Tiga Manfaat Latihan Mengangkat Beban bagi Tubuh

Manfaat Latihan Mengangkat Beban
sumber: www.fitnessjunglemag.com

infomanfaat.com – Anda tentu sepakat bahwa bentuk tubuh yang ideal merupakan suatu hal yang sangat penting untuk menunjang rasa percaya diri. Dengan bentuk tubuh yang bagus, anda tidak akan merasa rendah hati ketika bertemu dengan orang-orang di sekitar anda. Bentuk tubuh yang ideal juga merupakan salah satu faktor pendukung karir seseorang. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan bila banyak dari kita yang berusaha untuk menjaga tubuh agar tetap terlihat indah.

Untuk membentuk badan menjadi proporsional, diperlukan komitmen yang kuat dalam menjaga pola hidup sehat sehari-hari. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang ditambah dengan olahraga teratur merupakan kunci penting dalam upaya menjaga bentuk tubuh ini. Salah satu jenis olah raga yang dapat anda lakukan untuk membentuk tubuh anda adalah angkat beban. Nah, berikut kita bahas mengenai manfaat latihan mengangkat beban bagi tubuh kita.

[list style=”list8″ color=”magenta”]

  • Angkat Beban Efektif Membakar Lemak

    Kita semua sepakat bahwa masalah utama terkait tidak proporsionalnya tubuh seseorang adalah timbunan lemak pada tubuh. Latihan mengangkat beban ternyata efektif dalam proses pembakaran lemak dalam tubuh sehingga bentuk tubuh akan terlihat ideal. Menurut penelitian yang dilakukan Penn State University, latihan angkat beban yang dilakukan secara rutin selama tiga hari dalam seminggu memiliki efektifitas tinggi dalam upaya membakar lemak. Dikombinasikan dengan latihan aerobik, angkat beban mampu membakar lemak sebanyak 40% lebih banyak. Ini tentu sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, latihan angkat beban juga terbukti efektif untuk membakar kalori sebagai efek dari dipercepatnya proses metabolisme di dalam tubuh.

  • Angkat Beban Sangat Baik dalam Upaya Membentuk Tubuh Menjadi Lebih Indah

    Anda pasti mengenal beberapa atlet dengan bentuk tubuh yang menawan seperti Cristiano Ronaldo. Dengan latihan mengangkat beban, anda juga dapat memiliki bentuk tubuh seperti dia. Latihan mengangkat beban sangat membantu kita dalam membentuk otot-otot di dalam tubuh. Seiring bertambahnya usia, otot-otot kita mengalami penurunan massa. Hal ini menjadi penyebab tertimbunnya lemak di dalam tubuh. Artinya, selain tubuh akan semakin gemuk, hal ini menyebabkan tubuh menjadi semakin kendur. Dengan latihan mengangkat beban, penurunan massa otot ini akan dapat dihindari. Hasilnya, tubuh kita akan tetap terjaga dalam bentuk yang ideal. Selain itu, latihan angkat beban juga merupakan porsi rutin atlet profesional seperti petinju, binaragawan, petarung mix martial art, dan masih banyak lagi.

  • Manfaat Latihan Mengangkat Beban

    sumber: www.fitnessjunglemag.com

  • Manfaat Latihan Mengangkat Beban untuk Menghidari Resiko Diabetes

    Diabetes tercatat sebagai salah satu masalah kesehatan yang paling banyak diderita oleh masyarakat dunia. Jika anda tergolong orang yang cukup beresiko menderita diabeter, latihan mengangkat beban akan membantu anda dalam mengurangi resiko tersebut secara signifikan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health menyebutkan salah satu manfaat latihan mengangkat beban adalah berkurangnya resiko terserang diabetes tipe 2. Jika latihan mengangkat beban ini dilakukan secara rutin dengan kombinasi aerobik, resiko diabetes tipe 2 akan berkurang sebanyak 59%. Ini merupakan alternatif penting yang dapat diambil karena latihan yang dianjurkan adalah latihan angkat beban ringan.

[/list]

Nah, kita telah membahas tiga maanfaat latihan mengangkat beban bagi tubuh. Yang perlu kita ingat, latihan angkat beban ini hanyalah faktor penunjang bagi kita. Yang terpenting adalah bagaimana kita menjalani hidup secara sehat dengan menjaga pola makan dan polah hidup agar hidup kita menjadi berkualitas.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>