Manfaat Vitamin E Bagi Pria untuk Fertilitas

Seperti yang sudah disampaikan secara singkat di atas, vitamin E memiliki fungsi penting untuk menjaga kesuburan pria. Hal itu dimungkinkan karena vitamin ini mampu menjaga kesehatan sel-sel sp*rm4 dengan melindungi membrannya dari potensi kerusakan. Biasanya kerusakan ini disebabkan oleh oksidasi. Lalu, bagaimana jika seseorang kekurangan vitamin E?

Kurangnya vitamin E akan menyebabkan DNA atau sel sp*rm4 rusak. Dengan kata lain, seorang pria yang kekurangan vitamin E memiliki potensi ketidaksuburan lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang mengonsumsi vitamin E dengan dosis yang tepat.

Manfaat Vitamin E sebagai Anti Oksidan

Vitamin E dipercaya mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh pria. Pria dikenal sebagai individu yang lebih mobile dibanding wanita sehingga potensi masuknya radikal bebas ke dalam tubuh menjadi lebih besar. Selain itu, kebiasaan buruk pria seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol tidak kalah merusak. Dalam hal ini, mengkonsumsi vitamin E akan membantu seorang pria untuk menghindari terjadinya oksidasi, terutama pada sel sp*rm4. Hasilnya, tubuh pria akan tetap sehat dan yang lebih penting lagi adalah kesuburan akan tetap terpelihara. Selain itu, bagi mereka yang suka melatih tubuhnya, konsumsi vitamin E akan sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya kerusakan massa otot.

Manfaat Vitamin E bagi “Kehidupan” Pria

Mengonsumsi vitamin E dalam jumlah cukup dapat meningkatkan produksi hormon testosteron bagi pria. Seperti diketahui, hormon testosteron merupakan hormon yang sangat berpengaruh terhadap stamina dan “kehidupan” seorang pria. Dengan mengonsumsi vitamin E yang cukup, maka keharmonisan rumah tangga seorang pria akan senantiasa terjaga.

Selain manfaat vitamin E bagi pria yang telah dipaparkan di atas, perlu diketahui bahwa konsumsi vitamin E secara berlebihan ternyata berdampak cukup buruk bagi kesehatan. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa pria yang mengkonsumsi vitamin E saja (berlebihan) memiliki resiko lebih besar untuk menderita kangker prostat. Artinya, konsumsi vitamin E harus tetap terkontrol dan diimbangi dengan konsumsi jenis vitamin yang lain. Oleh karena itu, bagi pria yang ingin meningkatkan kesuburan dan menjaga gairah seksual hendaknya menemui dokter untuk mengetahui berapa kadar vitamin E yang ia butuhkan. Tentu saja hal ini harus didukung dengan konsumsi makanan sehat, berolah raga, istirahat cukup, dan hal-hal lain terkait gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat!


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>